Hari Anak Nasional, Inilah 5 Tips Dari Kominfo Dalam Mengawasi Gadget Pada Anak

Dwina.net - Anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang akan mengatur kemana arah negara ini. Saat ini mungkin mereka terlihat belum memiliki kemampuan yang mumpuni. Hanya bermain dan bermain. Namun tahukah kamu bahwa dalam bermain itu sebenarnya mereka tengah mengeksplore bakat dan mengasah kemampuannya. Dunia anak adalah dunia bermain maka tidak heran jika dalam keseharian mereka hanya diisi dengan bermain.

Seperti  yang  sudah kita ketahui,  bahwa tanggal 23 Juli itu merupakan hari untuk memperingati  Hari Anak  Nasional  atau  yang  biasa disingkat dengan nama  HAN.  Acara HAN pada tahun ini mengusung tema “Anak  Indonesia,  Anak  Genius“, yang merupakan akronim dari Gesit, Empati, Unggul, dan sehat. 

cara memperingati hari anak nasional

Berkaitan dengan HAN di tahun 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) yang melalui akun resmi twitternya menghimbau kepada para orang tua untuk selalu memberikan pengawasan kepada anak saat menggunakan gadgetnya.  

“Banyaklah bermain di alam, batasi penggunaan gadget“, ungkap Menteri  Rudiantara melalui akun pribadinya @rudiantara_id.  

Selain itu, beliau  juga menyampaikan bahwa setiap anak Indonesia harus tangguh dalam meraih cita-cita.  “Anak Indonesia harus sehat dan gembira agar dapat belajar dengan tenang  dan tangguh dalam menggapai cita-cita“, tambahnya kepada  pers.  

Pada berbagai kesempatan, Menteri Rudiantara mengajak  pada  anak-anak  dan  menghimbau kepada para  orang  tua untuk memastikan dalam penggunaan teknologi informasi  dan komunikasi dengan bijak.

“ Saya minta tolong, nanti jika akses  internet  sudah masuk, Bapak dan Ibu harus menjaga anak-anak agar tidak berlebihan menggunakan ponsel.  Jangan sampai digunakan untuk mengakses hal-hal yang  negative“ tambah Rudiantara saat ada kunjungan  di  Kab. Puncak  Jaya, Papua, Selasa (17/07/2018). 


Adapun mengenai  tips dari Kominfo untuk  para orang tua dalam pengawasan penggunaan  gadget  pada  anak seperti dibawah ini :
  1. Memilih konten yang mendidik.
  2. Mengawasi  penggunaan  gadget  pada  anak, yakni memilih konten  yang  tidak hanya menarik namun juga mendidik.
  3. Pengaturan khusus anak.
  4. Gunakanlah  gadget yang khusus memiliki pengaturan untuk anak.
  5. Membatasi durasi penggunaan gadget.
  6. Memberikan  durasi  yang  sewajarnya dalam penggunaan  gadget  pada  anak.
  7. Cermati setiap konten yang  dipilihnya.
  8. Sebagai orang tua, anda diharuskan untuk selalu memperhatikan setiap konten  yang  dipilihnya.
  9. Hindari konten yang mengandung unsur kekerasan dan vulgar.
  10. Meski hanya dalam bentuk film kartun, namun tetap saja unsure kekerasan tidak boleh ditonton  oleh  anak-anak.

Back To Top