Apa yang Dilakukan Malaikat Jibril Setelah Rasulullah Wafat?

Dwina.net – Malaikat jibril selalu dikaitkan dengan wahyu. Sebab memang tuganya menyampaikan wahyu kepada nabi. Namun persoalannya nabi terakhir kita adalah Muhammad SAW dan merupakan penutup dari para nabi. Sejak itu tidak ada lagi nabi di dunia. Jikapun ada itu jelas hoax yang paling nyata. Sebab informasi bahwa Muhammad SAW adalah nabi sekaligus rasul terakhir dikabarkan langsung oleh Allah dalam Al-qur’an. So, kalo ada yang ngaku sebagai nabi, gue harap kalian lebih cerdas dalam menanggapinya ya, pren.


Kemudian tentu muncul pertanyaan, kalau Muhammad adalah rasul sekaligus nabi terakhir lalu apa tuga jibril sesudah itu? Apakah dia santai-santai di istana Allah sana? Ngopi-ngopi gitu sama para malaikat yang lain? Sama malaikat israfil mungkin, sebab israfil kan tugasnya meniup sangkakala ketika kiamat nanti? Weeee tidak seremeh itu, pren. Meskipun tidak ada lagi nabi dan rasul sesudah rasulullah jibril masih memiliki banyak job desk loh. Mau tau aja apa mau tau banget?

Tugas malaikat jibril memberi kabar baik berupa surga bagi orang beriman
Kabar gembira dari malaikat Jibril ini akan semakin memberikan semangat pada kita untuk selalu berbuat baik demi menggapai surga. Nikmat di dalam surga menjadi impian bagi setiap orang yang saleh dan beriman.

Jelas tertulis dalam Al-qur’an bahwa jin dan manusia diciptakan Allah tidak lain hanya untuk beribadah kepada-Nya. Bukan yang lain. 

Ibadah dalam hal ini bukan hanya sholat, zakat, puasa, sedekah tapi lebih daripada itu. Seperti kata ustad Adi Hidayat, kita ini umat dakwah. Jadi berdakwalah sesuai dengan kondisi kita. Tidak semua harus jadi ustad, sebab kalau semua jadi ustad siapa jama’ahnya. Jadi dakwah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya: lo, seorang anak, jadi anak yang sholeh. Tunjukkan kepatuhan, kesopanan kepada orang tua dan orang lain.

Atau lo seorang suami, jadi suami yang sholeh, taat ibadah, ajak anak istri ibadah bersama. Bekerja yang halal karena mencari nafkah juga merupakan ibadah. Atau lo, seorang istri, jadi istri yang sholehah. Patuh pada suami, senantiasa berwajah ceria di depan suami. Melayani suami dengna ikhlas dan didik anak-anak dengan agama. Sebab khusus di bab istri ini. Allah menjanjikan jika seorang wanita melakukan tiga hal saja yaitu: sholat, puasa, dan patuh pada suami maka ia boleh memasuki surga dari pintu mana saja.

Nah siapa yang memberi kabar gembira ini? Tentu malaikat jibril. Beliau menyampaikan kabar gembira ini kepada kita umat Muhammad. Dengan cara apa? Dengan wahyu kah? Tidak tapi dengan hidayah yang Allah titipkan lewat malaikan jibril. Jadi jangan bilang jibril tidur ya, jibril tidak tidur.
Bicara soal jibril tidak tidur. Saya pernah membaca sebuah buku karangan Emha Ainun Najib atau yang lebih dikenal dengan Cak Nun soal jibril tidak tidur. Awalnya terasa aneh dan bertanya sendiri dalam hari. “eh, iya ya, jibril ngapain ya setelah Rasulullah wafat?” teman-teman boleh cari deh bukunya. InsyaAllah bermanfaat.


Cara memperoleh surga seperti yang dijanjikan Allah
Ada banyak cara untuk menggapai surga Allah dan insyaAllah tidak sulit asal ikhlas melakukannya. Kunci ikhlas tidak ada dibuku atau di sekolah manapun. Ikhlas adanya di hati. Menerima dengan lapang dada semua ketentuan Allah yang terjadi pada diri adalah cerminan ikhlas seorang muslim. Bicara soal apa saja kegiatan yang bisa mendatangkan pahala mungkin jawabannya ada ribuan atau jutaan. Namun semua itu adalah ikhtiar, sebab ujung akhir dari semua ikhtiar adalah ikhlas. So, sudah ikhlaskah kita hari ini?

Contoh perbuatan yang bisa mendatangkan surga bagi kita
Ada banyak ya, apalagi saat ramadhan seperti ini semua perbuatan baik kita dilipatgandakan loh sama Allah jadi jangan sia-siakan ramadhan lewat begitu saja ya, pren. Ikhlas jalanin puasa karena Allah. Ikhlas ngaji membaca qur’an juga karena Allah, ikhlas ngeluarin sedekah baik sedikt atau banyak hanya karena Allah dan seabrek perbuatan baik laiinya.

Kurang-kurangi berbuat maksiat baik kecil maupun besar. Tinggalkan semaksimal mungkin perbuatan yang bisa mendatangkan dosa. Perbaiki hubungan dengan tetangga. Silaturahmi saling memberi makanan untuk berbuka atau sahur juga merupakan perbuatan baik. Dengan sering melakukan perbuatan baik hidayah cepat sampai dan mengetuk relung hati kita. Nah, disitulah jibril bekerja. Jadi jangan persulit kerja jibril. #Self Reminder.

Apabila kabar bahagia yang datangnya dari manusia saja bisa sangat menyenangkan, apalagi kabar yang disampaikan oleh makhluk mulia ciptaan Allah. Inilah makhluk dari langit yang tercipta dari cahaya. Makhluk ini hanya mengenal ketaatan pada Allah di dalam hidupnya. Mereka tidak pernah sedikitpun ingkar terhadap perintah Allah.

Suatu hadits menjelaskan bahwa barang siapa dari hamba Allah yang meninggal dunia dalam keadaan tidak meyekutukan Allah dengan apapun maka Jibril mengatakan bahwa orang tersebut berhak masuk dalam surga.

Kabar gembira yang telah disampaikan oleh malaikat Ruhul Qudus atau malaikat Jibril ini yang dapat memberikan semangat bagi kita untuk selalu berbuat baik untuk menambah bekal menuju akhirat. Di kehidupan yang hakiki kelak, Allah menyediakan dua tempat kembali, yakni surga dan neraka.
Berdasarkan pesan malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW, maka ketika ada seseorang yang meninggal dalam keimanannya maka tempat yang paling tepat adalah surga. 

Dengan kabar ini maka umat manusia seharusnya lebih bersemangat untuk beramal saleh dan berbuat baik. Ingatlah, bahwa setiap apa yang kita lakukan di dunia akan mendapatkan balasannya di akhirat. Saat orang baik masuk ke surga maka kebalikannya, yakni orang yang sering berbuat buruk akan masuk ke neraka.


















Back To Top