Bagaimana Cara Memijat Bayi Dengan Benar?

Memijat buah hati adalah salah satu rutinitas yang saya lakukan sebelum mandi. Kegiatan ini terlihat mudah dan sepele namun nyatanya tidak demikian. Secara studi klinis menunjukkan bahwa pemijatan pada bayi atau terapi sentuhan dapat menguatkan anggota badan bayi. Sistem kekebalan tubuhnya pun akan meningkat dan mempercepat pertumbuhan. Selain itu berat badan bayi juga dapat naik dengan memijat bayi secara benar.


Awalnya saya agak ragu untuk memulai, kekhawatiran salah memijat akan membuat bayi sakit dan pasti menangis. Namun semua itu saya tepikan sebab manfaat memijat bayi ini penting dan sebenarnya tidak perlu harus dilakukan oleh ahli pijat. Sentuhan adalah bahasa cinta. Ianya merupakan cara paling mudah untuk menciptakan ikatan batin antara saya dan bayi. Kasih sayang yang besar dalam diri akan mendorong kita untuk menyentuhnya dengan hati-hati. Bagi bayi sentuhan ibu akan membuatnya percaya diri, merasa dikasihi dan diperlakukan dengan baik.

Hal ini menjadi pemicu saya untuk memberanikan diri melakukan pemijatan. Namun ilmu memijatpun harus dimiliki karena rasa kasih tanpa ilmu tidaklah cukup. Sebelum melakukan pemijatan saya biasanya melakukan hal berikut:
  1. Siapkan minya baby oil untuk memijat bayi
  2. Handuk lembut
  3. Air hangat
Setelah 3 bahan ini disiapkan mulailah untuk memijat bayi. Sebaiknya bayi dipijat tanpa menggunakan pakaian. Sebab gesekan antara pakaian dan tangan dapat membuat kulit bayi iritasi. Ibu perlu tahu bahwa kulit bayi tiga kali lebih tipis dari kulit orang dewasa. Itu sebabnya perawatannya pun harus lebih hati-hati.


Ada beberapa tekhnik memijat bayi. Semua bisa ibu praktekkan denga mengikuti langkah-langkahnya.


Memijat bagian wajah bayi dengan tehnik senyum
Tirukanlah bentuk senyum pada bibir atas bayi dilanjutkan dengan bibir bawahnya. Pijatlah kening bayi dengan gerakan-gerakan melingkar. Lanjutkan disekitar pelipis, rahang, daerah belakang telinga dan bagian kulit kepala.

Memijat bagian dada dengan tehnik kupu-kupu
Letakkan tangan kanan ibu di atas bahu kiri bayi, gerakkan secara diagonal melewati dada. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri di atas bahu kanan bayi.

Memijat bagian perut dengan tehnik I Love You
Bentuklah huruf I dengan tangan kanan pada perut kiri bayi. Kemudian gerakan dari atas ke bawah membentuk huruf L dari sebelah kiri ibu ke kanan. Setelah itu gerakkan tangan dari perut kiri bawah ke atas dan kembali ke atas seperti membentuk huruf U terbalik. Sempurnakan dengan rangkaian gerakan I Love You secara bersamaan sambil bilang I love you kepada bayi ibu.

Memijat bagian perut dengan tehnik Matahari dan Bulan
Bentuklah gambar bulan separuh dari atas ke bawah dengan tangan kanan ibu. Dimulai dari sebelah kiri ke kanan. Selanjutnya bentuklah gerakan lingkaran penuh searah jarum jam dengan tangan kiri. Lakukan hal yang sama dengan tangan kanan.

Memijat bagian punggung dengan tehnik bolak-balik
Gerakkan kedua tangan Ibu denga pola silang dari punggung atas bayi lalu turun ke bawah secara bolak-balik.

Memijat bagian lengan dan kaki ada tiga tehnik:
Tehnik Memerah. Gerakkan tangan bayi seperti gerakan memerah dengan kedua tangan ibu. tangan satu mengikuti yang lain seperti halnya jika ibu memerah susu sapi. lakukan hal yang sama dengan kakinya.

Tehnik Menggulung. Buatlah gerakan menggulung pada lengan bayi diantara telapak tangan ibu mulai dari siku hingga ke pergelangan tangannya. Lakukan hal yang sama pada kakinya mulai dari lutut sampai pergelangan kaki.

Tehnik Tekan dan Putar. Tekan dan putar lengan bayi dengan lembut, mulai dari bahu smpai tangan. Lakukan hal yang sama pada kakinya mulai dari pinggul sampai telapak kaki. 

Waktu yang diperlukan untuk memijat bayi sebaiknya tidak lebih dari 20 menit. Sambil memijat bayi ibu bisa berbicara dengannya. Membuat mimik muka dan bernyanyi. Hal ini selain membuat bayi menjadi relax juga dapat meningkatkan indranya. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Memijat Bayi Dengan Benar?"
Back To Top