Tips Berwisata Murah dan Singkat di Jogja


Kota Jogja bagi saya sudah tidak asing. Kota wisata ini selalu mendapatkan tempat di hati dan selalu bikin kangen. Sehingga saya pun kadang-kadang berniat untuk datang berkunjung, entah itu untuk wisata atau sekedar bernostalgia. Bagi kamu yang selama ini memimpikan untuk datang berkunjung ke Yogjakarta terutama untuk berwisata, saya punya beberapa tips yang mungkin bisa membantumu agar bisa berwisata dengan biaya murah, serta bisa berwisata ke banyak tempat dalam waktu singkat.

Memilih tempat menginap

Kita mulai aja dari yang pertama, yaitu tips memilih hotel murah di Jogja. Sebenarnya ada banyak sekali tempat menginap yang menawarkan harga murah di sekitar Malioboro yang menjadi pusat wisata kota Jogja. Salah satu tempat dimana kamu bisa menemukan penginapan-penginapan dengan harga murah mulai dari yang harganya berada dibawah 100.000an adalah Jalan Sosrowijayan yang berlokasi di wilayah Jalan Malioboro. Di sini ada banyak penginapan atau hotel-hotel dengan tarif murah yang relatif terjangkau sesuai dengan kebutuhan. Beberapa hotel tersebut biasanya ada yang menawarkan kamar mandi luar atau kamar mandi dalam.

Namun bagi kamu yang ingin menginap di hotel berbintang, di sekitar jalan Malioboro juga ada banyak hotel berbintang yang tarifnya juga tidak terlalu mahal. Mengingat kota Jogja merupakan tujuan wisata murah jika dibandingkan dengan beberapa tujuan wisata di kota-kota lainnya.

Transportasi

Di Jogja, memang ada beberapa angkutan atau bus kota, khususnya Trans Jogja yang bisa mengantarkan kita ke beberapa tempat. Namun sayang sekali, walaupun tarifnya cukup murah, namun transportasi menggunakan bus kota tidak cukup efektif untuk mengantarkan kita ke berbagai tempat, terutama ke tempat-tempat wisata yang ingin kita tuju. Jadi, alternatif utama agar bisa berwisata ke banyak tempat dalam waktu singkat di Jogja adalah dengan menyewa kendaraan. Baik itu kendaraan roda dua atau roda empat.

Tarif sewa kendaraan roda dua sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 80.000 per hari tergantung dari lama dan di mana kamu menyewa. Biasanya jika kamu bertanya pada pemilik hotel atau pemilik tempat menginap atau resepsionisnya, kemungkinan besar mereka akan memberitahukanmu di mana kamu bisa menyewa kendaraan.

Petakan tujuan wisata

Sebelum kamu berangkat ke Jogja, pastikan kamu membuat jadwal dan peta perjalanan terlebih dahulu. Dan jangan ragu untuk pergi berwisata sendiri, walaupun tanpa guide, kamu bisa mengandalkan GPS di smartphone-mu untuk pergi ke tempat-tempat wisata yang menarik di di Kota Pelajar tersebut. Karena Jogja kotanya lumayan kecil hingga bisa diubek-ubek dalam waktu singkat. Agar bisa pergi berwisata ke banyak tempat di Jogja, terlebih dahulu kamu bisa mendatangi tempat-tempat yang jauh, misalnya pergi ke objek wisata Candi Prambanan, Candi Borobudur, atau beberapa pantai terkenal di Jogja, barulah kemudian kamu akhiri kunjunganmu dengan berwisata ke Keraton, jalan-jalan di Malioboro atau menikmati gudeg sekaligus mencari oleh-oleh di Jalan Malioboro atau Pasar Beringharjo.

Makan murah

Jika kamu ingin mencari makanan yang murah, sebisa mungkin hindarilah makan di sepanjang jalan Malioboro. Sebaliknya, di jalan-jalan atau gang-gang di sekitar Malioboro ada banyak warung makan yang menjual makanan dengan harga bersahabat. Selain itu, kamu juga bisa mencoba angkringan yang juga menawarkan harga super murah.
Tag : traveling
1 Komentar untuk "Tips Berwisata Murah dan Singkat di Jogja"

ada rencana jalan-jalan ke jogja nih mba, semoga anak-anak mau di ajak jalan2 murah xixixii

Back To Top