Tips Sederhana Jaga Kesehatan Dari Bencana Asap

Dwina.net - Tips Sederhana Jaga Kesehatan Dari Bencana Asap

Bencana asap seperti bencana langganan yang kami terima setiap tahunnya. Tidak hanya kota Pekanbaru sih tapi 3 provinsi menjadi langganan bencana asap termasuk Kalimantan, Jambi dan Riau. Kadang asapnya tipis kadang tebal. Tapi sepengamatanku sejak hampir 10 tahun tinggal di Pekanbaru, bencana asap yang parah akan terjadi dalam kurun waktu 5 tahun sekali. Sedangkan dalam tiap tahunnya tetap ada namun tipis dan singkat. Entahlah ini semacam kegiatan rutin. Rutin membakar hutan dan lahan dalam jumlah besar per lima tahun sekali.

Kesel, sedih dan marah tentunya sebab asap ini tidak main-main.. Ia masuk ke dalam rumah dan bikin sesak. Kalau sudah dalam lever yang parah aktivitas akan lumpuh seperti sekolah, kampus dan beberapa kegiatan out door. Otomatis perekonomian akan terganggu kan. Seperti contoh sederhananya aja, kalau anak-anak ngga sekolah otomatis para pedagang jajanan depan sekolah ikutan libur. Parahnya lagi kota seperti mati, karena kami enggan keluar rumah. Siapa coba yang mau keluar rumah dalam kondisi dikepung asap pekat yang bikin mata perih dan dada sesak? jawabannya kalau ngga penting banget pasti ogah keluar rumah.

pixabay

Makanya jangan salah kalau kami jadi sensian, apalagi lihat komen-komen yang sepertinya menyepelekan petaka ini. Seolah-olah kami lebay dan berlebihan dalam menguggah foto kondisi asap yang parah, seolah-olah kami cengeng, kena asap aja kok sampai koar-koar di medsos. Please kalau mau bukti datang dan tinggallah di kota kami ketika asap pekat mengepung. Dan bisa jadi lebih loh sebab transportasi seperti pesawat, kapal laut dan bis antar kota biasanya dihentikan operasinya. See, kami seperti di genosida. 

Kalau sudah begini tentu tiap manusia akan melakukan survivor masing-masing begitu pula para orang tua yang tidak ingin anaknya kena ISPA. Ada beberapa tips sederhana yang bisa kami lakukan sembari terus berdo'a memohon kemaha kasih sayang Alloh agar sudi menurunkan hujan yang lebat karena jalan satu-satunya adalah dengan turunnya hujan.

Tips sederhana jaga kesehatan dari bencana asap

Luisella Planeta Leoni

Gunakan AC, Air Purifier, kipas angin dan bikin uap buatan
Ini semacam pengamanan dari tingkat tinggi sampai ke yang paling rendah ya. Yang tinggi tentu AC dan Air Purifier. Tingkat yang paling rendah tentu kipas angin dan bikin uap buatan a.k.a akuarium non ikan. Kok bisa? bisa teman, udah dibuktikan solanya. Gelembung yang tercipta dari selang akan naik dan mengikat karbondioksida yang bertebaran di udara. Yah, setidaknya udara dalam rumah bisa sedikit dibersihkan. 

Masker dengan tingkat ketebalan asap
Ini wajib ya walaupun asap sedang tipis sebaiknya gunakan masker untuk melindungi diri dari menghisap asap. Masker ini ada jenisnya ya. Yang masker bidan atau yang tipis untuk asap yang tidak terlalu pekat tapi kalau sudah pekat banget maskernya naik jadi N95. Masker ini memiliki saringan pembersih yang lebih baik dan tebal.

Banyak minum air

Michael Tavrionov

Meskipun ngga asap minum air putih tetep harus rutin ya. Apalagi kalau pas asap jadi berarti cairan yang masuk harus lebih banyak lagi. Minum air putih yang banyak dengan ukuran 40cc x berat tubuh. Jadi misalnya berat badan kamu 47 kilo berarti asupan rutin air putihmu 40 x 47 = 1880 liter/hari.

Lebihkan makan buah dan sayur
Ini penting ya selain air putih sebab buah dan sayur akan menjaga tubuhmu dengan antioksidannya yang tinggi. Selain itu sumber vitamin dan mineral juga banyak terdapat pada sayur dan buah.

Terakhir hindari aktivitas di luar rumah jika ngga penting-penting amat. Kalau ada yang bisa dilakukan di rumah mending tahan diri dulu untuk pergi shopping. shoppingnya via online aja. Eh satu lagi isi paket kuota internet yang banyak supaya ngga bosen. wkwkkwkw.
Back To Top