Selain Dieng, Wonosobo Punya Destinasi Wisata yang Low Budget

Dwina.net - Selain Dieng, Wonosobo Punya Destinasi Wisata yang Low Budget

Wonosobo adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara. Secara harafiah Wonosobo artinya tempat berkumpul di hutan. Tapi jangan mikir yang serem-serem ya. Nama ini diambil menilik dari sejarah panjang ketika masa penjajahan dimana ketika itu pribumi banyak yang lari bersembunyi di hutan untuk mengumpulkan kekuatan menghadapi penjajah.

Kabupaten Wonosobo berdiri 24 Juli 1825 sebagai kabupaten di bawah Kesultanan Yogyakarta seusai pertempuran dalam Perang Diponegoro. Kyai Moh. Ngampah, yang membantu Diponegoro, diangkat sebagai bupati pertama dengan gelar Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Setjonegoro.

Kini Wonosobo menjadi salah satu kabupaten yang diperhitungkan apalagi dengan terkenalnya salah satu destinasi wisata di sana yaitu Pegunungan Dieng. Kalian pasti ngga heran dengan nama ini kan. Yup, Dieng menjadi salah satu yang paling di buru para wisatawan. Tapi apakah hanya itu yang bisa ditampilkan oleh Wonosobo? Tentu tidak sebab dengan semakin berkembangnya kabupaten ini maka semakin banyak objek wisata yang layak untuk di kunjungi. Selain itu Wonosobo juga memiliki olahan kuliner yang khas yaitu Mie Ongklok khas Wonosobo. Okelah tidak usah buang waktu, yuk kita ulik apasaja yang bisa dinikmati di Wonosobo.

Taman Alun-Alun Kota

thanks to jatengit
Jika anda datang ke wonosobo jangan terburu-buru menuju ke dieng, sebab ada destinasi wisata murmer. Taman alun alun kota wonosobo yang asri. Banyak tempat yang bisa anda gunakan untuk sekedar santai bersama keluarga maupun kerabat dekat. Menghabiskan libur weekend atau JJs (Jalan-jalan Sore) pasti seru loh.

Di sana terdapat juga berbagai macam jajanan tradisional seperti batagor, mie ongklok, siomay dll. selain itu pemandangan asri di alun alun wonosobo sangat menarik untuk di jadikan objek foto yang indah. So, jangan lewatkan untuk berkunjung kesini ya, jamin ngga bakal bikin kantong bobol deh.

Pemandian Kalianget
thanks to duta wisata

Setelah puas menikmati ASRInya alun alun kota wonosobo cobalah berendam di kolam renang kalianget. Letaknya yang tidak begitu jauh dari alun alun wonosobo memudahkan kalian untuk cuss langsung ke lokasi. Yah lebih kurang 4 kiloan aja sih, ngga jauh kan...

Disebut pemandian Kalianget sebat tempatnya berada di desa kalianget kecamatan wonosobo, kolam renang air hangat ini berada di jalan dieng dan bagi anda yang ingin berkunjung ke dieng mungkin tidak ada salahnya ya untuk mampir ke kolam renang ini untuk berendam air hangat di dinginya kota wonosobo.

Mie Ongklok Khas Wonosobo 
thanks to rasa sayange

Puas berkeliling Wonosobo, kini saatnya kalian menikmati salah satu makanan khas Wonosobo yang enak, mengenyangkan dan ramah budget. Apalagi kalau bukan mie ongklok. Memang sih mie basah memang bisa diolah apa saja dan mie ongklok adalah salah satunya. Berikut saya kasih bocoran resep mie ongklok yang nikmat itu.

Mie Ongklok (Wonosobo)
Mie Ongklok khas Wonosobo ini terhitung simple dalam pengolahannya dengan bumbu yang juga mudah di dapat sepertinya siapapun mudah membuatnya. Kalau kalian main ke Wonosobo cobain deh resep mie ongklok asli dari penduduk setempat biar bisa bandingin ketika buat sendiri di rumah. Berikut resep mie ongklok khas Wonosobo

Bahan mie ongklok:
300 gr mi basah atau bisa pakai mi telur sesuai petunjuk kemasan
3 sdm minyak untuk menumis
100 gr daging sapi rebus, potong-potong
4 lembar daun kol, iris kasar
1/2 ikat daun bawang kucai, iris 2 cm
750 ml kaldu daging
3 sdm kecap manis
1 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air

Haluskan:
4 butis bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt merica butir
Garam secukupnya

Cara membuat:
Seduh mi basah dengan air panas. Tiriskan dan sisihkan. Panaskan minya, tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum. Masukkan potongan daging rebus.
Tambahkan kol, daun bawang kucai dan kaldu daging. Masak sampai mendidih. Beri kecap manis dan masukkan mi. Aduk-aduk, kemudian kentalkan dengan larutan tepung kanji. Angkat.

Tag : traveling, Wisata
Back To Top