Kawal Kulit Berminyak dengan Bedak yang Tepat

Kulit wajah pada dasarnya memang sedikit berbeda dari kulit pada bagian tubuh lainnya. Kulit wajah memproduksi minyak sedikit lebih banyak untuk menjaga kesehatannya. Namun, jika berlebihan akan timbul masalah seperti kusam dan berjerawat. Minyak yang berlebih serta kotoran yang menyumbat pori menimbulkan bakteri "Propionibacterium acnes" aktif dan timbullah jerawat.

Masalah kulit berminyak sangat sering ditemui, oleh pakar kecantikan dan disarankan untuk pandai memilih kosmetik yang tepat. Salah satu yang paling sering menjadi pilihan adalah bedak. Ternyata bedak untuk kulit normal dan kulit berminyak itu berbeda. Pemilik kulit normal tidak sulit dalam memilih bedak karena lebih fleksibel dibanding kulit berminyak yang kesannya "tricky".

Meskipun terkesan rumit ada beberapa trik yang dapat dilakukan untuk mengawal kulit berminyak. Salah satunya dengan memilih bedak yang tepat. Berikut ini beberapa jenis bedak dan produk kosmetik yang bisa menjadi pilihanmu.


Ketahui bahan dasar kosmetik yang akan digunakan.

Kulit berminyak sebenarnya memiliki sisi positif yaitu terjaga kelebabannya dan kelihatan selalu awet muda. Hal ini disebabkan karena produksi minyak diwajah masih aktif meskipun usia sudah lanjut. Untuk memilih bedak yang cocok, pilihlah bedak bubuk atau bedak tabur. Bedak bubuk dapat menyerap minyak lebih baik dari compact powder. Selain itu pilih alas bedak yang water based atau mineral based. Jika tidak suka memakai alas bedak pilih bedak dengan komposisi matte translucent.

Gunakan sponge atau kuas untuk mengaplikasikan bedak agar kelihatan merata dan tidak bertumpuk-tumpuk. Bedak jenis bubuk ini dapat digunakan dengan alas bedak atau tanpa alas bedak. Bubuh sedikit lebih banyak dibagian wajah yang berminyak misalnya daerah T zone. Meskipun berbentuk bubuk hindari menggunakan tangan karena jari tangan selalunya menyimpan kotoran yang tidak terlihat. Akibatnya jerawat dapat tumbuh tanpa bisa dicegah.

Meskipun bedak bubuk terkesan friendly namun bukan berarti kamu dapat digunakan secara berlebihan. Cukup gunakan seperlunya untuk touch up atau memperbaiki riasan wajah yang memudar akibat minyak yang keluar setelah pemakaian beberapa jam. 

Gunakan bedak bersama dengan kosmetik yang friendly untuk kulit berminyak

Setelah memilih bedak tabur untuk mengawal kulit berminyak gunakan juga blotting papers atau kertas minyak khusus. Penggunaan blotting papers ini dapat membantu untuk menyerap minyak berlebih. Caranya tekan kertas pada bagian yang berminyak, jangan digosok atau diusap karena akan menyebabkan riasan mejadi berantakan.

Kosemetik lain yang dapat menjadi alternatif untuk mengawal minyak adalah cleanser. Pembersih wajah yang bersifat membersihkan sekaligus melembabkan ini dapat mengurangi volume minyak di wajah. Gunakan cleanser dengan bahan dasar milk atau fruit agar kulit menjadi lebih segar.

Memiliki wajah berminyak memang dapat membuat kulit menjadi kusam jika salah dalam perawatannya. Jika selama ini kamu bertahan dengan compact powder cobalah untuk beralih ke bedak bubuk untuk merubah penampilan sekaligus menjadikan kulit lebih sehat.

 


Tag : Kecantikan
0 Komentar untuk "Kawal Kulit Berminyak dengan Bedak yang Tepat"
Back To Top