KAPAL IKAN BERSIRIP Karya Anak Bangsa Yang Inspiratif

Inspirasi bisa ditemukan di mana saja. Waktu sedang berjalan-jalan di sungai, air bisa menjadi inspirasi. Ketika kita melihat bunga, kadang bunga bisa menjadi ispirasi kita. Bahkan ketika sedang pup, tak jarang orang menemukan inspirasi dari kotoran yang dikeluarkannya. Insipirasi bisa menghinggapi semua orang, termasuklah Alex Masengi Kawilarang.

Terinspirasi dari ikan terbang antoni, pada tahun 1989, ia menemukan teknologi kapal ikan bersirip yang telah di patenkan di Jepang. Kecermatannya mengamati ikan terbang Antoni mulai dari bentuk tubuh yang montok, sirip, kepala, hingga pergelangan ekornya. Ia heran melihat ikan itu mampu melayang-layang di atas permukaan air laut. Bentuk tubuh dan sifat khas ikan antoni diterapkan Alex menjadi design badan kapal ikan, berikut pemasangan sirip pada bagian lambung kapal. Hasilnya, tingkat pemasangan kapal ikan relatif menjadi lebih tinggi ketimbang jenis kapal ikan lain.


Penemuan ini memungkinkan kapal ikan tidak mudah goyah saat diterjang gelombang besar, dan stabilitas kapal bisa tercapai. Stabilitas kapal adalah kemampuan kapal untuk kembali dalam posisinya semula setelah mengalami guncangan. Dan merupakan rangkaian kombinasi antara ukuran yang cocok dan pembagian berat muatan sehingga kapal mampu mengikuti ayunan angin dan gelombang, serta selalu dapat tegak dan seimbang lagi.

Setelah melakukan kajian dan rangkaian ujicoba, hasil yang diperoleh bisa dibilang bagus. Ketika melakukan pengujian di beberapa perairan, baik nasional maupun internasional, yakni: Laut Cina Timur, Teluk Ohmura Nagasaki, Perairan Jepang Timur, Teluk Manado, dan perairan di sekeliling Kota Bitung.

Tak hanya uji lapangan, uji lab pun di lakukan di beberapa laboratorium ternama, seperti Labolatorium Kapal Ikan di Fakultas Perikanan Hokkaido University, Japan Fisheries Engineering Laboratory, Faculty of Ship Building Soga University, Nagasaki.

Keberhasilannya ini, di medio 2005-an, membuat perusahaan galangan kapal di Jepang tertarik untuk memproduksi massal kapal-kapal ikan bersirip dengan teknologi yang ditemukan Alex.

Sekilas biografi Alex Masengi Kawilarang.
Alex memiliki nama lengkap Alex Kawilarang Warouw Masengi. Lahir pada 13 Juni 1958, di Desa Kinilou, Tomohon, Sulawesi Utara. Pendidikan formalnya di Sekolah Dasar Desa Kinilou tahun 1971, Sekolah Tehnik Pertama tahun 1974, Sekolah Usaha Perikanan Menengah di Manado tahun 1977, Fakultas Perikanan Unsrat tahun 1984, Program master di Faculty of Fisheries Nagasaki University pada 1990, Doktor dari The Graduate School of Marine Science and Engineering Nagasaki University, Jepang, tahun 1993.
Tag : artikel, sejarah
Back To Top