Aman Berlibur Saat Hamil

Berlibur atau dalam bahasa kerennya traveling memang menyenangkan ya teman, apalagi liburannya panjang. Wah jadi makin serut dong. Jelang akhir puasa begini sudah banyak orang yang mudik loh, entah itu ke kampung halaman, ke kota atau merayakan idul fitri sambil mrngunjungi tempat-tempat wisata alias liburan.

Namun untuk kamu yang sedang hamil apakah masih ingin pergi berlibur? oh, tentu saja. Siapa yang bisa menolak tawaran manis untuk berlibur. Nah, supaya liburan tetap aman dan nyaman. Coba deh beberapa resep berikut ini:

Pertama: konsultasikan dulu sama dokter kandungan kamu ya, pastikan kondisi kandungan dalam keadaan sehat baik ibu maupun bayinya. Minta penjelasan dari dokter mengenai apa dan bagaimana mempersiapkan diri dan kesehatan sebelum berlibur. Juga barang-barang perlengkapan medis apa yang perlu dibawa selama berlibur. Misalnya obat mual. ini khusus untuk para ibu yang masa kehamilannya baru menginjak trimester pertama dimana morning sickness masih kerap terjadi.

Jangan lupa mempersiapkan makanan yang bisa menahan mual seperti mangga, apel dan buah lainnya yang disukai. Buah-buahan adalah makanan kaya serat dan memiliki rasa asam, manis dan segar. Pilih buah yang mudah dibawa serta tidak memakan tempat supaya memudahkan untuk dibawa dan dimakan kapan saja.

Sebelum berangkat cari dulu dimana tempat menginap, rumah sakit atau klinik terdekat dengan hotel atau tempat kamu menginap. Ini penting, karena jika terjadi sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan kandungan kamu bisa cepat menuju ke rumah sakit terdekat. Akan lebih baik lagi jika kamu sudah mengantongi nomor kontar rumah sakit atau klinik tersebut.

Setelah semua oke dan siap berangkat, pastikan kebijakan maskapai penerbangan mengijinkan kamu untuk terbang. Tidak semua maskapai mau mengambil resiko untuk mengangkut ibu hamil loh, hal ini diperhitungkan dari kondisi kesehatan ibu, masa kehamilan dan tanggal perkiraan bersalin. Semakin dekat tanggalnya biasanya pihak maskapai tidak mengijinkan kamu ikut serta. So, sebelum kecewa pastikan dulu  yang satu ini ya.

Jika kamu ragu kalau-kalau pihak maskapai tidak mengijinkan kamu terbang, tapi kamu merasa sehat lahir bathin. Kamu bisa merujuk pada dokter kandungan lebih dulu. Minta surat rekomendasi dari dokter tentang kesehatanmu dan menginjinkan kamu untuk naik pesawat.

Dalam penerbangan nanti , pada ketinggian tertentu, sirkulasi darah kamu bisa melemah. Untuk mengatasinya pastikan kamu minum banyak air putih selama penerbangan. Usahakan satu atau dua kali dalam setiap jamnya, kamu berdiri dan berjalam di gang pesawat gunanya agar punggung tidak cepat lelah dan perut tertekan ke bawah. 

Terakhir, bawa cemilan sehat selama di pesawat dan dalam masa liburan. Hindari snack yang banyak menggunakan perasa dan pewarna buatan. Pastikan makanan yang kamu konsumsi sehat dan baik untuk kamu dan bayimu. Selamat liburan.
1 Komentar untuk "Aman Berlibur Saat Hamil"

oww mangga dan apel bisa menangkal mual yahh...? wooaaahhh bru tauu sayaa.. bawa buat balik mudik akh.. mualnya ga khusus pesawat aja kan yah? hahaaha

Back To Top