Cara Memasak Mie Sagu

Teman, udah pernah makan mie sagu? itu loh mie yang warnanya abu-abu gelap, mienya sedikit lebih gede dan kenyal, sepintas sih kelihatan seperti karet gelang. Tapi jangan buru-buru bilang ngga ya. Coba bikin deh enak loh. Cara memasak mie sagu juga ga payah kok, tinggal goreng aja. Resep sederhananya sih memang digoreng, tapi bisa juga bikin laksa dari mie sagu ini. Itu nanti aja dulu ya, sekarang kita bikin dulu resep memasak mie sagu goreng.







Bahan:
500 gr mie sagu di rendam air panas, tiriskan
100 gr taoge panjang
1 batang daun bawang
4 batang daun seledri
100 gr udang basah, bisa diganti dengan ebi
1 butir telur

Bumbu yang dihaluskan:
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
8 buah cabe merah
1 ruas ujung jari jahe di tetak atau digetok
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Kecap secukupnya

Cara memasak mie sagu goreng:
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Masukkan telur, orak-arik hingga merata. Masukkan udang atau ebi. Setelah setengah matang masukkan mie sagu, orak-arik lagi agar mie tidak menggumpal. Terakhir masukkan taoge dan daun bawang/seledri. Beri garam, gula dan kecap sesuai selera. Sajikan hangat.

Mie sagu sendiri berasal dari Selat Panjang Kepulauan Riau. Mie sagu dibuat dari pati sagu yang berasal dari pohon sagu. Sebelum menjadi mie, sagu direndam dalam air bersih yang diberi kaporit. Kotoran pada sagu dibuang kemudian direndam lagi hingga benar-benar bersih. Mie kemudian dicetak dalam cetakan khusus kemudian dimasak dalam tungku setelah melalui proses pencetakan dan diberi minyak sayur agar tidak lengket mie sagu dijemur sampai kering. Mie sagu biasa dijual kering agar lebih tahan lama.
3 Komentar untuk "Cara Memasak Mie Sagu "

belum pernah nyoba, kayak apa ya, penasaran rasanya mie sagu

Enakkk.... Sukaaaa tp aku ebi diganti ikan teri , tp rsnya tetap enak kok

Back To Top