Menikmati Kehangatan Cwie Mie Malang




Kuliner khas Jawa Timur yang tidak kalah terkenalnya adalah cwie mie Malang. Lho, bukannya bakso Malang ya. Eits, jangan dikira Malang hanya terkenal dengan baksonya ya. Cwie mie ini adalah salah satu menu andalannya kota Malang lho. Di sajikan panas dengan kuah yang tidak terlalu melimpah ditambah potongan sayur dan pangsit, uih bikin nambah selera lho. Jadi kalau kamu berkunjung ke kota Malang jangan sampai kelewatan untuk menikmati cwie mie yang rasanya manis-manis gurih gitu, kayak mas-mas yang jualan. Lalu jika kamu menikmatinya dan ingin mencoba masak sendiri di rumah, oh jangan khawatir. Kali ini kami akan menyajikan resep cwie mie Malang yang mudah dan  pastinya tetep enak lho. Yuk dicoba.

Resep bahan yang diperlukan:
  1. 500 gram mie telur kering rebus bersama setengah liter air mendidih. Setelah matang langsung tiriskan dan beri sedikit minyak zaitun agar mie tidak lengket dan menggumpal saat disajikan.
  2. 7 lembar kulit pangsit lalu goreng dan tiriskan, untuk lebih mudahnya kamu dapat membeli kulit pangsit di pasar atau toko-toko terdekat.
  3. 1 ikat daun selada kemudian cuci bersih terutama dibagian ujung daun  yang paling keriting untuk menghilangkan ulat-ulat halus pada daun selada. Setelah itu potong selada dengan ukuran agar besar.
  4. 1 tangkai daun bawang buang pangkalnya agak satu senti, lalu iris halus.
  5. 3 tangkai daun seledri kemudian iris halus, jangan lupa untuk memakai semua bagian seledri kecuali akarnya.
  6. Saus sambal dan saus tomat secukupnya.

Resep taburan pelengkap cwie mie:
  1. 3 sdm minyak goreng.
  2. 2 siung bawang putih kemudian cincang halus.
  3. 1 cm jahe cincang hingga halus agar tidak terasa pahit ketika dimakan.
  4. 200 gram daging ayam cincang lalu direbus hingga matang.
  5. 1 sdt garam secukupnya.
  6. 1/2 sdt merica bubuk atau secukupnya.
  7. 1/2 sdm kecap asin atau secukupnya.

Resep cara membuat kuah cwie mie:
  1. 3 sdm minyak goreng
  2. 2 siung bawang putih, cincang halus
  3. 2 cm jahe memarkan
  4. 1 liter air kaldu ayam
  5. 2 sdm kecap asin
  6. 1/2 sdt merica bubuk
  7. 10 buah bakso siap jadi.

Resep cara memasak cwie mie:
  1. Pelengkap cwie mie: Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang putih dan jahe sampai harum kemudian masukkan daging ayam cincang. Aduk sampai kaku dan berair. Tambahkan garam, merica bubuk dan kecap asin. Aduk dan masak sampai ayam matang. Lalu angkat.
  2. Kuah cwie mie: panaskan minyak lalu tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Tuang kaldu ayam lalu beri merica bubuk dan kecap asin. Masak hingga mendidih kemudian masukkan bakso sapi. Masak sampai bakso matang dan merekah. Kemudian angkat.
  3. Penyajian: letakkan mie ke dalam mangkuk. Beri irisan pangsit goreng, bakso, irisan daun selada, irisan seledri dan daun bawang. Siram dengan kuah panas.



1 Komentar untuk "Menikmati Kehangatan Cwie Mie Malang "

Wah... Ada resepnya juga... Kapan-kapan dicoba aaaaah... Tfs.

Cwie Mie... Selama di Surabaya baru setahun belakangan ini nemu penjual cwie mie yang bisa mengobati rindu dengan cwie mie Malang. Kalau Surabaya lebih banyak yang jual Mie Ayam.

Back To Top