Inilah Bukti Adanya Tujuh Lapisan Langit

Dwina.net - Dalam qur'an surah Ath - Thalaq : 12 Allah berfirman yang artinya:

"Allah yang menciptakan tujuh langit dan dari (penciptaan) bumi juga serupa..". Ketika mendengar surah ini apakah kita percaya bahwa langit memiliki tujuh lapisan?

Ketika ayat ini turun memang belum ada bukti ilmiah yang tentang langit yang memiliki tujuh lapis. Namun seiring berjalannya waktu dan teknologi terutama ilmu astronomi semakin maju para ilmuwan mengakui bahwa langit memang memiliki tujuh lapisan. Peneliti menyatakan bahwa langit bumi atau biasa disebut atmosfer terdiri atas tujuah lapisan yang berbeda.

surah yang menyatakan langit memiliki 7 lapis

Dalam tiap lapisan memiliki ciri-ciri fisik, kandungan, ketinggian, serta fungsi tersendiri. Padahal sepertinya langit bumi yang kita lihat hanya satu. Jika dilihat dari bumi memang kita hanya nampak awan, bintang, bulan dan matahari. 

Lain halnya bagi mereka yang sudah pernah melintasi ruang angkasa. Mereka akan melihat bahwa atmosfer kita ini begitu menakjubkan seperti apa yang terlulis dalam al-qur'an. 

Tujuh lapisan langit tersebut adalah:
  1. Troposfer adalah lapisan atmosfer yang terendah dengan ketebalan kira-kira 10 km di atas permukaan bumi.
  2. Stratosfer adalah lapisan kedua atmosfer, terletak di antara troposfer dan mesosfer ketebalannya kira-kira 15 - 55 km di atas permukaan bumi.
  3. Ozonosfer berfungsi menyerap radiasi sinar ultraviolet sehingga melindungi bumi dari bahaya lapisan tersebut.
  4. Mesosfer. Lapisan udara ketiga dimana suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga lapisan keempat termosfer.
  5. Termosfer lapisan atmosfer yang berada persis di atas mesosfer dan di bawah eksosfer.
  6. Ionosfer adalah lapisan atmosfer yang terionisasi oleh radiasi matahari.
  7. Eksosfer. Lapisan bumi yang terletak paling luar serta terdapat refleksi cahaya matahari yang dipantulkan oleh debu meteoritik.
surah ath-thalaq ayat 12
pixabay
Tujuh lapisan ini adalah bukti ciptaan Allah yang luar biasa sebagai pengatur alam semesta. Sebagai manusia hendaknya kita bersyukur sebab benda-benda langit itu meskipun berbenturan tapi tetap dilindungi oleh ke tujuh lapisan atmosfer sehingga tidak langsung jatuh ke bumi. Biarpun ada yang jatuh itu hanya sebagian kecil saja. Waullahu a'lam
Tag : islam
Back To Top