Olahan Smoothies Buah Untuk Sarapan Sehatmu

Dwina.net - Olahan smoothies buah untuk sarapan sehat bisa dengan menggunakan buah tunggal atau mix dengan beberapa buah supaya hasilnya lebih variatif. Cobain yuk!

 
buah untuk sarapan
pixabay

Menikmati buah sejatinya bisa beberapa cara. Budaya hidup sehat dengan lebih banyak konsumsi buah dan sayur kini makin digaungkan. So, berbagai olahan buah juga lebih variatif supaya ngga bosen.

Beberapa buah yang biasa saya buat smoothies yaitu alpukat, pepaya, mangga, buah naga dan aneka buah lembut lainnya. 

'Bagaimana cara mengolah buah untuk dijadikan smoothies'?

Mudah banget ya, cukup pastikan buah sudah dalam keadaan matang sempurna jadi ngga perlu ada penambahan gula pasir lagi. Lah kan judulnya mau hidup sehat kok dicampur gula lagi?

Cara yang biasa saya gunakan untuk mengolah buah ya dengan di blender aja. Pertama potong buah supaya lebih mudah dilumatkan. Blender halus lalu masukkan dalam mangkok saji.


'Apa saja yang bisa dijadikan topping smoothies'?

Supaya ngga terkesan monoton, smoothies bisa di mix dengan beberapa topping misalnya, kacang mede, almond, chia seed, kurma, granola dll. Penting untuk nge mix smoothies dengan sesuatu yang kriuk-kriuk supaya ketika dinikmati masih tetap harus mengunyah untuk mengaktifkan enzim dalam mulut.

'Apakah manfaat buah akan berkurang jika diolah menjadi smoothies'?

Menurut beberapa ahli gizi memang kandungan nutrisi dalam buah akan berkurang akibat panas dari mesin blender. Akan tetap lebih sehat jika mengkonsumsi buah dengan cara langsung di makan saja. Tapi untuk para lansia yang giginya sudah mulai habis, smoothies bisa menjadi alternatif loh.


Buah yang paling baik untuk dijadikan sarapan pagi yaitu alpukat sebab lemak baik dalam alpukat mampu menangkal radikal bebas. Vitamin dalam alpukat juga tergolong kompleks loh. Makanya disarankan untuk rutin makan alpukat. Nah, kalau penyajiannya dengan cara gitu-gitu aja kan bosen ya. So, smoothies bisa jadi alternatif cara enak menikmati buah.



'Beberapa buah yang bisa dijadikan menu sarapan sehat apa saja sih'?

Wah, banyak ya, soalnya hampir tiap buah fine-fine aja untuk dinikmati pagi hari. Kenapa demikian sebab setelah semalaman kita tidur yang artinya secara tidak langsung kita dalam kategori puasa maka ketika berbuka baik untuk mengkonsumsi buah terlebih dahulu supaya usus dan lambung ngga kaget. Kandungan gula, serat, vitamin dan mineral dalam buah merupakan bahan makanan yang paling disukai oleh tubuh kita.

But, kalau mau di jabarin lagi sih buah yang cocok untuk sarapan usahakan jangan yang terlalu asam ya. Kalian boleh pilih alpukat, mangga matang, pepaya, pisang, buah naga, pear, apple. Sementara untuk karbonya bisa pilih jagung atau umbi-umbian. Selamat menikmati awal hari dengan sarapan sehat ya.
Back To Top