Rahasia Purring Pada Kucing Bagi Kesehatan Manusia




Kucing atau dalam bahasa latinnya Felis catus adalah hewan karnivora yang hidup berdampingan dengan manusia sejak 6.000 tahun sebelum masehi. Hingga kini kucing tetap menjadi pilihan sebagai hewan peliharaan bagi para pecinta hewan. Salah satu hal yang menyenangkan dari kucing selain suara mengeongnya yang lucu selain itu kucing juga dapat mengeluarkan suara purr dari tubuhnya.

Purring adalah getaran pada kucing dengan skala antara 20-140 Hz yang akan terdengar jika kucing sedang merasa senang, kenyang, mengenali induknya atau ketika sedang sekarat. Menurut Leslie Lyons dari universitas California-Davis Veterinary School of Medicine purring yang terjadi pada kucing adalah hasil evolusionari yang berkembang menjadi satu cara unik pada kucing untuk mendapat makanan dari manusia

Namun, banyak yang belum mengetahui bahwa purring pada kucing ternyata bermanfaat bagi kesehatan manusia. apasajakah manfaat purring tersebut? berikut ulasannya.

Terapi penyembuhan pada penyakit disponea
Disponea adalah penyakit sesak nafas dimana aktivitas pernafasan yang tidak sadar dilakukan manusia menjadi terhambat karena dibutuhkan usaha yang berlebih untuk bernafas dan aktivitas tersebut kadang begitu menyakitkan. Penyebab disponea yaitu tubuh yang kekurangan oksigen dan mengalami kelebihan karbondioksida. Kondisi ini akan mengakibatkan gejala sesak nafas. Purring pada kucing dapat mengurangi resiko serangan disponea. Ketika kucing sedang purring cobalah untuk memegangnya dan bernafaslah dengan tenang. Purring yang dihasilkan dalam skala 20-50 dapat membantu untuk menciptakan situasi nyaman saat bernafas.

Purring untuk kesehatan tulang
Frekuensi 25-50 Hz merupaakan yang terbaik untuk terapi kesehatan tulang,  manakala 100-200Hz frekuensi terbaik kedua yang dihasilkan sewaktu purr berkerja karena  membantu meningkatkan tahap kesehatan tulang manusia.

Menurunkan tekanan darah
Berinteraksi dengan kucing dan mendengar mereka purr sangat membantu dalam menurunkan kadar tekanan darah. Hal ini berguna untuk anda yang memiliki aktivitas pada diluar rumah. Meluangkan waktu setidaknya 15 menit untuk mendengarkan kucing yang sedang mendengkur akan menurunkan stres dan secara otomatis tekanan darah akan kembali stabil

Membantu menyehatkan cara kerja jantung
Tahukah kamu ternyata orang yang memelihara kucing dapat mengurangi resiko diserang sakit jantung sebanyak 40 persen lebih rendah berbanding orang yang tidak ada kucing. Jantung merupakan organ vital yang bekerja untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh, jika kerja jantung tidak sehat maka darah akan terhambat. Purr pada kucing akan membantu jantung berdetak lebih teratur karena mengikuti getaran yang dihasilkan oleh kucing.

Purr membantu menyembuhkan luka dalam
Luka dalam yang terjadi akibat operasi dapat disembuhkan dengan getaran yang mampu memulihkan luka dalam. organ dan saraf yang terputus akibat operasi akan tersambung secara perlahan dengan bantuan purr kucing. Pengobatan ini dapat disebut sebagai pengobatan terapi hewan. Kucing yang bahagia akan mengeluarkan getaran dalam frekuensi hingga 100hz sehingga sel-sel yang terputus akan saling bersinergi dan bersatu kembali.

Berikut ini adalah fakta-fakta lainnya tentang kucing seperti yang dilansir oleh Davis Veterinary School of Medicine:
  • Dengkuran berbeda sekali dengan suara-suara lain yg dihasilkan oleh kucing karena dengkuran dihasilkan baik saat dia menarik maupun menghembuskan napas
  • Gelombang Hertz pada dengkuran kucing berkisar antara 25 hingga 150. Pada batas lebih rendah, dengkuran kucing memiliki kecepatan getaran yg sama dengan mesin diesel yg standby menyala.
  • Banyak penelitian yg telah dilakukan terhadap kekuatan penyembuhan yg dihasilkan melalui dengkuran. Sudah terbukti bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi depresi. Dan hasilnya, kucing-kucing yg memiliki sifat tenang dan friendly digunakan sebagai hewan terapi yg sangat efektif di rumah-rumah sakti dan panti jompo.
  • Frekuensi dengkuran kucing bisa memperbesar peluang penyembuhan tulang. Kucing lebih jarang menderita sakit osteoarthritis dan penyakit tulang lainnya dibandingkan hewan-hewan lainnya.
Menelisik manfaat kucing diatas tentu membuat anda penasaran dan ingin segera memelihara kucing. Hal yang penting untuk dilakukan dalam memelihara hewan lucu ini adalah senantiasa menjaga kebersihan tubuh dan tempat tinggalnya. Ajari kucing untuk melakukan aktivitas buang hajat ditempat yang telah disediakan, lalu bersihkan secara rutin. Beri makanan kucing yang sesuai dengan usianya. Bayi kucing umumnya menyukai makan lembut sedangkan kucing dewasa suka makanan yang lebih keras. Beri makan kucing setidaknya dua kali sehari dan mandikan setidaknya sebulan sekali agar kucing menjadi sehat dan bersih.
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Rahasia Purring Pada Kucing Bagi Kesehatan Manusia"
Back To Top