Langkah Persiapan Persalinan Menyambut Kehadiran Si Buah Hati

Dwina.net - Memasuki trimester akhir kehamilan, Ibu dan Ayah sudah harus mulai melakukan Persiapan Kehamilan dan Persalinan. Kehadiran seorang anak pasti menjadi hal yang selalu dinanti dalam sebuah keluarga. Namun pengetahuan yang kurang mengenai proses kelahiran, tidak jarang menambah timbulnya kekhawatiran bahkan menimbulkan masalah baru. Buat para pasangan suami istri yang sedang menunggu kelahiran buah hatinya, persiapan persalinan apa saja yang harus diperhatikan?


Ketahui Taksiran Persalinan
Untuk mempersiapkan kelahiran bayi, sebelumnya Ibu tentu harus tahu kapan perkiraan persalinan atau HPL akan terjadi. Persalinan dapat diperkirakan dengan cara menghitung sejak kapan hari pertama haid terakhir si ibu. Kehamilan berlangsung kurang lebih 40 minggu sejak hari pertama haid terakhir. 

Taksiran persalinan ini sudah bisa dihitung sejak awal kehamilan ya, mom. Cek kehamilan secara rutin ke dokter ahli kandungan atau bidan untuk mendapatkan tanggal yang tidak jauh meleset dari perkiraan persalinan. Meskipun dalam beberapa kasus kadangkala terjadi dimana masa kehamilan sudah cukup namun bayi belum juga mau keluar. Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab misalnya kurangnya stimulasi yang dilakukan ibu untuk bisa membuka jalan lahir.

Persiapan Biaya Persalinan
Persiapan persalinan berikutnya yang harus diperhatikan adalah biaya. Besar atau kecil, persalinan tentu memerlukan biaya. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu dan Ayah sudah mempersiapkan biaya untuk persalinan minimal satu bulan sebelum waktu kelahiran. Biaya bisa Ibu dan Ayah sesuaikan dengan tarif persalinan di rumah sakit atau bidan di mana Ibu akan merencanakan persalinan. 

Selain itu, Ibu dan Ayah juga harus menyesuaikan anggaran dengan perkiraan jenis persalinan. Budget persalinan dihitung tidak hanya untuk ibu tapi juga perawatan untuk bayi. Di Indonesia kini ada system pembayaran dengan BPJS untuk memudahkan pasien membayar tagihan. Nah, yang perlu diingat persiapan biaya persalinan juga untuk bayi sebab biasanya BPJS atas nama ibu saja bukan untuk calon bayi. Jadi baik adanya jika ibu juga mendaftarkan calon bayi ke BPJS. Eh, satu lagi nih, untuk tau info lengkap seputar persalinan dan perawatan bayi mommy bisa cek langsung ke web ini ya - https://www.guesehat.com/

pixabay

Menentukan Tempat di mana Persalinan akan Berlangsung
Hal ini tidak kalah penting. Jangan sampai menjelang lahirnya si buah hati, Ibu dan Ayah masih belum memilih tempat persalinan. Apalagi jika rumah mommy jauh dari rumah sakit atau bidan jadi masalahnya bisa lebih kompleks kan. Nah, persalinan bisa dilakukan di rumah dengan mendatangkan dokter atau bidan yang bisa menerima panggilan. Namun jika memungkinkan adalah lebih baik melakukan persalinan di rumah bersalin atau rumah sakit. 

Fasilitas yang dimiliki. 
Kalau persalinan harus berlangsung dengan bedah caesar, tentu harus memilih rumah sakit/klinik bersalin yang memiliki fasilitas untuk itu.Kemampuan pembiayaan. Setiap klinik/rumah sakit memiliki ketentuan tarif yang beragam. Oleh karena itu pertimbangkan hal ini sebelum memutuskan dimana akan melahirkan.

Persiapan Terhadap Resiko Komplikasi Kehamilan/Persalinan yang Mungkin Terjadi
Preeklampsi, perdarahan sebelum melahirkan, posisi bayi yang tidak normal, kondisi bayi yang mengancam jiwanya merupakan komplikasi yang kadang terjadi saat persalinan dan memerlukan penanganan khusus. Mencari tahu semuanya mengenai segala informasi ini juga menjadi persiapan persalinan yang harus dilakukan.

Persiapan persalinan dan kelahiran bayi pasti sangat menyenangkan. Terlebih jika si buah hati merupakan anak pertama. Tentu Ibu dan Ayah akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik. Mulai dari pakaian, popok, kaus kaki dan tangan, tempat tidur bayi, perlengkapan mandi, dan masih banyak lagi.












Tag : kesehatan
Back To Top