Cermati, 5 Cara untuk Perempuan yang Mengalami Kendala Menstruasi Tidak Lancar

Dwina.net - Cermati, 5 Cara untuk Perempuan yang Mengalami Kendala Menstruasi Tidak Lancar

nastya gepp/ pixabay

Menstruasi adalah proses alami yang dialami tubuh perempuan sebagai tanda dirinya sudah baligh atau dewasa. Biasanya terjadi mulai usia sekitar 12 tahun namun ada juga beberapa orang yang mengalaminya di bawah usia tersebut, tergantung hormone masing-masing. Sebab apa? Yang memicu terjadinya haid juga adalah pergolakan hormone yang berubah dalam tubuh. Makanya ketika terjadi perubahan hormone ini mood perempuan tersebut terganggu.

Ngga heran kalau kita dengar istilah PMS kan sampe-sampe ada semacam ledekan kalau lihat orang apalagi perempuan lagi marah-marah ngga jelas gitu. Terus orang akan bilang, “Lagi PMS ya?” Ini membuktikan bahwa hormon yang berubah akibat haid tadi memang berperan dalam mood seseorang. Nah apalagi kalau perempuan itu mengalami kendala menstruasi tidak lancar.

Untuk perempuan yang beranjak usia remaja hingga umur 40-50 tahun, yang pernah  menstruasi mungkin pernah mengalami masalah haid tidak lancar. Beberapa diantaranya, bahkan ada yang tidak datang bulan dalam beberapa kali periode atau yang disebut terlambat datang bulan. 

Untuk mengatasinya, bisa dengan cara melancarkan haid secara alami dan cepat. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak 5 cara alami dan cepat melancarkan haid berikut ini:

Daun pepaya
Di dalam daun pepaya mengandung beberapa vitamin yang dapat membantu melancarkan haid, seperti vitamin A, B, C, D, dan E.
  1. Siapkan daun pepaya lalu rebus
  2. Tambahkan sedikit asam jawa dan garam serta dua gelas air putih
  3. Rebus kembali daun pepaya hingga berkurang akhirnya menjadi satu gelas
  4. Minum ramuan tersebut secara teratur
Jus wortel
pixabay

Sayuran berwarna kuning pekat ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi dan juga vitamin C, Kalsium, dan Zat Besi. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu agar hormon-hormon di dalam tubuh saat menstruasi berlangsung bisa lebih seimbang. Konsumsi minuman jus wortel tanpa gula dan diminum setiap pagi dan malam hari.

Kunyit
Salah satu bumbu dapur ini memiliki kandungan senyawa yang berhasil sebagai obat herbal yang aman untuk dikonsumsi siapa saja, termasuk perempuan yang mengalami menstruasi tidak teratur. Zat anti plasma dan antioksidan di dalamnya, dapat membantu melancarkan haid yang tidak teratur.

Air Kelapa Hijau
Bahan alami ini mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Bahan alami ini juga dapat dijadikan sebagai obat alami yang aman dan cepat dalam menangani perempuan yang mengalami haid tidak lancar.

Jahe

congerdesign/pixabay

Bumbu dapur dari jenis rempah-rempah an ini memiliki kandungan lezat dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di dalamnya mengandung minyak atsiri, vitamin A, B2, C, Karbohidrat, serat, zat besi, niasin, kalsium, dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi ramuan dari bahan ini, perempuan yang mengalami kendala menstruasi tidak lancar, akan secepatnya kembali normal.

Akan tetapi, jika kondisi menstruasinya mengalami keterlambatan yang terlalu lama atau haid lancar tetapi terasa nyeri, sebaiknya periksakan ke dokter untuk melakukan diagnosa nyeri haid tersebut. Sebelum terlambat mendingan di cegah dulu kan. Supaya bisa antisipasi bila ternyata ada yang ngga beres dalam tubuh Kamu. Makanan juga mempengaruhi loh, sebaiknya tidak makan-makanan yang mentah karena bisa jadi kurang steril sehingga menyebabkan timbulnya penyakit khususnya penyakit yang berhubungan dengan system reproduksi perempuan.


Back To Top