SEJARAH AMBULANS

Kira-kira apa yang terjadi jika kita belum mengenal ambulans? tentu saja kita kebingungan, apalagi jika dalam kondisi perang atau terjadi bencana alam. Sebenarnya bagaimana asal mulanya kendaraan khusus yang mengantar pasien dari tempatnya semula menuju rumah sakit terdekat ini diciptakan? Berikut sedikit sejarah mengenai ambulans dan pengangkutan apa yang digunakan untuk mengantar pasien sebelum ambulans di gunakan.


Bermula pada abad ke -11 ketika seorang bangsawan bergelar Knights of St. John bertindak sebagai paramedis gawat darurat pertama selama perang Salib. Keahlian John diperolehnya lewat pengajaran beberapa dokter di Yunani dan Arab. John berusaha memberikan bantuan semampunya pada korban perang khususnya pada prajurit yang terluka. Dia dan beberapa rekannya memindahkan para korban perang ke tempat yang lebih aman dengan cara mengangkat mereka satu persatu dengan tandu yang sederhana untuk mendapat perawatan medis.

Pada tahun 1972, seorang dokter bedah militer dari Angkatan Darat Perancis, bernama Baron Dominiquie Larrey membentuk tim medis pertama. Ketika perang dunia berkecamuk dia dan para anggotanya terjun kemedan perang dan berhasil membawa berpuluh-puluh korban perang yang terluka dengan menggunakan tandu dan gerobak sederhana menuju rumah sakit terdekat.

Memasuki Abad ke-20, ketika kendaraan bermesin mulai di kenali, gerobak yang semula digunakan untuk membawa pesakit perlahan mulai beralih kepada ambulans dan pada abad ini ambulans bermotor pertama digunakan. Adapun layanan dalam bentuk helikopter diperkenalkan oleh Amerika Serikat selama Perang Korea yaitu sekitar tahun 1950-an.Selanjutnya, ambulans tidak hanya digunakan untuk membawa pasien dari tempatnya semula menuju rumah sakit, tapi digunakan pula untuk memberikan perawatan medis keliling.

Semacet dan sepadat apapun kondisi jalan raya, akan selalu ada ruang untuk kendaraan yang satu ini, ia terus melaju kencang. Ibaratnya, sehela nafas mereka sangat bergantung pada kecepatan supir ambulans membawa mereka menuju rumah sakit terdekat. Tanpa ambulans, nyawa mereka mungkin tidak bisa di selamatkan.
Tag : artikel
Back To Top