Persaingan Blogger Ditahun 2018

Persaingan blogger ditahun 2018 - Well, kembang api baru selesai meledak sekitar 6 jam yang lalu dimana hampir semua manusia dibumi merayakan pergantian tahun. Bagi mereka yang merasa masih muda, abegeh dan sedang mekar-mekarnya merayakan tahun baru tentu menjadi sesuatu yang seru. Berbeda dengan para orang tua yang lebih memilih diam di rumah sambil nonton tv. Ini kamu, Win :P

Pergantian tahun memiliki banyak makna. Ada yang membuat resolusi ini apa ditahun 2018 ini. Ada yang ingin mengalir saja, ikuti arus. Ini kudu dijelasin lagi ya, arus seperti apa yang diikuti. Ada yang menganggap tahun baru yang beda ya cuma ganti kalender. Sesederhana itu.

Jika kita kilas balik tahun 2017 kemarin banyak terjadi kekisruhan baik di dunia maya maupun nyata nampaknya tahun 2018 ini akan terus berlanjut bahkan makin parah. Persaingan untuk menjadi yang tereksis di dunia maya makin gencar. Orang-orang akan melakukan apapun bahkan yang tidak masuk akal untuk bisa eksis di sana. 

persaingan blogger

Ngomong-ngomong soal dunia maya yang selama ini saya geluti sebagai seorang blogger nampaknya persaingan disinipun semakin ketat. Blogger bukan lagi hanya sebagai sebutan untuk mereka yang hobi menuangkan ide pikiran ke dalam blog pribadi namun lebih dari itu. Blogger kini adalah sebuah profesi yang menjanjikan.

Didepan mata saya sudah banyak yang terbukti sukses menjadikan blogger sebagai profesi dengan penghasilan yang tidak bisa disepelakan. Beberapa rekan saya bahkan menjadikan blogger sebagai pekerjaan utama. Mereka tidak melamar pekerjaan di instansi manapun, mereka suami istri maksudnya menjadikan blog sebagai sumber pendapatan rumah tangga. Dan itu sukses.

Saya sendiri mungkin diantara yang menjadikan blog sebagai sumber mata pencaharian. Walaupun sampai hari ini hasilnya belum sebanyak mereka. Namun alhamdulillah blog yang sudah berdiri sekitar 9 tahun ini sedikit banyak memberikan tambahan untuk keperluan dapur dan lain-lain. Ini tentu saja bukan hanya terjadi pada saya. Ribuan orang diluar sana juga melakukan hal yang sama.

Lalu persaingan blogger ditahun 2018 ini akan berorientasi pada apa menurut kalian? kalau saya sepertinya masih sama seperti tahun 2017 lalu. Job review, kontent placement masih akan menjadi yang dicari oleh blogger. Disamping itu tentu saja adsense dari google yang memang dari dulu menjadi yang paling dicari sebagai blogger yang benar-benar ingin memoneytizekan blognya.

Sah-sah saja menurut saya bahkan ketika nantinya ada blogger yang menggunakan cara-cara yang dianggap tidak baik misalnya copas blog orang, menulis berita kontroversi, hoax dan semacamnya. Kita hanya bisa mengelus dada dan berharap tidak termakan oleh emosi dan fitnahnya. Karena suka atau tidak suka hal itu pasti akan terjadi. Setiap orang punya mindset yang berbeda meskipun itu dianggap gila.

Setiap orang tentu punya harapan karena kata ustad orang yang tidak punya harapan bisa mati hanya dalam 3 detik. Nauzubillah. Sebagai blogger harapan saya bisa terus mengisi blog ini dengan konten yang positif, informatif dan ya meskipun menye-menye bolehlah ya. Maklum blognya emak-emak yang lebih sering main sama bayi daripada didepan lappy, 

Persaingan blogger ditahun 2018 ini semoga tidak menjadi ajang caci maki dan bully. Karena sepengamatan saya hal itu lebih sering terjadi di media sosial seperti fb, twitter dan lainnya. Blog masih bisa dibilang lumayan amanlah. Semoga demikian dan semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Persaingan Blogger Ditahun 2018"
Back To Top