Sebulan Turun 5 kg Dengan Cara Sederhana Turunkan Berat Badan

Dwina.net - Cara sederhana turunkan berat badan kedengarannya sulit ya gaes. Apalagi kalo usia udah di atas 30, minum aer aja bisa gendut. Iya bener loh. Minum aer aja bisa jadi gendut. Kok bisa? iyalah, yang diminum air rasa-rasa. Kalian tau ngga, air berperasa yang sekarang banyak bertebaran itu ngga sehat loh. Dalemnya banyak sakarinnya. 

Apa itu sakarin? sakarin adalah pemanis buatan yang bisa bikin minuman jadi 300-400 kali lebih manis dibanding gula biasa. Yah, walaupun penelitian yang paling baru mengatakan bahwa sakarin tidak berbahaya tetep aja kalo dikonsumsi terus menerus bisa menyebabkan penyakit terutama diabetes, hipertensi, gula darah naik dll.

Terus kalau cuma minum air putih biasa aja tapi tetep gemuk gimana donk? berarti ada yang salah dengan pola makanmu kawan. Bagaimana pola makan yang baik? yang sehat dan ngga kebanyakan pola? ini aku kasih tau berdasarkan pengalamanku sendiri ya. Bukan orang lain.


Perbaikin mindset tentang makanan adalah cara sederhana turunkan berat badan

Yup, jadi gaes kalau mau nurunin berat badan yang pertama kalian lakuin adalah ubah mindset tentang untuk apa kalian makan? ada orang yang mengatakan makan untuk hidup dan ada juga yang bilang hidup untuk makan. Dua kalimat ini punya konotasi yang berbeda. 

Makan untuk hidup sering dikonotasikan positif artinya kalau makan untuk hidup ya sudah gitu aja. Udah makan berarti bisa hidup dan ngga perlu terlalu kenyang. Karena sejatinya lambung kita ini akan cepet ngasih tau ke otak kalo dia udah kenyang. Hanya saja karena napsu pengen makan masih aja bermain di otak jadi deh walaupun sinyal kenyang udah di alirin ke otak tetep aja mulut pengen makan. Entah itu kue lah, makanan ringan lah, rotilah dll. Termasuk makanan yang sehat seperti buah. Jadi gimana ngga ndut coba. 

Sederhananya gini gaes, kalo lo udah ngerasa kenyang segeralah istirahatin mulut lo. Kasih waktu lambung lo buat mencerna makanan tersebut. Kalo dalam sekali makan lo makan banyak maka lambung sedikitnya butuh 4 jam buat mencerna itu semua. So, jangan makan apapun selama 4 jam itu, even itu buah sekalipun yang menurut lo sehat. Inget lambung lo udah engap gaes.

Jadi mulai sekarang ubahlah pikiran bahwa lo akan makan dikit aja sebab dengan makan dikit aja lo udah bisa hidup, terus ngapain lo makan banyak-banyak. Ya ngga?

Cara sederhana turunkan berat badan yang kedua ubah jenis makanan yang masuk ke perutmu

Ini penting gaes, kalian harus tau bahan makanan apa yang masuk ke perut kalian. Sehatkah? enak belum tentu sehat loh ya. Banyak kan makanan enak di mulut tapi ngga enak di perut? Seberapa sering kalian mengalami sakit perut karena makan. Dan satu lagi nih ya, semua penyakit yang diderita manusia itu puncanya atau asal muasalnya dari perut. Jadi pikirin mulai sekarang apa yang baik untuk perut kalian bukan hanya mulut doang.

Pilih makanan bebas gluten 
Gluten adalah campuran amort atau bentuk tak beraturan dari protein yang terkandung dalam endosperma  dan juga tepung yang terbuat darinya. Ada banyak makanan yang mengandung gluten seperti gandum, makanan yang diolah dari tepung seperti mie, pasta, kue, roti dll. Gluten ini jika dikonsumsi terus menerus akan membuat sel darah kebingungan dan bisa kehilangan pasangan. Asumsikan begini, kalau kalian kehilangan pasangan hidup tentu sedih kan. Nah sel-sel tubuh kita juga gitu, mereka sebenernya berpasangan. Jadi kalau pasangannya hilang yang baperlah dia.Untuk lebih jelasnya kalian cek makanan apa saja yang mengandung gluten.

Terus makan apa donk? kan ada buah, nasi, sayur, ikan yang makanan lain yang gluten free. Ayolah jangan malas makan buah. Dan jangan bilang buah mahal. Ada banyaaaaakkk buah lokal yang bisa dibeli dengan harga terjangkau kayak pepaya, semangka, mangga, timun, tomat, jeruk, jambu, nenas dll. Jangan berfikiran kalau buah itu berarti apel washington, pear golden atau shandong, kiwi, anggur dll yang mehong itu. Indonesia kaya banget sama buah-buah lokal yang gizinya ajib banget buat tubuh.


Minum jeruk nipis peres tiap pagi adalah cara sederhana turunkan berat badan

It works gaes, seriously. Aku udah coba. Awalnya asem tapi lama-lama nagih. Jadi sebelum kalian makan apapun di pagi hari cobalah minun jeruk nipis peres dulu. Kalau ada lemon sih ya lebih baik. Tapi ditempatku lemon mahal gaes. Jeruk nipis aja, udah. 5 biji 2000 rupiah bisa buat 5 hari itu. 

Caranya air satu gelas, gelas biasa aja ngga usah yang segede gaban gitu. Atau mug sedang. Terus peras 1 buah jeruk nipis. Kalau mau airnya anget-anget kuku. Minum tiap pagi. Apa manfaatnya? ia akan membersihkan lambung dari sisa makanan yang udah kalian makan kemarin. So, lambung akan siap untuk bekerja kembali. 

Bolehkan penderita asam lambung, gerd atau maag minum air jeruk nipis?
Boleh banget. Caranya tambahin madu semanisnya. Jeruk nipisnya jangan satu, setengah aja udah cukup. Boleh juga ditambah jahe geprek atau kunyit geprek. Inget ya pake madu jangan gula pasir. Kata dokter @zaidulakbar di akun ig nya. Ramuan ini justru membantu penyembuhan penderita maag, asam lambung atau gerd tadi. Coba deh, insyaAllah manjur.

Atur jadwal minum air putih kalian

Kita ini kadang terlalu sibuk sampai luma minum air putih. Jadi buat ngingetinnya. Minum 2 gelas air putih saat bangun tidur, segelas sebelum mandi, dan segelas 30 menit sebelum makan. Untuk lebih jelasnya ini aku lampirkan tabelnya ya.


Makanan apa yang perlu dihindari?
Sederhana aja, mulailah kurang-kurangi makanan dan minuman yang manis terutama pemanis buatan bahkan gula pasir juga jangan kebanyakan. Sehari cukup 1 sendok teh aja. Dikit kan itu. Tapi udah cukup loh untuk asupan glukosa dalam tubuhmu. Takut lemes karena kurang gula? kan ada nasi, ada buah ada sayur. Mereka itu ada kandungan gulanya juga loh, tapi gula baik. 

Kurang-kurangi makanan yang mengandung minyak. Kalau udah sanggup nggoreng bakwan pake zaitun sih alhamdulillah ya. Tapi kalo masih pake minyak sawit mending di kurangi banyaaaaakkk banget. Ubah cara memasak dengan cara memanggang, bakar, rebus, kukus, steam dll yang ngga pake minyak. Supaya apa? supaya ngga terjadi yang namanya lemak trans. Ini loh yang bikin lelemak ditubuhmu makin subur aja.

Kurang-kurangi konsumsi nasi putih. Ubah warna nasimu dari putih ke merah, hitam atau beras coklat. Kalau mau makan nasi putih yang jelas sanadnya, ecieee sanad... maksudnya yang ngga banyak melalui proses penggilingan. Untuk kalian yang tingga di desa dengan hamparan sawah padi masih aman sih makan nasi putih sebab jelaskan cara nggilingnya. Ngga pake pemutih dan pengawet, beda kalau beras tadi udah masuk ke tengkulak, tengkulak jual ke pabrik sampe di pabrik abis udah beras itu dikasih ini itu sampe putih banget, harum banget. Menggodalah pokoknya, tapiiii nutrisi dalam beras itu udah abis. So, kalau masih mau makan nasi putih cukup 3 suapan aja sehari. Eeehh dikit itu... loh kan mau sehat. Kesehatan kalian sepuluh tahun kedepan tergantung dari apa yang kalian konsumsi sekarang loh. 

Nah gimana? mudah kan cara sederhanan turunkan berat badan. Mudahlah.. aku udah buktiin kok. Sebulan aja aku konsisten minum jeniper (jeruk nipis peres) jauhi makanan manis, kurang sebanyak-banyaknya nasi dan makanan mengandung minyak. Udah deh turun 5 kilo. Jadi kalo aku bisa kalian juga bisa kok. Ingat, mau makan untuk hidup apa hidup untuk makan?











Tag : kesehatan
Back To Top