Inilah Keutamaan Buah Kurma yang Menakjubkan

Dwina.net - Buah kurma banyak tumbuh di wilayah padang pasir dan tergolong dalam tumbuhan berbiji tunggal. Satu pohon kurma akan menghasilkan buah pada usia 5 hingga 40 tahun. Hebatnya lagi kurma dapat hidup di daerah dengan cuaca ekstrem hingga mencapai suhu 50 derajat celcius. Ini sebabnya mengapa kurma banyak tumbuh di negara Arab karena cuaca disana tergolong ekstrem.

Meskipun bisa tumbuh dicuaca yang sangat panas kurma juga bisa bertahan pada suhu yang sangat dingin. Seperti yang kita tahu bahwa tanah Arab mengalami perubahan iklim yang ekstrem. Jika sedang panas maka suhu bisa mencapai 50 derajat dan jika musim dingin suhu akan turun hingga dibawah 10 derajat celcius. 

Namun cuaca ekstrim ini tidak menjadikan pohon kurma mati malah sebaliknya mereka tetap bertahan. Itu sebabnya kurma ada dalam qur'an sebagai buah yang disunnahkan untuk dikonsumsi. Pohon kurma memiliki struktur yang memungkinanya menyimpan cadangan air sehingga tidak mudah mengering.

kurma arab, ajwa

 
Ribuan tahun lalu, ketika Bunda Maryam binti Imran hendak melahirkan Nabi Isa as. Allah SWT memerintahkannya untuk menggoyangkan pangkal pohon kurma. Hasilnya, buah kurma yang ranum dan segar pu berjatuhan ke bumi. Bunda Maryam memakannya hingga beliau lancar melahirkan dan juga menyusui.

Berabad-abad kemudian barulah para ahli menemukan alasan mengapa Allah memerintahkan Bunda Maryam memakan buah kurma itu. Ternyata buah kurma mengandung banyak hormon yang sangat baik untuk merangsang gerakan rahim da memperkuat otot rahim sehingga mempermudah proses persalinan.

Dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad saw, bersabda:

"Tidak akan lapar keluarga yang memiliki tamar" (HR Muslim).

Tamar adalah salah satu jenis kurma. Dalam sebutir kurma kering terdapat kandungan 70,6% karbohidrat yang meliputi gula, zat tepung dan siliolocit.  2,5% protein seperti asam amino, minyak dan lemak 1.32% garam. Mineral yang meliputi kalsium, besi, fosfor, magnesium, tembaga, coplet, zinc dan lain lain. Serta 10% serat vitamin A, Vit B dan Vit C dan juga antioksidan. 

Manfaat buah kurma tidak hanya itu saja.Buah kurma juga berfungsi sebagai pencuci perut alami serta mempertajam pendengaran dan penglihatan. Dengan banyaknya manfaat dari kurma sebaiknya jadikan kurma sebagai cemilan atau makanan pendamping ya. Karena sungguh menakjubkan khasiat si kecil kurma ini.
Tag : islam, kesehatan
Back To Top