Pengertian Kutu Air

Penyebab terjadinya penyakit kutu air – kalau nggosipin soal artis sepertinya sudah biasa, apalagi nggosipin tetangga atau teman wah lebih biasa lagi, tapi kalo nggosip soal kutu air pastinya akan lebih seru apalagi jika dibahas di blog emak-emak cantik ini [plakk..] sensasinya lebih heboh dari royal wedding Ibas yudhoyono dengan Aliya Rajasa .
Yuk kita ulik sedikit tentang penyakit kutu air buat nambah informasi supaya kalau terkena pada kalian, sedikit banyak tau mau diapain tuh kutu.

Penyebab timbulnya kutu air akibat jamur yang bernama trichophyton rubum. Jamur ini demen banget sama tempat lembab seperti sela-sela jari kaki, jari tangan, kuku kaki, kuku tangan, wajah sampai kulit kepala pun bisa terserang penyakit gatal ini lho. Disebut penyakit gatal karena emang rasanya gatal-gatal enak. Makin di garuk makin sedaappp. Tapi jangan salah akibat dari garuk menggaruk itu jamur trichophyton rubum akan menyebar ke seluruh tubuh.

Gejala yang pertama kali dirasa oleh penderita kutu air adalah rasa geli di sela-sela jari kemudian akan timbul bisul kecil-kecil rasanya panas dan sakit. Saat tangan sedang asik menggaruk maka pada saat itulah ribuan bahkan jutaan jamur kutu air akan lepas dan menyebar, jika sampai ke telapak kaki, kaki akan melepuh dan terkelupas.

Sebenarnya kutu air tidak menyerang bagian dalam tubuh walaupun gatalnya bisa sampai ke ubun-ubun, tapi kutu air hanya menyerang sel tanduk yang berada pada lapisan paling luar kulit. Jamur trichophyton rubum akan memakan sel tanduk secara membabi buta dan membangun sarang seluas lapangan terbang [bisa percaya ato nggak, tapi lebih baik nggak].

Hampir seluruh tubuh manusia memiliki sel tanduk, dan bagian yang sering jadi sarang kutu air adalah telapak kaki, tangan, wajah dan kepala, jadi ngga salah dunk kalo aku bilang di awal tadi bahwa kutu air paling demen bersarang di tempat-tempat tersebut. Anehnya kutu air tidak menyerang ketika musim dingin mungkin karena kutu nya lagi tidur. Tapi ketika musim panas tiba kutu air akan bangun dan menyerang dengan semangat 45.

Satu lagi yang menambah semangat kutu air untuk hidup adalah tempat-tempat tersebut memang lembab. Misalnya, tolong periksa kaki masing-masing, jika kamu sering memakai sepatu sepanjang hari maka waspadalah bisa jadi jamur trichophyton rubum sedang bergentayangan di telapak kakimu dan pada saat udara sedang panas jamur ini akan mulai melahap sel tanduk di telapak kaki sehingga dapat dipastikan pada menit berikutnya kamu akan mulai asik menggaruk sela-sela jari kaki.

Cara mengobati kutu air adalah usahakan untuk tidak bersepatu ria sepanjang hari, beri udara pada kaki supaya tidak lembab. Jangan lupa cuci tangan setelah menggaruk telapak kaki jika berasa gatal supaya jamur kutu air tidak menyebar kemana-mana. Keringkan kaki sehabis di cuci supaya jamur tidak tumbuh dan berkembang. 

Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Pengertian Kutu Air"
Back To Top