TIPS CARA MENGUSIR TIKUS


Teman-teman sudah pernah nonton film Rats, itu lho kisah tentang tikus yang gentayangan di seluruh kota dan membunuh manusia. Sudah banyak cara yang dilakukan untuk memusnahkan tikus tapi tak berhasil. Akhirnya tempat sarang tikus itu dibom dan hampir semua tikus-tikus mati. Begitulah sedikit sinopsis film Rats, yang maaf, bintang filmnya saya tidak kenal. Habisnya saya belum kenalan. Hehehe.

Sejarah tikus

Tikus adalah hewan mamalia yang hidup hampir di seluruh dunia. Tikus yang paling banyak populasinya adalah Mencit (mus spp) atau biasa juga dikenal dengan tikur rumah. Selain tikus rumah ada juga beberapa jenis lainnya seperti tikus got, tikus sawah tikus wirok dan celurut. Tikus merupakan hewan yang mudah untuk beradaptasi maka tidak heran bila populasi hewan ini merupakan yang terbesar.

Tikus yang jadi hewan peliharaan

Mencit dulu disebut juga tikus rumah, namun belakangan ini mencit sedikit dibedakan karena ternyata banyak orang yang memelihara mencit. Sebut saja Andik peternak tikus mencit yang berwarna putih. Andik telah mengembangbiakkan tikus putih sejak tahun 2008. Berawal dari keisengannya menjadikan tikus putih sebagai pakan ular peliharaannya. Kini Andik memperoleh sedikitnya 5 juta/bulan dari hasil mengembangbiakkan tikus putih.

Selain Andik ternyata ada juga wanita di China yang menjadikan tikus bambu yang memiliki tubuh hampir sebesar anak anjing sebagai hewan peliharaan. Sei Baihen wanita asal China ini juga secara tidak sengaja menemukan tikus bambu di sekitar rumahnya. Tikus bambu ini kemudian dikembangbiakkan dan ternyata banyak yang menyukainya. Saat ini Sei memiliki sedikitnya 2.000 ekor tikus bambu yang dijual dan sukses menjadi peternak tikus.

Membasmi hama tikus secara alami

Meski ada orang yang memelihara tikus namun kebanyakan tikur yang ada dipersekitaran mengganggu dan membawa penyakit. Itu sebabnya banyak orang pusing bagaimana cara menghalau tikus agar tidak mengganggu dan memakan benda-benda di rumah. Tikus memang memiliki nafsu makan yang besar dan hampir semua benda boleh di makan oleh tikus.

Untuk kali ini saya ingin berbagi tips mengusir tikus, tapi tips berikut bukanlah untuk tikus yang ada di seluruh kota seperti dalam film Rats tersebut. Ini hanya tips atau cara mengusir tikus secara alami. Caranya adalah: siapkan 2 -3 buah mengkudu (Morinda citrifolia L). Potong buah mengkudu menjadi beberapa bagian. Tempatkan dalam wadah berisi potongan mengkudu tersebut di tempat yang kerap dilalui tikus. insyaAllah bau yang menyengat dari buah mengkudu akan membuat tikus pergi dari rumah anda.

Perawatan rumah agar terhindar dari hama tikus
 
Jaga kebersihan rumah dan persekitaran ini mutlak dan tidak dapat di sepelekan. Tikus adalah binatang pengerat ia mampu memakan apa saja yang menarik menurutnya. Sebut saja sabun, plastik, sponge semua bisa dimakannya. Apalagi makanan yang kita makan. Jadi menjaga kebersihan harus dilakukan jika tidak ingin ada tikus di sekitar rumah.

Tag : artikel
Back To Top