Jangan Takut, Ini 5 Makanan yang Ampuh Cegah Kerontokan

Dwina.net - Jangan Takut, Ini 5 Makanan yang Ampuh Cegah Kerontokan

Setelah kemarin kita membahas makanan yang bisa menyebabkan kerontokan tentu  pada deg-deg-an ya. Hadoh gimana ini, mau makan apa? Tenang mak, ada seabrek-abrek makanan yang Alloh sediakan di bumi untuk kita makan. Jika makanan penyebab kerontokan itu hanya segelintir tentu ada banyak makanan lain yang lebih sehat seperti yang selalu dikonsumsi Nabi yaitu kurma.

Bukan hanya kurma loh, di Indonesia aja misalnya banyak sumber makanan mulai dari laut hingga udara bisa kita makan asal jangan berlebihan dan pastikan kehalalannya. Makanan yang baik tidak hanya bisa mencegah kerontokan tapi juga menaikkan mood dan kesehatan tentunya.

Apa saja sih makanan yang bisa mencegah kerontokan? yuk kita cari tau.

Jangan takut, ini 5 makanan yang ampuh cegah kerontokan

Daging merah

Via-Imperia550

Dilansir dari Daily Star bahwa protein diperlukan untuk memproduksi protein pada sel rambut. Daging merah merupakan salah satu protein yang tinggi sebab mengandung Ferritin. Ferritin sendiri umumnya dapat mencegah kerontokan rambut dan memperpendek anagen atau fase pertumbuhan. Jadi kalau ada duit lebih disarankan untuk membeli daging merah setidaknya seminggu dua kali ya.

Aneka kacang-kacangan

Wow_Pho

Ngemil kacang itu enak mak. Senenganku dan mungkin kalian juga ya. Aku inget pas hamil anak pertama sering banget beli kacang kulit buat cemilan. Bukan Cuma kacang kulit aja, almond, pistachio, mente juga dijabanin. Kriuk-kriuk kan mereka. Dan ternyata nyemilin kacang itu baik untuk kesehatan loh. Kacang tinggi protein nabati yang baik untuk pertumbuhan rambut. Selain protein kacang juga kaya magnesium yang berhubungan erat dengan kerontokan. Jadi kalo ngga pingin makin rontok yuk ah jadiin kacang sebagai cemilan sehat.

Sea food

RitaE

Seneng makan sea food kayak cumi, kerang, udang, lobster, udang, atau abalone mungkin. Ternyata makanan laut ini kaya akan selenium loh. Cak focus pada kerang dulu. Kerang adalah satu dari sekian banyak makanan yang kaya akan selenium. Part ini akan membantu tubuh untuk membentuk selenoprotein yang berguna untuk mengatur reproduksi, metabolism, sintesis DNA dan imunitas. So ngga Cuma urusan rambut rontok nih yang bisa di atasi dengan makanan laut. Tapi masalah lain kayak masalah imun juga bisa dibantu. Sebab menurut Business Insider selenium berfungsi untuk menstimulasi folikel rambut agar mendorong pertumbuhan rambut baru.

Sayuran hijau

MB35

Jangan ogah makan sayuran terutama yang berwarna hijau ya kakak… saat ini banyak penyakit aneh yang timbul karena pola makanan masyarakat yang sudah kebanyakan pola. Padahal orang tua-tua kita sudah mengajarkan pola makanan sehat nan hemat dengan apa? Makan secukupnya dan penuhi nutrisinya lewat sayur-sayuran terutama yang berwarna hijau kayak misalnya bayam aja deh. Bayam mudah ditemukan hamper di seluruh wilayah Indonesia kan. Bayam kaya vitamin A dan C kedua vitamin ini baperan eh berperan dalam pembentukan minyak alami rambut dan menjaganya agar tidak mudah patah.

Ikan

ExploreBob

ikan terutama tuna kaya akan kandungan omega 3. Ia baik untuk perkembangan otak dan juga baik untuk pertumbuhan rambut. Omega 3 pada ikan mampu menutrisi batang rambut dan membran sel pada kulit kepala sehingga rambut menjadi sehat. Omega 3 juga menjaga elastisitas rambut dan mencegah kerapuhan rambut akibat pengeringan. Selain tuna, orang dapat memperoleh omega 3 dari salmon, kale, kecambah dan flax seed. Cuma pastiin ya ikan tersebut bebas merkuri sebab kalau mengandung merkuri bukannya sehat malah bisa bikin rambut botak loh.



Back To Top