Kiat Menjalankan Puasa Saat Hamil Trimester Pertama


Puasa dalam kondisi mabok karena hamil trimester pertama buatku lebih berat ketimbang puasa pas hamil tua. Setidaknya ketika hamil trimester ketiga kondisi hormon sudah stabil dan yang paling penting ngga pake acara hueek .. hueek lagi. Selera makan juga meningkat tajam tuh, kalau ngga dibendung abis makanan di meja sekalian sama meja makannya.

Meskipun mabok tetap donk kudu di usahakan puasa, bukan apa, mikir gantinya entar, uwaaa malah tambah sedih puasa sendirian. Jadi sebisa mungkin di akalin khususnya pola makannya supaya puasa tetap lancar dan mabok tetap jalan :D

Bicara soal mabok karena hamil muda kayaknya ngga usah di bahas lagi lah ya.... ibu-ibu, bapak-bapak juga sudah pada tau, kalau perempuan hamil muda mah emang sensi banget. Bau wangi salah, bau busuk salah, bau kentut salah apalagi bau ketek. Oh em ji..... 

So, harap dimaklumi kalau ibu hamil suka senewen ngga jelas. Bukan di buat-buat, tapi memang sudah dari sononya begitu. 

Nah, balik ke soal puasa nih. Buat para ibu yang sedang hamil muda dan masih suka mabok-mabokan.. yuk tetep puasa biar debaynya udah belajar nahan laper sejak dalam kandungan. Risau bakal kuat apa ngga mah wajar yang penting usaha dulu. 

Caranya????

Usahakan saat sahur ambil masa yang lebih panjang, jangan sahur di ujung waktu walaupun sunnah Rasul begitu. Ibu hamil sering mengalami masuk angin karena usus yang semakin pendek, kata dokter kandungan sih begitu. Kondisi ini menyebabkan sering terjadi kembung perut. Nah, kalau kembung sudah melanda, cabe rawit rasa mangga, eh.... maaf pemirsah.

Minum air hangat saat sahur dan berbuka. Jangan ngeyel minum air dingin apalagi yang dari kulkas bakalan kayak diputer tuh perut. Tenangkan usus dengan air hangat, ini akan membantu meredakan kembung perut. Minum air hangat 10-15 menit sebelum makan berat saat sahur dan segera setelah bedug maghrib alias pas buka puasa. 

Jangan mencampur antara takjil dengan makanan berat. Santai bu... sudah berbuka, boleh makan sampe sahur datang. Karena kondisi lambung kosong seharian, ambil makanan ringan yang tidak terlalu memberatkan usus dan lambung misalnya, kolak panas atau kue. Boleh sih makan gorengan tapi sedikit aja ya. Setelah itu, sholat maghrib biar ada pergerakan dan mengurangi rasa mual pada perut.

Usahakan tidak makan makanan atau minuman yang dingin apalagi kondisi mabok masih parah misalnya puding atau es buah. Seger sih tapi nyaman ngga di perut? Keluarkan buah dari kulkas setidaknya 3 jam sebelum di konsumsi, pilih buah yang kaya serat dan boleh sedikit asam seperti mangga, kiwi dll.

Konsumsi makanan berat ketika abis tarawih karena pada kondisi itu lambung sudah kembali normal dan siap menerima makanan berat. Porsi makanan juga jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan tekanan berlebih pada lambung yang akhirnya keluar lagi deh dalam bentuk muntahan yang ngga banget itu. 

Coba dan rasakan sendiri, mana kondisi yang nyaman dalam mengatur jadwal makan dan jenis makanan apa yang sesuai untuk di konsumsi. Saat puasa pertama mungkin masih coba-coba, insha Allah di puasa selanjutnya sudah bisa menyesuaikan kondisi lambung saat puasa dan hamil muda. Selamat mencoba.... jangan menyerah ya.... jangan menyerah... jangan menyerah.... aa...aa...aa.. #plak

Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Kiat Menjalankan Puasa Saat Hamil Trimester Pertama"
Back To Top