Tujuh Fakta Unik Pasta Gigi yang Harus Diketahui

Sebelum menggunakan pasta gigi sebagai bahan untuk membersihkan gigi, ternyata manusia sudah menggunakan bahan lain untuk membersihkan gigi seperti tumbukan batu pada, arang, dan bubuk buah pinang. Namun seiring kemajuan teknologi bahan-bahan tersebut tidak lagi digunakan. Kini kita mengenal pasta gigi sebagai bahan utama untuk membersihkan gigi setiap hari.

Pasta gigi merupakan benda yang tidak asing lagi dan sering kita gunakan untuk membersihkan gigi sehari-hari. Menggosok gigi minimal dua kali sehari dapat melindungi gigi kita dari kerusakan akibat sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Selain itu pasta gigi juga memiliki kandungan flouride didalamnya yang berfungsi melindungi gigi dari pengeroposan.

Ternyata pasta gigi memiliki fakta unik dibelakangnya yang belum diketahui masyarakat luas, apa sajakah itu? berikut fakta unik disebalik pasta gigi.


Kata "Odol" untuk menyebut pasta gigi di Indonesia
Orang Indonesia banyak yang menyebut pasta gigi dengan sebutan odol, faktanya odol adalah salah satu merek pasta gigi yang berasal dari Jerman. Pada zaman penjajahan, kita belum menggunakan pasta gigi untuk membersihkan gigi, sampai akhirnya Belanda membawa zahnpasta, sebuah benda berbentuk pasta dengan merek "odol" untuk membersihkan gigi. Namun karena penyebutannya yang susah, akhirnya diambillah kata odol untuk menyebut pasta gigi.

Kemasan tube/tabung terinspirasi dari pelukis di  Paris
Penemu kemasan tube atau tabung pada pasta gigi adalah Dr. Washington Sheffield pada abad ke - 18. Ketika itu anak dokter Washington bercerita, bahwa di Paris para pelukis menggunakan cat air dengan kemasan tube. Dari situ dokter Washington mendapat ide untuk merubah kemasan pasta gigi yang semula berbentuk kotak menjadi kemasan tube hingga sekarang.

Pasta gigi juga berguna untuk merawat kesehatan kulit wajah
Tidak hanya gigi yang mampu dibersihkan oleh pasta gigi, ternyata kulit kita terutama wajah mampu dibersihkan dengan pasta gigi. Kandungan mint pada pasta gigi mampu menutup pori dan memberi efek dingin. Gunakan pasta gigi untuk membersihkan wajah jika dalam keadaan darurat anda tidak memiliki sabun pembersih wajah.

Pasta gigi juga efektif membersihkan sepatu
Sepatu berbahan kulit dan kanvas dapat dibersihkan dengan pasta gigi. Caruanya, oleskan pasta gigi pada sepatu yang kotor, kemudian gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sepatu. Dalam waktu singkat sepatu anda akan kelihatan bersih dan beraroma segar. Membersihkan sepatu dengan pasta gigi juga tidak memerlukan banyak air karena ketika disikat secara otomatis sepatu akan basah sedikit karena pasta gigi, anda tinggal mengelapnya sedikit maka sepatu akan kembali bersih.

Pasta gigi dapat membersihkan perhiasan
Jika anda memiliki perhiasan berbahan emas, perak dan logam anda dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya. Caranya mudah, cukup rendam perhiasan anda ke dalam air lalu gosok dengan pasta gigi secara perlahan, dalam waktu 5 menit perhiasan akan kembali bersih dan bersinar. Yang perlu diingat adalah pasta gigi tidak cocok untuk membersihkan mutiara karena akan merusak lapisan mutiara tersebut.

Apel, Wortel dan Seledri  sebagai pengganti pasta gigi
Sejak zaman dahulu, apel, wortel dipercaya dapat membersihkan gigi secara alami. Ketika anda memakan apel dan wortel ada rasa kesat pada gigi hal inilah yang membuat apel dan wortel dapat menjadi pasta gigi darurat. Selain itu  seledri juga mampu membersihkan gigi, cara kerjanya sama seperti apel dan wortel yaitu menimbulkan rasa kesat ketika habis disantap.

Pasta gigi untuk membersihkan dinding
Anak-anak suka sekali mencoret-coret dinding, ketika itu imajinasi mereka berkembang dan diaplikasikan lewat coretan di dinding. Namun yang memusingkan kepala adalah bagaimana cara membersihkan dinding yang sudak kotor akibat coretan crayon dan pensil warna? Gunakan pasta gigi untuk membersihkan dinding tersebut, caranya sempotkan air secukupnya pada dinding yang kotor kemudian gosok dengan sikat yang sudah diolesi pasta gigi kemudian bersihkan kembali dengan kain basah dan kering. Hasilnya dinding akan kembali bersih seperti semula.

Kini pasta gigi dijual dengan berbagai fungsi tambahan sesuai dengan masalah gigi seperti, gigi sensitif, kuning, dan berlubang. Hal ini tentu akan memudahkan kita untuk memilih pasta gigi yang sesuai untuk masalah gigi anda.


Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Tujuh Fakta Unik Pasta Gigi yang Harus Diketahui"
Back To Top