Hindari 6 Makanan Ini untuk Cegah Rambut Rontok

Dwina.net - Hindari 6 Makanan Ini untuk Cegah Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok memang sangat beragam tapi makanan adalah bagian terbesar bisa bikin rambutmu rontok. Eh tapi sebelum kamu ketakutan Saya kasih tau dulu nih fakta rambut. Bahwa rambut itu memang akan mengalami masa rontok dan tumbuh kembali. Jadi jika dalam satu waktu tiba-tiba rambutmu yang sehat mendadak rontok jangan risau dulu asalkan tidak berlebihan ianya masih tergolong normal kok.

Tapi kalau rambutmu rontok dalam jangka waktu lama dan sangat banyak sampai bikin kepala botak, wah kudu di cari penyebabnya dulu nih. Rontok terjadi dalam banyak sebab misalnya salah menggunakan produk rambut, stress dan makanan. Kenapa makanan bisa bikin rambut rontok?

Ternyata dalam makanan ada beberapa zat yang dapat memicu kerontokan misalnya pemanis buatan dan bahan kimia dalam makanan dll. Biar ngga penasaran yuk hindari 6 makanan ini untuk cegah rambut rontok.

Gorengan

StockSnap

Jangan buru-buru meringis kalo Saya nyinggung soal gorengan ya. Karena faktanya makanan yang tinggi lemak akan semakin up jika digoreng. Kenapa? Sebab minyak bisa menyebabkan makanan terhidrogenasi dan memicu kerontokan rambut. Lemak dalam gorengan adalah jenis lemak jenuh dimana ia akan mengendap dalam tubuh dan mengganggu jalan darah. Tidak hanya itu, bagi kaum pria nih, ternyata gorengan akan memicu kadar testosterone naik dan menjadi penyebab kebotakan para pria.

Gula
Makin kesini kayaknya kita kudu waspada sama bahan pemanis ini. Gula dapat memicu kerontokan rambut dan menyebabkan peradangan. Jika ingin menambahkan rasa manis pada makanan atau minuman bisa gunakan madu, atau gula palm. Selanjutnya menurut Kumparan.com makanan yang mengandung karbo seperti kentang, roti, nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi. Gula akan menghasilkan insulin dan androgen, hormone pria yang mengecilkan folikel rambut hingga menyebabkan kerontokan.

Suplemen Vitamin A
Jika ingin mengkonsumsi Vitamin A sebaiknya yang bersumber dari makanan ya. Sebab suplemen vitamin A tidak begitu diperlukan oleh tubuh. Kecuali jika kalian memang memiliki riwayat kekurangan vitamin A. Banyak makanan yang kaya akan vitamin A seperti wortel, bayam, dan buah-buahan. Lebih baik beralih yang bersumber alami dari alam.

Ikan yang Mengandung Merkuri


Marc Pascual
Ikan sejatinya tinggi protein dan aman untuk konsumsi. Namun saat ini banyak ikan yang mengandung merkuri seperti tuna dan mackerel. Dengan dalih bisa membuat ikan lebih awet nyatanya ikan yang memiliki tingkat merkuri yang tinggi dapat menyebabkan kerontokan rambut. Lebih jauh lagi merkuri pada ikan bisa berubah menjadi methylmercury yang beracun.

Pemanis Buatan
Gempuran aneka minuman yang dikemas dalam bentuk gelas, botol sampai kaleng memiliki pemanis buatan atau aspartame. Pemanis buatan ini memicu insulin naik dengan cepat dan berkontribusi menyebabkan rambut rontok.

Sarden, Hati Sapi, Daging Ayam dan Telur Ayam

Free-Photos

Jangan menyangkal dulu ya gess… sabar. Makanan di atas termasuk yang tinggi selenium. Memang sih tubuh kita membutuhkan micromineral tapi jumlahnya kecil aja. Nah jika kebanyakan maka akan memicu kerontokan rambut. Selain empat makanan yang Saya sebut di atas masih ada makanan lain seperti kacang brasil dan Sarden yang juga memicu kerontokan.

Terakhir dan sebagai saran aja sih sesuaikan porsi makan dengan kebutuhan saja. Tidak terlalu berlebihan sehingga menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Ingan makanan sejatinya hanya untuk penunjang tubuh agar tetap fit. Jika makanan yang kita makan justru menimbulkan keburukan bagi kesehatan sebaiknya dihindari dan beralih ke makanan yang lebih sehat.


Back To Top