TIPS CARA MENGUSIR TIKUS


Teman-teman sudah pernah nonton film Rats, itu lho kisah tentang tikus yang gentayangan di seluruh kota dan membunuh manusia. Sudah banyak cara yang dilakukan untuk memusnahkan tikus tapi tak berhasil. Akhirnya tempat sarang tikus itu dibom dan hampir semua tikus-tikus mati. Begitulah sedikit sinopsis film Rats, yang maaf, bintang filmnya saya tidak kenal. Habisnya saya belum kenalan. Hehehe.

Sejarah tikus

Tikus adalah hewan mamalia yang hidup hampir di seluruh dunia. Tikus yang paling banyak populasinya adalah Mencit (mus spp) atau biasa juga dikenal dengan tikur rumah. Selain tikus rumah ada juga beberapa jenis lainnya seperti tikus got, tikus sawah tikus wirok dan celurut. Tikus merupakan hewan yang mudah untuk beradaptasi maka tidak heran bila populasi hewan ini merupakan yang terbesar.

Tikus yang jadi hewan peliharaan

Mencit dulu disebut juga tikus rumah, namun belakangan ini mencit sedikit dibedakan karena ternyata banyak orang yang memelihara mencit. Sebut saja Andik peternak tikus mencit yang berwarna putih. Andik telah mengembangbiakkan tikus putih sejak tahun 2008. Berawal dari keisengannya menjadikan tikus putih sebagai pakan ular peliharaannya. Kini Andik memperoleh sedikitnya 5 juta/bulan dari hasil mengembangbiakkan tikus putih.

Selain Andik ternyata ada juga wanita di China yang menjadikan tikus bambu yang memiliki tubuh hampir sebesar anak anjing sebagai hewan peliharaan. Sei Baihen wanita asal China ini juga secara tidak sengaja menemukan tikus bambu di sekitar rumahnya. Tikus bambu ini kemudian dikembangbiakkan dan ternyata banyak yang menyukainya. Saat ini Sei memiliki sedikitnya 2.000 ekor tikus bambu yang dijual dan sukses menjadi peternak tikus.

Membasmi hama tikus secara alami

Meski ada orang yang memelihara tikus namun kebanyakan tikur yang ada dipersekitaran mengganggu dan membawa penyakit. Itu sebabnya banyak orang pusing bagaimana cara menghalau tikus agar tidak mengganggu dan memakan benda-benda di rumah. Tikus memang memiliki nafsu makan yang besar dan hampir semua benda boleh di makan oleh tikus.

Untuk kali ini saya ingin berbagi tips mengusir tikus, tapi tips berikut bukanlah untuk tikus yang ada di seluruh kota seperti dalam film Rats tersebut. Ini hanya tips atau cara mengusir tikus secara alami. Caranya adalah: siapkan 2 -3 buah mengkudu (Morinda citrifolia L). Potong buah mengkudu menjadi beberapa bagian. Tempatkan dalam wadah berisi potongan mengkudu tersebut di tempat yang kerap dilalui tikus. insyaAllah bau yang menyengat dari buah mengkudu akan membuat tikus pergi dari rumah anda.

Perawatan rumah agar terhindar dari hama tikus
 
Jaga kebersihan rumah dan persekitaran ini mutlak dan tidak dapat di sepelekan. Tikus adalah binatang pengerat ia mampu memakan apa saja yang menarik menurutnya. Sebut saja sabun, plastik, sponge semua bisa dimakannya. Apalagi makanan yang kita makan. Jadi menjaga kebersihan harus dilakukan jika tidak ingin ada tikus di sekitar rumah.

Tag : artikel
12 Komentar untuk "TIPS CARA MENGUSIR TIKUS"

wah kebetulan nih nyari cara ngusir tikus, soale tikus di rumah sudah ndak mempan pake obat

pas banget mbak wina!
dirumah ada 1 ekor tikus yang hobinya marathon. rutenya itu-itu saja. lebih menakutkannya lagi, tikus ini bisa merayap ke dinding dan pintu! seram kan? tapi heni ga berani ngapa-ngapain. soalnya kalo lagi hamil katanya nggak boleh menyiksa hewan. takut kena karma. :'(

wahhhh

thanks infonya,
aku cuba deh...

makasih infonya.... semoga berhasil nih tips

Zzzz!!! Psing mlm" dngar suara tingkah tikus.. Buat kpla sy pusing...
Apa ampuh tuh buang mengkudu buat ngusir tikus???

wah...tips yg boleh dicoba nih!!! kebetulan tetangga ada yg punya pohon mengkudu tuh...boleh minta alias gratis deh!!!!

Lempar buah mengkudunya yang masih mentah, tepat dikepala tikus dengan kecepatanlempar 100m/det.. semoga aja tikusnya pergi dan kapok kembali lagi

wah nais inpoh nih, barrruu ajja saya menyergap tikus masuk kerumah saya, tapi apa daya, saya jijik dengan beliau, males malem-malem berantem sama tikus ..

boleh dicoba, but apa yang pasang juga ndak ikut-ikutan pergi. Abis bau mengkudu kan betul betul menyengat????

harus dicoba nich, i hate mouse

Back To Top