Kangaroo Care Bantu Bayi Premature Bertahan Hidup

Bayi premature atau yang lahir dengan berat badan rendah akan rentan terhadap penyakit dan kemungkinan untuk bertahan hidup agak sulit. Jika kasus ini terjadi pihak medis akan membantunya bertahan hidup dengan bantuan inkubator. Namun jika ternyata ibu melakukan proses persalinan di rumah atau jauh dari rumah sakit apa yang bisa dilakukan untuk membantu bayi bertahan? jawabnya adalah gunakan metode kangaroo care.

Kangaroo care merupakan metode untuk merawat bayi yang lahir dengan berat badan rendah (BBLR) dengan cara membuat kontak dari kulit ke kulit antara ibu dan bayi. Metode ini menggunakan badan ibu untuk membantu bayi dalam meningkatkan berat badan sehingga mempersingkat masa perawatan.

Tidak hanya untuk bayi premature atau BBLR, kangaroo care juga cara yang efektif dalam mempererat ikatan batin antara ibu dan bayi. Melalui sentuhan dari kulit ke kulit dan jantung yang berdetak bersama dengan saling menempel bayi akan merasakan kasih sayang ibu. Dengan begitu rasa aman dan terlindungi. Bagaimana cara melakukan metode kangaroo care dan apa manfaatnya? berikut ulasannya!

cara melakukan kangaroo care

Cara melakukan metode kangaroo care

Secara sederhana kangaroo care artinya metode sentuhan dari kulit ke kulit antara ibu dan bayi. Metode ini bisa dilakukan baik oleh ayah maupun ibu. Jika ayah yang ingin menjadi pasangannya maka ayah harus membuka baju. Kemudian letakkan bayi di dada, selimuti punggung bayi dan peluk ia dengan penuh kasih sayang. Jika ibu yang ingin melakukannya maka bayi diletakkan di antara dua payudara dan selimuti punggung bayi.

Untuk praktek pertama mungkin Anda akan mengalami kesulitan mengingat ukuran tubuh bayi yang kecil juga berat badannya yang kurang akan membuatnya sangat lemah. Belum lagi jika bayi menangis namun ingatlah bahwa metode ini akan berhasil jika dilakukan dengan sepenuh hati dan tentu saja berhati-hati agar tidak menyakitinya.

Dengan metode kangaroo care bayi akan mencium aroma tubuh Anda dan detak jantung yang bersamaan akan menciptakan ritme yang menenangkannya. Dengan posisi tubuh yang dekat serta pelukan akan menghangatkan bayi. Itulah sebabnya kenapa kangaroo care sangat efektif membantu bayi bertahan hidup.

Perawatan dengan metode ini sangat istimewa untuk bayi jadi tidak hanya untuk bayi dengan berat badan rendah, bayi dengan berat badan normalpun boleh melakukannya. Karena ia bermanfaat antara lain:

  1. Dapat mempertahankan kehangatan tubuh bayi
  2. Mengatur denyut jantung dan pernafasan
  3. Berat badan bertambah
  4. Membuat bayi tidur lebih nyenyak
  5. Memberi waktu bayi ibu untuk diam dan istirahat sambil memeluk bayi
  6. Meredakan tangisan bayi dan membuatnya merasa nyaman
  7. Meningkatkan produksi ASI ibu
Manfaat kangaroo care bagi ibu

Tidak hanya bagi bayi metode kangaroo care juga bermanfaat bagi orang tua dimana ianya akan meningkatkan rasa percaya diri menjadi orang tua. Jalinan emosi dan ikatan batin yang kuat juga akan dirasakan dengan metode ini. Pengalaman berharga menjadi orang tua akan dirasakan sebagai anurgrah yang indah dari Sang Pencipta. 

Kangaroo care juga merupakan sebuah metode penyembuhan yang efektif. Jadi Anda bisa melakukannya bukan hanya pada saat bayi baru lahir namun juga ketika ia sakit. Umumnya orang yang sakit membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang lebih. Bukan hanya orang dewasa bayipun merasakan demikina. Jadi lakukan metode kangaroo care jika bayi Anda sedang sakit misalnya demam karena dapat menurunkan panas tubuhnya. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Kangaroo Care Bantu Bayi Premature Bertahan Hidup"
Back To Top