Begini Cara Merawat Kulit Kombinasi yang Tepat

Memiliki kulit yang bersih cerah dan sehat tentu menjadi idaman setiap orang terutama kaum wanita. Namun tahukah anda bahwa gen tubuh memiliki peranan penting dalam menentukan jenis kulit? Perubahan hormon, kebiasaan makan yang kurang sehat serta lingkungan mempengaruhi kondisi kulit. Maka penting untuk mengenal terlebih dahulu jenis kulit anda sebelum menentukan perawatan yang tepat.

Seperti yang kita tahu bahwa ada beberapa bagian pada kuli yaitu dermis, epidermis dan hipodermis. Lapisan malpighi pada epidermis memiliki zat melanin yang menentukan warna kulit sekaligus jenisnya. Ada tiga jenis kulit yang masing-masing memerlukan cara perawatan yang berbeda yaitu kulit kering, kombinasi dan berminyak.

Kulit kombinasi adalah yang paling tricky dan memerlukan perawatan intensif karena jika salah maka kulit akan kelihatan kusam. Bagaimanakah cara tepat merawat kulit kombinasi? berikut ulasannya.


Ciri kulit kombinasi yaitu kering pada bagian pipi namun berminya di bagian dahi, hidung dan dagu. Orang biasa menyebutnya sebagai daerah T atau T zone. Kelenjar sebacous yang aktif pada zona T ini yang menyebabkan kulit menjadi berminyak dan berpori besar. Hal ini menyebabkan cara perawatannya pun berbeda. Diperlukan beberapa produk yang nice agar tidak terjadi iritasi. 

Cleanser
Pilih pembersih wajah atau cleanser berbahan dasar air, berbentuk gel dan sedikit berminyak. Bersihkan wajah secara menyeluruh dan gosok perlahan pada bagian T zone agar sebum dan kotoran dapat dibersihkan secara optimal. Jangan gunakan permbersih berbahan keras misalnya sabun padat karena akan memicu pori menjadi lebih terbuka sehingga kotoran dan debu dapat lebih mudah menempel dan menyebabkan komedo. Ada bisa memilih produk permbersih Optimals white radiance by oriflame atau pond's oil control.

Toner
Setelah membersihkan wajah jangan lupa untuk menyegarkannya dengan menggunakan face toner. Pilih face toner berbahan dasar gliserin atau air. Gunakan kapas wajah untuk mengaplikasikannya. Anda bisa memilih face toner by elishabeth arden atau SKII sebagai produk pilihan khusus untuk kulit kombinasi.

Pelembab wajah
Ini merupakan bagian penting karena akan melindungi kulit dari debu dan kotoran selama seharian apalagi jika anda berada diluar rumah. Pelembab wajah dengan kandungan oil free sangat cocok untuk pemilik kulit kombinasi. Aplikasikan lebih pada kulit yang kering misalnya daerah pipi, dahi bagian atas dan rahang. Sementara pada bagian T aplikasikan tipis saja. Anda bisa mencoba beberapa produk misalnya Garnier serum cream, L'oreal atau Kiehl's yang diciptakan khusus untuk kulit kombinasi.

Bedak
Sebelum menggunakan bedak ada baiknya anda menggunakan alas bedak. Pilih alas bedak dengan kandungan antioksidan dan memiliki SPF minimal 15. Setelah itu pilih bedak dengan tekstur matte, bebas minyak dan hypoallergenic. Bedak sebagai pelindung dari sinar UV sehingga penting untuk membawanya kemanapun anda beraktifitas.

Masker
Kulit kombinasi memerlukan masker wajah berbahan alami seperti lidah buaya, mentimun dan madu. Masker dengan bahan alami seperti ini tidak membuat kulit kering, ia bersifat mendinginkan serta mampu menutup pori. Gunakan clay mask yang berbentuk gel untuk bagian T zone dan krim mask untuk bagian kulit yang kering. 


Selain beberapa trik di atas anda juga dapat melakukan beberapa tips mudah untuk menjaga kulit kombinasi agar tetap sehat yaitu:

  1. Minum banyak air agar kelembaban kulit tetap terjaga
  2. Jangan sering memegang wajah karena selalu ada debu yang menempel pada jari.
  3. Gunakan tisu wajah untuk menyerap minyak pada bagian T zone.
  4. Bersihkan wajah setelah beraktifitas seharian.
  5. Relaxkan kulit dari sembarang make up saat tidur.


0 Komentar untuk "Begini Cara Merawat Kulit Kombinasi yang Tepat"
Back To Top