Singkirkan Wajah Kusammu Dengan 4 Langkah Mudah Ini

Wajah adalah bagian tubuh yang pertama kali dilihat jika bertemu dengan seseorang. Dengan melihat wajah orang dapat menilai hampir secara keseluruhan tentang diri kita. Itu sebabnya kenapa banyak orang fokus terhadap masalah yang timbul pada wajah. Karena dapat menimbulkan kesan kurang baik jika wajah terlihat kusam, tidak bercahaya dan berminyak.

Masalah pada wajah timbul saat seseorang memasuki masa pubertas. Hormon yang mempengaruhi perubahan dari masa kanak-kanak menuju dewasa kerap berdampak pada wajah misalnya timbul jerawat dan kusam. Ditambah lagi cara perawatan kulit yang tidak tepat akan membuat kulit wajah semakin menderita dan akhirnya timbul masalah yang lebih besar lagi yaitu iritasi dan alergi kulit.

Memiliki wajah yang kusam tentu sangat tidak enak dan mengganggu penampilan. Namun jangan khawatir wajah kusam sebenarnya dapat diatasi dengan  empat langkah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut ulasannya.


Banyak yang mengatakan jika wajah ingin terlihat segar dan bercahaya tidak cukup hanya dengan perawatan wajah. Hal utama yang harus dihindari adalah stress. Mungkin sebagian orang menyangkal bahwa dirinya tidak dalam kondisi stress namun otak dapat mengirimkan sinyal tentang kondisi tersebut. Tubuh dapat menerima pesan dan terpancar dari penampilan wajah bahwa seseorang tersebut sedang mengalami tekanan atau stress. Itu sebabnya penting untuk menjaga tubuh dan otak dalam kondisi yang seimbang. 

JIka tubuh seseorang mengalami stress dapat dilihat dari wajahnya. Ciri-ciri wajah mulai bermasalah yaitu timbul jerawat baik jerawat ringan maupun berat, komedo dan kusam. Wajah kusam memiliki ciri kulit kering, tidak bercahaya dan bersisik ketika digaruk. Hal ini tidak hanya dapat terjadi di wajah namun juga dibagian tubuh lainnya seperti lengan dan kaki. Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa langkah mudah:

Bersihkan wajah dengan produk pembersih yang tepat.
Memilih produk pembersih wajah hendaknya tidak dilakukan asal-asalan. Pilih yang benar-benar sesuai dengan jenis kulit misalnya berbahan dasar air untuk kulit berminyak. Oil free untuk kulit kombinasi dan bebas sabun. Bersihkan wajah segera setelah selesai beraktifitas diluar rumah. Jangan menggosok wajah terlalu kasar karena akan merusak jaringan epidermis dan dapat mengakibatkan peradangan pada kulit.

Hindari terik matahari terlalu lama
Matahari sumber vitamin D namun jika terlalu lama berjemur di bawah terik matahari dapat menyebabkan kulit kusam bahkan menimbulkan kanker kulit. Gunakan tabir surya atau pelembab wajah dengan SPF minimal 15. Selain untuk melindungi kulit dari sinar matahari, ia juga dapat mempertahankan tone wajah.

Minum air putih
Ini adalah cara yang paling mendasar dan mudah jika ingin kulit tetap kelihatan lembab dan segar. Air tidak hanya dapat menghilangkan dahaga namun dapat menjaga kelembaban tubuh terutama wajah. Minum sedikitnya 8 gelas sehari untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

Konsumsi buah dan sayur setiap hari
Ini penting mengingat kulit kusam akan terlihat sangat kering jika dibiarkan berlama-lama. Juice buah setiap hari atau perbanyak konsumsi sayur dalam menu harian agar nutrisi dalam tubuh tetap tercukupi.

Selain 4 langkah mudah tersebut jangan lupa untuk melakukan perawatan masker setidaknya satu minggu sekali dengan bahan alami. Masker wajah berguna agar sel kulit mati dan kotoran yang tersimpan di bawah lapisan kulit dapat luruh. Bahan yang dapat digunakan untuk membuat masker yaitu lidah buaya, lemon, madu dan timun.

Campurkan satu sendok madu murni bersama lemon, usapkan pada wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar. Setelah kering sekitar 15 menit basuh dengan air hangat. Gunakan waslap atau handuk lembut agar kulit tidak iritasi. 



Tag : Kecantikan
0 Komentar untuk "Singkirkan Wajah Kusammu Dengan 4 Langkah Mudah Ini"
Back To Top