Resep Memasak Sate Ayam

Resep memasak sate ayam ini baru 2 kali saya buat, alamdulillah keduanya lancar jaya dan sukses diludeskan orang serumah. Saya ga punya panggangan sate tapi itu bukan kendala. Banyak jalan untuk sukses menjadi seorang blogger (yah ini nujunya kemana tho) hahahah. Maaf masih suka lost fokus. Ayam yang saya gunakan yaitu ayam potong tapi kalo ada ayam kampung mah lebih nyoss rasanya. Bumbunya juga saya karang-karang sendiri tapi percayalah teman, sate buatan saya masih bisa dimakan. Dan.......... nagih pastinya.

Baiklah tanpa membuang waktu lagi cus kita intip dan catet resep memasak sate ayam.

Bahan:
500 gr daging ayam, difillet ya. Potong kecil-kecil. ga usah kecil banget deh kan mau dimakan sendiri
50 ml santan kental nanti mau dibuat ngungkep ayam
1 batang serai di geprek atau ditetak kalo kata orang Melayu
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk

bumbu halus ayam:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt merica

bumbu halus kuah sate:
100 gram kacang tanah di goreng (haluskan)
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
sedikit merica
1 ruas ujung jari kunyit
1 ruas ujung jari jahe
2 buah kemiri
1 sdt ketumbar
1/2 sdt adas manis
semua bumbu ini dihaluskan yaaa
100 ml santan kental
Garam secukupnya
Penyedap secukupnya bila suka

cara memasak sate ayam:
Cuci bersih ayam kemudian ungkep dengan bumbu, beri sedikit santan, masak di atas api kecil. beri daun jeruk dan daun salam. Biarkan hingga santan habis.
Tusuk daging ayam dengan tusuk sate, jumlah daging bisa disesuaikan dengan selera. Panggang sate dengan teflon, kalau ada panggangan sih lebih bagus. Aku pake panggangan bulat dari besi seperti digambar ini. Hasilnya tetep bagus. Sewaktu memanggang beri kecap manis dan saus tomat agar rasa daging lebih enak.
panggangan sate. www.dwina.net


Masak kuah sate:
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai. Setelah harum masukkan santan kental. Terakhir masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan tadi. Beri garam dan penyedap masak hingga kental. Jadi deh.

Nikmati sate dengan lontong serta ketimun, tabur bawang goreng di atasnya. Delimaknyoss
sate ayam ala wina. www.dwina.net



1 Komentar untuk "Resep Memasak Sate Ayam"

ayo jadi mendadak lapar lagi nih, tanggung jawab hehehe:D
.. ehm maknyus banget mbak

Back To Top