Yuk Kenalan Sama Bahan Pelengkap Makanan Khas Indonesia

Dwina.net - Yuk Kenalan Sama Bahan Pelengkap Makanan Khas Indonesia

Bicara soal makanan khas Indonesia berarti kita ngga jauh-jauh dari pecal, soto, baso, rujak dan berbagai olahan mie. Indonesia yang kaya akan ragam budanya juga ngga terlepas dari ragam kulinernya. Jika kalian berjalan ke pelosok atau traveling pasti akan menemukan aneka makanan khas baik itu makanan utama atau sekedar kudapan ringan. Meskipun gempuran masakan luar sudah semakin banyak tapi makanan asli Indonesia tetap menjadi favorit bahkan orang luar juga seneng loh nyicipin anekan masakan kita. 

Alasan mereka menyukai makanan khas Indonesia adalah karena rasanya yang beragam. Pedas, manis dan gurih bahkan bisa kita nikmati dalam satu hidangan lengkap. Aneka makanan itu tidak tersaji dalam satu bahan saja. Ada banyak bahan makanan pendamping yang justru bikin hidangan utamanya jadi makin maknyus. Apa sajakah itu. Berikut bahan pelengkap makanan khas Indonesia

Mi Telur dan Mi Basah

RitaE

Beberapa  resep makanan yang menggunakan mi telur biasanya olahan mi goreng sebab tekstur mie yang dijual dalam keadaan kering. Bentuknya pipih dan dicetak dalam beberapa lapis berwarna kuning pucat. Sebelum digunakan, mi direbus lebih dulu dalam wadah air yang sudah diberi sedikit minyak goreng supaya tidak melekat satu sama lain.

Mi basah pula warnanya lebih kuning dengan aroma khas. Biasanya dijual di pasaran dalam keadaan segar. Kadang-kadang direndam dalam wadah berisi air dingin. Sebelum digunakan sebaiknya mi diseduh dengan air panas lebih dulu. Supaya menghilangkan lemak serta kotoran yang melekat pada mi.

Lontong atau Ketupat

thanks to grid.id

Lontong atau ketupat adalah tampilan lain dari nasi. Beras dimasukkan dalam bungkus daun, kemudian dimasak sampai hancur. Aromanya khas apalagi jika dibungkus dengan daun pisang atau daun kelapa. Bila hendak menggunakan lontong, sebaiknya pilih yang dibungkus daun sebab selain aromanya enak banget juga terhindar dari zam kimia seperti ketika menggunakan plastik sebagai bungkusnya.

Kikil
Kikil adalah kulit sapi yang direbus sampai empuk dan mengembang. Merebusnya membutuhkan waktu yang lama. Rebus kikil dengan air yang banyak. Setelah mendidih dan berbuih, angkat dan ganti air perebusnya. Lakukan beberapa kali sampai kikil empuk mengembang dan air peebusnya tidak berlendir lagi. Kikil kini siap diolah. Namun kini banyak dijual kikil sapi yang sudah direbus sampai empuk. Supaya terjamin kebersihannya sebaiknya kikil rebus yang baru dibeli kita rebus kembali di rumah dengan menambahkan beberapa tetes cuka. Setelah itu buang air rebusannya dan kikil siap digunakan.

Kacang Tolo
Kacang tolo dipakai sebagai campuran dalam pembuatan lento pada lontong balap. Warnanya merah kecokelatan. Bentuknya mirip denan kacang merah kering, namun ukurannya lebih kecil. Kacang ini rasanya gurih kemanis-manisan dan biasanya dijual dalam keadaan kering. Penjual bahan makanan kering di pasar tradisional biasa menyediakannya. Kacang ini harus direbus dahulu sampai empuk, baru kemudian dicampur dengan bahan yang lain.

Sambal Kemiri
Jangan heran jika saya menyebut sambal kemiri ya mak, sambal ini sering digunakan terutama untuk olahan Soto Daging Madura dan Soto Tangkar Jakarta dan sebagai pelengkap jajanan lainnya. Karena sambal ini rasanya tidak terlalu khas, hanya di dominasi dengan rasa pedas, sedikit asing dan gurih kemiri sehingga tidak mengubah rasa ari jajanan itu sendiri. Sambal ini dibuat dari cabai rawit yang direbus, lalu dihalukan dengan sedikit garam dan kemiri yang digoreng. Setelah itu dicairkan dengan sedikit air hangat.

Sambal Cabai Rawit

thanks to cookpad

Sambal ini mirip dengan sambal kemiri tapi tidak menggunakan kemiri sebagai penambah rasa gurihnya. Sambal ini sering dijadikan pilihan untuk pelengkap jajanan, karena fungsinya hanya untuk meningkatkan intensitas rasa pedas pada masakan. Cara membuatnya sama dengan sambal kemiri. Kdang-kadang ke dalamnya dicampur dengan tomat rebus supaya tidak terlalu pedas.

Demikian beberapa varian pelengkap makanan khas Indonesia yang bikin rasa masakan makin endol surendol tekendol kendol
Back To Top