Handy Bonny, Menikah Belum Tentu Bahagia tapi Jomblo Sudah Pasti Menyiksa

Dwina.net - Cinta rasanya tak lagi serupa jika sudah diikat oleh akad, maka melestarikan cinta sesudah akad membutuhkan tekad.

pixabay


Openingnya kayak optimis pesimis gitu ya. Eh gimana sih? Embuhlah. Yang jelas ketika berusia 23 tahun Aku belum kepikiran untuk menikah. Waktu itu masih nguli dan enjoy aja menjalani hari-hari meski tetangga kanan kiri udah mulai khawatir. Nyinyir lebih tepatnya. hahahha. Tapi ngga papa, Aku anggap itu sebagai bentuk kasih sayang aja. Orang dulu mah ngga baperan kayak sekarang ya. Kita lebih strong menghadapi bullyian. Ada yang ngeledek bales ledek dan ngga dimasukin ke hati. Artinya abis ledek-ledekan ya udah. Beda sama generasi sekarang yang katanya lebih komplex masalanya, lebih rumit, sensitif sehingga sulit difahami.

Keinginan untuk menikah  muda memang ngga pernah terlintas gaes, honestly aku akan parno sama hubungan pernikahan. Salah satu keluargaku ada yang menikah muda dan aku melihat banyak penderitaan disana. Usia yang tidak matang lalu dihadapkan dengan berbagai persoalan baru di usia dini. Seperti hamil, adaptasi dengan keluarga suami, menata hati move on dari mantan sampai perselisihan suami istri. Dan yang terakhir itu yang bener-bener menguras emosi dan air mata.

Well, orang bilang masa pacaran itu adalah masa indah dimana semua keburukan memang sengaja ditutupi supaya ngga ke endus sama pasangan kita. Tapi setelah menikah semua itu ambyar gaes. Kita jadi tau baik buruknya pasangan. Dan yang bikin pusing kalo ternyata ngga sejalan sama pemikiran kita. Kita ke kanan eh dia maunya ke kiri. Udah deh bentrok. Dan urusan ini memang lebih sering terjadi di awal-awal pernikahan.

Sama seperti membangun bisnis sih gaes, jatuh bangun jungkir balik itu memang terjadi di awal pernikahan. Tapi kalau memang bisa sabar dan inget tujuan awal menikah adalah untak apa, insya Alloh bisa diatasi, hanya butuh waktu. Dan memang sih waktu itu sahabat sekaligus musuh yang paling kejam. wkwkkwkwkw

So, karena pemandangan yang aku lihat setiap hari hampir bertengkar dan bertengkar aku ngeri donk berhadapan dengan kata nikah itu. Kesannya seram. Maka menjomblo adalah jawaban. Dengan harapan kalau ngga pacaran kan ngga ada yang ngajakin nikah. Padahal ngga sedikit orang yang lamaaaaa banget pacaran tapi ngga kunjung di lamar. hahahhahaah siapa yang mengalami nasib demikian?

Begitulah gaes, makanya sampai akhirnya aku berumur 26 tahun dan sudah melanglang kesana kemari, sampai tetangga yang tadinya nyinyir juga udah capek ngomentarin hidupku, sepupu-sepupuku naik pelaminan silih berganti. Aku diuntungkan dengan keluarga dimana mamak saat itu adalah orang yang ngga pernah rewel kenapa aku belum juga dilamar orang. Beliau malah bilang, "Ngga papa, puas-puasin masa gadisnya, nanti kalau udah nikah ngga akan bisa balik lagi" Dan sebagai anak yang sholehah. Amiin.. Aku nyengir sembari mengatakan "Baiklah, mamakku"

Sementara aku juga punya 3 orang adik yang semuanya cowok dan masih ABG jadi mereka juga ngga ribut kenapa kakaknya ngga kawin-kawin. wkwkkwkw. Dengan dukungan penuh keluarga itulah aku sante wae menghadapi omongan tetangga. 

Menurutku gaes, kalau kita udah kepikiran serius untuk nikah itu tandanya kita udah siap nikah. Di usia berapapun. Asal udah baligh ya. Soalnya ini terjadi di aku. Ketika aku berusia 26 tahun baru keinget "Eh, aku belum nikah ya, hmm nikah ah" gitu gaes. Simple banget. Tapi rupanya itu diijabah. Karena ngga lama setelah aku mikir gitu. Eh ada pria datang dengan serius yang ingin menjadikan aku istri. Meskipun memang sih melewati tahap pacaran tapi ngga lama dan kami LDR-an. Hmm kalo ada blogger lawas yang kenal kami, pasti tau deh orang yang aku maksud itu siapa. xixiixixix

Melewati masa perkenalan hingga resmi menikah kami habiskan selama 1 tahun. Tapi ditahun itu memang pembahasannya adalah membina rumah tangga. uhuuyy... Artinya pacarannya ngga kayak abegeh pada umumnya yang ngayal-ngayal ngga jelas. Kami gitu jadian langsung mikir, segala printilan persiapan menikah. Ngga ribet.

Apakah dengan menikah lama terus rumah tangga langgeng aja, terutama di awal-awal masa pernikahan. Kagak gaes. Sama ajah.

Awal pernikahan tetap ada cek cok, bahkan aku sempat mikir. Ya, ampun kalau nikah malah bikin pusing kayak gini ya mending jomblo lah. Tapi karena usia yang sudah matang keputusan untuk pisah ngga mudah di ucapkan gaes. Soalnya kami berdua sudah dalam usia matang jadi ngga terlalu emosian. Mungkin ini yang bikin menikah di usia matang itu lebih kecil efek berpisah daripada nikah muda. Entahlah.

Yang jelas aku ngga mau bilang kalau nikah muda ntar yang ada bubar dan nikah di usia matang pasti bakal bahagia. Ngga. Ngga gitu. Semua tetap ada prosesnya. Namanya juga nyatuin satu tujuan dari dua kepala tentu butuh adaptasi kan. Hanya saja kematangan usia, pengalaman dan pengelolaan emosi memang lebih bisa dikontrol. Yah.. kecuali kalau memang kalian pasangan yang sangat sangat sangat mencintai satu sama lain. Mungkin tidak akan terjadi yang namanya cek cok di awal pernikahan. Apapun itu yang jelas, menikah belum tentu bahagia tapi jomblo sudah pasti menyiksa--- Ust Handy Bonny. 

Jadi menikahlah.
Tag : curahan hati
Back To Top