Terungkap Rahasia Kenapa Cepat Merasa Lapar

Lapar adalah kondisi yang sangat tidak mengenakkan, apalagi ketika berada ditempat ramai dan perut berbunyi. Tentu orang di sekeliling akan menoleh dan berasumsi bahwa anda sedang lapar. Secara medis lapar adalah sinyal yang dikirimkan otak ke tubuh bahwa kita memerlukan asupan nutrisi.

Ada sebagian orang yang merasa selalu lapar meskipun sudah makan. Padahal orang tersebut tidak dalam kondisi berolah raga berat atau PMS bagi wanita. Namun rasa lapar tetap menghampiri sehingga membuat anda ingin makan lagi dan lagi. Jika dibiarkan kondisi ini dapat membuat perut kepenuhan dan tentu menimbulkan rasa tidak enak.

Hal ini tentu membuat anda bertanya-tanya kenapa bisa tetap merasa lapar meskipun sudah makan. Inilah rahasia kenapa anda cepat merasa lapar dan segera memerlukan makanan.


Kurang tidur malam
Pada saat tidur tubuh sedang mengistirahatkan hampir 80 persen organnya termasuk lambung. Umumnya orang dewasa akan tidur sedikitnya 6-8 jam sehari berbeda dengan anak-anak yang membutuhkan waktu tidur lebih panjang. Jika pada saat waktu tidur anda tidak melakukannya maka yang terjadi adalah tubuh tetap bekerja dan tentu saja dapat menimbulkan rasa lapar.

Kurangnya asupan yang bergizi
Anda tentu pernah mendengar istilah makan angin bukan. Menurut pribahasa makan angin artinya jalan-jalan. Namun menurut istilah medis makan angin artinya mengkonsumsi sesuatu yang tidak ada nilai gizinya misalnya kerupuk, permen dan makanan lain yang sifatnya ringan.

Makanan yang mengandung banyak gula 
Salah satu zat dalam makanan adalah karbohidrat, anda bisa menemukannya dalam nasi, singkong, roti dll. Terlalu banyak makan karbohidrat akan menyebabkan perut cepat merasa lapar. Idealnya nasi atau sumber karbohidrat yang lain adalah sekepalan tangan anda. Jika berlebihan ia akan membuat tubuh kekurangan nutrisi lainnya karena sudah diisi dengan karbo dan mengakibatkan cepat lapar.

Jumlah makanan yang tidak seimbang
Dalam sepiring nasi tentu ada lauk dan sayurnya. Kebiasaan banyak orang memasukkan nasi lebih banyak ketimbang sayur dan lauk. Menurut pakar kesehatan hal ini tidak tepat karena dalam sekali makan kita sebaiknya mengkonsumsi sayur lebih banyak ketimbang lauk dan nasi. Selain itu asupan protein dari hewan serta makanan yang mengandung lemak tidak jenuh juga penting untuk menahan lapar.

Makan terlalu cepat
Saat makan kita dianjurkan untuk mengunyah makanan sampai lunak ini bukan hanya baik untuk lambung tapi juga otak. Kita tahu bahwa otak yang mengatur semua kerja tubuh dari atas sampai bawah. Otak akan mengirim sinyal ke perut jika kita makan terlalu cepat. Rasa cepat kenyang dan kembali lapar dalam waktu dekat adalah efek yang ditimbulkan jika kita makan terlalu cepat.

Stress
Kondisi kejiwaan seperti stress sering kali menjadi penyebab masalah dalam hidup kita. Stress tidak hanya memicu lapar datang lebih cepat tapi juga membuat kita makan dalam jumlah banyak. Hal ini sudah terbukti dimana banyak orang akan makan dalam jumlah banyak ketika sedang stress.

Terpengaruh akan aroma makanan
Aroma makanan memang sering membuat seseorang tergoda dan ingin makan meskipun sudah makan sebelumnya. Indra penciuman ini tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu penyebab rasa ingin makan timbul.
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Terungkap Rahasia Kenapa Cepat Merasa Lapar"
Back To Top