Resep Olahan Ketan Susu Manis Untuk Takjil Buka Puasa

Dwina.net - Beras ketan merupakan salah satu beras khas Indonesia, dimana untuk mengolahnya tidak jauh berbeda pada jenis beras pada umumnya. Saat ini sudah banyak sekali ragam olahan ketan, menggunakan cara yang unik sehingga menghasilkan rasa yang berbeda-beda, salah satunya adalah menggunakan kental manis, untuk menghasilkan rasa manis yang pas.

Saat ini ketan susu juga sudah sangat popular, keunggulan dari tektur ketan di tambah susu kental manis akan menyajikan rasa yang enak. Duh jangan lap iler ya. Waktu buka masih lama……

Untuk mengolah resep beras ketan susu tidak susah ya, mak. Yang susah itu kalau nanam ketannya. Jadi santai aja. Apalagi kalau sudah ketemu sama susu kental manis yang pas, wah olahan beras ketan susu jadi makin nyuss loh. Apalagi kalau di mix dengan buah seperti misalnya mangga. Maka hasil rasa beras ketan susu akan terasa lebih fresh dengan campuran buah.


Banyak sekali jenis atau merek susu yang digunakan untuk membuatnya, maka dari itu pilihan susu yang tepat merupakan cara yang termudah, untuk menghasilkan rasa ketan susu yang pas. Saat ini bahaya susu kental manis merupakan susu yang paling sering digunakan, pada berbagai olahan jenis ketan susu yang memiliki rasa berbeda beda, baik vanila ataupun coklat.

Cara Mengolah Ketan Dengan Susu

Masak beras ketan
Untuk mengolah ketan susu sehingga menghasilkan rasa yang pas, maka anda harus memasak terlebih dahulu beras ketan yang anda miliki. Jangan lupa untuk memasaknya hingga pulen, mungkin anda juga bisa menambahkan tambahan lain untuk menghasilkan aroma yang pas, salah satunya adalah menggunakan daun pandan dan menambahkan sedikit santan pada ketan yang dimasak.

Pastikan menggunakan susu yang tepat
Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah penggunaan susu, anda tidak bisa menggunakan susu lain selain kental manis pada olahan ini. Hal ini karena nantinya susu pada jenis lain tidak dapat memiliki perpaduan rasa yang pas, sehingga anda harus memastikan bahwa anda menggunakan susu kental manis, sehingga rasa manis yang dicampur pada ketan akan menghasilkan ras yang pas.

Menyajikan dengan cara kering atau basah
Ada dua cara untuk menyajikan ketan susu, yang sering kali digunakan pada beberapa menu sajian ketan susu baik yang dijual maupun olahan rumahan. Yang pertama adalah menyajikannya dengan cara kering, anda dapat menyiapkan ketan susu yang sudah dimasak, kemudian menambahkan tambahan susu sebagai topingnya, meski nanti susu akan sedikit mencair karena panas dari ketan.

Cara yang kedua untuk mengolah ketan susu adalah, dengan membuatnya menjadi basah atau berenang dengan kuah susu. Untuk membuat ini biasanya disajikan dengan cara yang dingin, untuk ketannya memang dibuat dengan cara yang biasa saja, terus cairkan susu kental dengan air hangat, kemudian dituangkan pada ketan, lalu menambahkan sedikit es batu.

Beras ketan untuk resep kue lemper

pixabay/jason goh

Tekstur beras ketan yang pulen dan sedikit lengket membuat beras ketan menjadi bahan favorit untuk membuat kue. Yang paling terkenal tentu saja lemper. Kalian pasti tau kue ini kan. Beras ketan yang diolah dengan cara dikukus terus diberi rempah seperti serai, daun salam dan daun jeruk. Kukus sebentar terus siram dengan santan. Kalau Bahasa ibu-ibunya sih di aron gitu. Abis itu kukus lagi sampai tanak dan dibentuk.

Isi lemper juga bisa macam-macam mulai dari isian kurma plus madu, kelapa inti, ayam suwir, sampai kering tempe. Itu salah satu olahan beras ketan.

Beras ketan susu ini bisa dijadikan kudapan manis jelang buka puasa loh. Kalau suka yang anget-anget sajikan beras ketan anget. Kalau sudah dingin ya sajikan dingin. Ngga ada yang salah. Yang salah itu kalau beras ketannya ngga dimasak --- ini ngomong apa sih? Eh, satu lagi nih, beras ketan manis ini ngga cuma menyajikan rasa yang flat manis gitu ya. Tambahin sedikit garam atau santan kental juga boleh saat mengaron beras ketan. Biar rasa gurihnya juga dapet. Yuk dicoba…


Back To Top