Resep Cara Memasak Ikan Pindang Goreng


Menurut KBBI pindang artinya ikan yang dibumbui, diberi garam kemudian di asapi atau direbus hingga kering agar dapat tahan lama. Ikan yang umumnya di pindang yaitu ikan yang berdaging tebal seperi tongkol, selar, kembung, tuna, selayang dan lainnya. Tingkat kekeringan ikan bergantung pada lamanya pengasapan dan kadar asinnya pun bervariasi.

Para nelayan biasanya membuat pindang pada ikan agar lebih awet sehingga dapat disimpan atau dijual kembali. Berbeda dengan ikan segar yang umumnya harus terjual lebih cepat sebelum rusak. Itu sebabnya pindang menjadi alternatif pilihan jika ingin ikan tetap memiliki nilai jual di pasaran.

Ikan yang telah di pindang dapat diolah menjadi berbagai bahan masakan misalnya dengan cara di goreng, balado atau di bakar. Berbeda dengan ikan asin yang memiliki kadar keasinan yang kental hingga membuat daging ikan menjadi gepeng. Ikan pindang tetap berdaging hanya saja sedikit lebih asin. Hal ini bertujuan agar tetap awet.

Resep cara memasak ikan pindang - Ikan pindang adalah ikan yang di awetkan dengan kadar garam rendah. Diolah secara tradisional yang merupakan gabungan dari penggaraman dan perebusan. Jenis ikan yang biasa dibuat pindang bermacam-macam seperti: ikan bandeng, tongkol, cangkal, lemuru, kumbuy, dan selar. Berikut ini adalah resep mudah mengolah ikan pindang.

Bahan resep memasak ikan pindang goreng:
10 ekor ikan pindang
1 butir telur
Minyak secukupnya

Bumbu resep memasak ikan pindang:
5 siung bawang putih
Garam secukupunya

Resep memasak ikan pindang goreng:
Ikan pindang dibersihkan.
Telur dikocok, bumbu dihaluskan dicampur dengan telur
Ikan pindang dimasukkan dalam telur satu persatu dan digoreng hingga kering. Angkat dan tiriskan.

4 Komentar untuk "Resep Cara Memasak Ikan Pindang Goreng"

Wah, ikan yang digoreng kesukaan saya tuh, apalagi dapat tambahan resep dari sini bisa tambah sedap dan lezat. Thanks

saya suka nih pindang goreng
Ijin Copy resepnya ya nduk
salam hangat dari Surabaya

Maaakkk, kirimin dunks ke Miri pindangnya. Kangeeeennn :-)

Back To Top