Apakah Saya Hamil? Ini Tanda Awal Kehamilan yang Jarang Diketahui


Setiap perempuan yang baru menikah tentunya ingin segera mendapat keturunan dari hasil buah cinta. Sangkin ingin cepat hamil terkadang ada yang mengalami kehamilan palsu yaitu merasa diri hamil padahal tidak. Ini lebih kepada keadaan spikologi yang mendorong seseorang berhalusinasi mengalami kehamilan.

Ada beberapa keadaan yang kerap dijadikan panduan untuk mengetahui apakah seseorang itu hamil atau tidak. Biasanya dengan melakukan test urine. Namun, sebenarnya perubahan hormon tubuh dapat juga dijadikan acuan apakah sudah hamil atau belum. Sayangnya banyak calon ibu yang tidak peka merasakan perubahan ini, jadi dianggap tidak ada yang berubah dalam tubunya.

Merasa cepat lelah, emosi yang tidak stabil adalah efek dari perubahan hormon yang disebabkan adanya mahluk lain yang sedang tumbuh dalam rahim. Untuk lebih jelas mengetahui apakah sudah hamil atau belum berikut tanda awal kehamilan pada perempuan.

Untuk mengetahui apakah proses pembuahan yang berlangsung berhasil atau tidak dibutuhkan waktu satu minggu setelah masa pembuahan tersebut. Sebab, sel sperma bisa bertahan selama 4 hari di dalam rahim sebelum akhirnya mati dan luruh. Maka, bagi calon ibu sudah dapat mengetahui apakah hamil atau tidak dari beberapa perubahan. Salah satu yang paling ketara adalah payudara semakin sensitif, padat dan lebih kencang. Pembuluh darah akan kelihatan dipermukaan kulit payudara. Selain itu lingkar aerola dan puting akan berwarna semakin gelap dari sebelumnya.

Rajin buang air kecil. 
Rutinitas buang air kecil akan semakin sering di awal kehamilan dan akan bertambah frekuensinya ketika kehamilan semakin membesar. Rasa ingin BAK ini biasanya terjadi pada malam air, tidak perlu risau ini adalah kondisi alami dari perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Karena rahim yang semakin membesar akan membuat kantung kemih tertekan sehingga menyebabkan rasa ingin buang air kecil.

Sensitif bau. 
Hampir semua perempuan yang sedang hamil mengalami hal ini. Hidung perempuan yang sedang hamil memang akan menjadi dua kali lebih sensitif dari sebelum hamil. Jadi, jika anda mengalami perubahan ini, bisa jadi saat ini anda sedang hamil. Bau-baunya tidak hanya yang sifatnya kotor, bahkan sabun mandi yang biasanya disukai menjadi sangat tidak enak untuk dicium. Untuk melegakannya sering-seringlah mencari udara segar misalnya dengan berjalan ke tempat-tempat yang asri agar penciuman menjadi lebih fresh.

Rasa mengantuk di pagi hari
Pagi hari adalah saat dimana tubuh mulai beraktifitas dan selalu dalam kondisi segar. Namun jika suatu pagi anda mengalami rasa mengantuk dan malas untuk melakukan apapun bisa jadi saat itu sudah ada janin dalam tubuh. Rasa mengantuk pagi hari biasanya akan dibarengi dengan rasa mual sehingga menyebabkan tubuh semakin lemah.

Sembelit 
Sembelit bisa timbul dalam beberapa kasus wanita yang sedang hamil. Perubahan hormon akan berefek pada seluruh tubuh termasuk pencernaan jadi bukan tidak mungkin akan mengalami konstipasi atau sembelit.

Emosi tidak stabil
Keadaan ini sama ketika anda menjelang PMS namun, kali ini rasa emosi tidak dibarengi dengan keluarnya darah menstruasi. Nah, jika ini terjadi ada kemungkinan proses pembuahan telah berhasil.

Terlambat datang bulan
Beberapa wanita mungkin menganggap terlambat datang bulan adalah sesuatu yang wajar mengingat sebelum menikah pun keadaan seperti itu sudah terjadi. Jika datang bulan terlambat karena tidak ada proses pembuahan anda bisa menganggap itu hal yang biasa. Namun, jika datang bulang datang terlambat setelah proses pembuahan bisa jadi anda sedang hamil. 

Untuk lebih jelasnya lakukan tes urine segera atau jika ingin lebih akurat periksakan diri dengan menemui dokter kandungan.

Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Apakah Saya Hamil? Ini Tanda Awal Kehamilan yang Jarang Diketahui"
Back To Top