Tips Menuju Sukses Saat Interview


Pada saat melamar kerja, kita sering kali merasa cemas dengan wawancara atau interview yang mau tidak mau memang harus dijalani. Berikut ini ada beberapa tips yang semoga bisa mempermudah anda melewati tahap wawancara.

Pada saat wawancara, sering kali dijumpai pertanyaan-pertanyaan seperti berikut atau yang menyerupainya:

1. Bagaimana anda menggambarkan diri anda sendiri?
Jika pertanyaan ini di ajukan, maka contoh jawaban yang tepat adalah ceritakan latar belakang pendidikan anda, dimulai dari anda lulusan apa, prestasi yang pernah anda capai serta pengalaman kerja jika ada. Yakinkan bahwa anda memiliki pengalaman dalam bidang pekerjaan yang sedang anda inginkan.

2. Coba anda ceritakan tentang diri anda?
Untuk hal ini anda bisa menceritakan tentang diri anda tapi bukan kisah hidup anda. Berikan penjelasan singkat seperti pendidikan, target jabatan yang ingin dicapai, pengalaman pada bidang pekerjaan yang anda lamar sekarang.

3. Apa kelebihan yang anda miliki?
Jika membicarakan tentang kelebihan, usahakan jawaban hal ini lebih tergantung pada jenis pekerjaan yang anda lamar.

4. Apa kelemahan anda?
Pilihan jawaban untuk pertanyaan seperti ini adalah ungkapkan bahwa kelemahan anda adalah suatu hal yang positif seperti:
Saya terkadang tidak sabar dan hal itu membuat saya bekerja menjadi berlebihan.
Ketika saya memulai suatu pekerjaan saya terlalu berkonsentrasi sehingga lupa beristirahat. Karena saya perfeksionis, saya selalu menemui kesulitan dalam hal bekerjasama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, karena saya khawatir orang laintidak dapat menyelesaikannya sebaik saya. Dan lain sebagainya.

5. Apa yang anda inginkan dalam hidup anda?
Jawablah pertanyaan ini dengan pertimbangan yang logis, ungkapkan ambisi/keinginan anda untuk bekerja pada perusahaan tersebut. Hindari jawaban yang seakan-akan perusahaan itu milik anda. jangan ungkapkan hal yang secara keseluruhan menyangkut pribadi anda seperti, pernikahan, rumah tangga atau keluarga namun fokuslah pada tujuan anda secara professional.

6. Pernahkah anda mempunyai konflik dengan pimpinan atau pengajar anda?
Tahukah anda bahwa pada saat itu pewawancara sedang menilai apakah anda adalah seseorang yang bekualitas atau calon pegawai yang biasa-biasa saja. oleh karena itu anda jangan sampai jatuh pada jebakan dari pertanyaan tersebut, jika anda memang tidak pernah memiliki masalah, jawablah dengan jujur. Dan ceritakan apa yang akan anda lakukan jika anda pernah menemui masalah pada saat sebelumnya.

Dari 6 tips di atas semoga bisa membantu anda dalam melewati masa-masa interview dengan lebih baik.

Tag : artikel
4 Komentar untuk "Tips Menuju Sukses Saat Interview"

tipsnya bermanfaat nih mbak, ayo buat pemula yang mau interview baca tips2 ini

Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat...

In general, the usefulness and significance is overwhelming. Very much thanks again and good luck and keep up the great work!

Back To Top