Sebel Punya Perut Buncit, Cobain 7 Tips Rahasia Perut Jadi Rata

Dwina.net - Sebel Punya Perut Buncit, Cobain 7 Tips Rahasia Perut Jadi Rata

 Lisa Fotios/pexel

Rasanya gimana gitu ya kalau lihat emak-emak punya anak 3 tapi masih langsing gitu. Perutnya rata ngga nggelember kemana-mana. Belum lagi postur tubuh yang kayaknya semua proposional gitu. Aduh jeles deh. wkwkkwkw

Eh tapi apa iya sih, perempuan kalau udah menikah dan punya anak pasti perutnya buncit? Ternyata ngga juga loh. Meskipun sudah menikah asal Kamu bisa jaga nafsu makan, Insya Alloh perutnya aman-aman aja. Kenapa coba perut bisa makin nggelembung padahal ngga lagi hamil? jawabnya karena emak-emak susah jaga nafsu makan. Apalagi pas kesel sama suami gitu, hadeeehh bawaannya pengen makan aja.

Padahal ngga gitu loh, Mak. Makan itu sesuatu yang sebenernya ngga harus di kejar banget. Rasulullah ngajarin makan itu hanya untuk bisa menegakkan tulang sulbi, supaya kuat ibadah. Lah kalau makannya banyak terus kekenyangan emang bisa ibadah dengan nikmat? belum tentu. Karena yang ada malah ngantuk, mager, apalagi kalau udah main hape. Udah deh, lewat tuh yang namanya sholat fardhu. 

Tapi coba kalau makannya dikit, cukup untuk menghilangkan rasa lapar. Ngga kalap kalau pas lapar mendera, ngga menjadikan makan sebagai pelampiasan kekesalah hati. Enak hidup begitu, ibadah juga nikmat. Nah ini yang aku bilang rahasia. Rahasia yang sebenernya udah diketahui banyak orang tapi susah di praktekan. Ayo sekarang di coba. Makan dikit, ibadah banyak. Senyum juga makin sering dan ikhlas tentunya.

Sebel Punya Perut Buncit, Cobain 7 Tips Rahasia Perut Jadi Rata

Rahasianya tadi udah aku kasih tau kan. Tapi kalau mau joss lagi ada kok tips-tips mudah supaya perut tetep rata meski udah berkali-kali melahirkan. Cek yuk!

Flo Dahm

Konsumsi Makanan Berat Saat Matahari Masih Kelihatan
Artinya apa? usahakan jangan makan malam, kalaupun mau makan di bawah jam 7, kalau masih pingin makan, ngemil buah aja atau kacang-kacangan. Makanan berat kayak nasi plus anak buahnya itu efektifnya dimakan pas siang dari mulai pukul 10:00 - 18:00. Kenapa? karena sebenernya irama tubuh manusia begitu. Lambung akan optimal kerjanya disaat kita sedang beraktifitas. Pas malam adalah waktu untuk tidur, jadi lambungnya juga di istirahatkan.

Jangan Tidur Setelah Makan
Susah ya nahan ngantuk apalagi pas baru abis makan. Apalagi makannya banyak, apalagi pas makan ada AC atau kipas angin. Haduhh semriwing-semriwing gimana gitu. Padahal setelah makan kita dianjurkan untuk tidak tidur setidaknya 2-3 jam. Kalau masih nekat langsung rebahan, rasain deh efeknya gimana, perut sebah, masuk angin dan mood juga jadi rusak.

Terus kenapa kalau habis makan bawaanya ngantuk? karena makanannya penuh karbo miskin serat. Mulai sekarang coba deh ganti isi piringmu. Jangan lagi ada istilah makan sambel belacan, pake ikan asin plus nasi anget, aduh.... mertua lewat ngga keliatan. Jangan! dholim Anda.

Biasakan Puasa 12 hingga 14 Jam Setiap Hari
Setiap hari? serius nih setiap hari? iya. Beneran? iya. Maksudnya gimana? ini sih biasa, kamu makan paling akhir itu jam 19:00 abis itu stop, makan lagi besok jam 07:00 dan... pas makan jam 7 tadi jangan kalap. Namanya juga baru buka puasa dan itu lagi pas breakfast kan. Kenapa sih namanya breakfast? Break artinya istirahat. Fast artinya puasa. Nah loh, udah faham? Belom. Baeklah, aku jelasin. Breakfast itu secara umum diartikan makan setelah abis istirahat atau puasa. Nah, makanya yang masuk ke perut baiknya sedikit dulu. Karena tubuh baru abis istirahat dia butuh beberapa waktu untuk menormalkan semua kerja tubuh seperti sedia kala.

Variasi Makanan dan Buah

Tran Doan/Pexel

Plis deh jangan makan yang karbo mulu, protein mulu, lemak mulu. Serat noh di ganyang. Mineral noh diserap. Dalam dunia ini banyak Alloh ciptakan berbagai jenis makanan sehat ngga harus daging ke daging frend. Ini aku kasih tau fakta penting ya. Catet!

Manusia punya setidaknya satu setengah kilogram bakteri di pencernaan terutama di usus besar. Dan itu bakteri jahat. Makanya perlu makan sayur dan buah yang tidak hanya tinggi serat tapi juga menghasilkan bakteri baik untuk menyeimbangkan bakteri jahat tadi. Bayangin kalau yang dimakan karbo atau kalori terus seratnya ngga ada, bisa engep loh pencernaan kita.

Buat Catatan Makanan dan Waktunya
Ini penting sebagai alarm agar kita ingat apa yang kita makan hari ini. Dan tidak lupa untuk terus mensyukurinya. Usahakan tidak mengkonsumsi karbo dalam tiap menu makanan. Misalnya, pagi kamu sudah makan nasi. Nah buat catatan. Agar siang dan sorenya ngga lagi makan nasi, karena sudah dipenuhi pagi tadi. Ganti dengan yang lain misalnya kentang rebus, atau buah aja.  

Mencatat juga memudahkan kita untuk tahu jika terjadi sesuatu dalam pencernaan apalagi yang menimbulkan alergi. Seringkan orang alergi seafood. Nah kalau kamu jenis yang alergian. Catatan ini akan memudahkan orang untuk tahu bahwa kamu ngga bisa makan yang menyebabkan alergi kamu kambuh.

Makan Pelan-Pelan
Bukan cuma putus yang mesti pelan-pelan supaya sakitnya ngga nancep banget. Makan juga  gitu. Jangan buru-buru di telan padahal belum dikunyah dengan benar. Makanya aku ngga respek banget sama video-video mukbang itu. Auk ah dimana enaknya makan dalam porsi besar terus makannya buru-buru sampe ngga di kunyah. Itu bahaya loh, bisa bikin saluran pencernaan kamu rusak.

Gula Dikurangi
Hahahha percaya deh kamu udah manis jadi jangan banyak konsumsi gula apalagi gula sintetis yang sering ada dalam minuman kemasan itu. Gula emang dibutuhkan manusai tapi jumlahnya sedikit aja. Kira-kira 5 gr sehari. Bayangin dikitnya gimana. Karena apa? dalam nasi udah ada gula, dalam sayur dan buah juga ada gula. Jadi Kamu ngga perlu gula tambahan lagi. 

Terakhir konsisten sama niat kamu untuk meratakan perutmu dan jangan jadikan ini patokan. Patokannya hanyalah bersyukur pada apa yang udah Alloh beri dan tidak berlebihan dalam menikmatinya. Ingat, masih banyak orang yang kelaparan di luar sana, jadi daripada makananmu kamu nikmati sendiri, lebih baik kamu bagi supaya lebih terasa nikmatnya. 






Tag : kesehatan
Back To Top