8 Penulis Bergenre Romantis Indonesia

Para pencinta novel tentu memiliki ketertatirikan tersendiri dalam memilih genre yang ingin dibaca. Khususnya cerita fiksi, ada banyak jenis novel yang terbit untuk memenuhi kebutuhan pembaca seperti bergenre thriller, horror, action, humor dan romance.

Salah satu genre novel yang laris manis di pasaran adalah bertema romantis. Dengan mengedepankan cerita yang sering dialami dalam kehidupan sehari-hari, maka setiap karakter di dalam novel terasa begitu hidup.

Indonesia juga memiliki nama-nama penulis bergenre romance yang terkenal. Beberapa karya bahkan sudah difilmkan dan mendapat sambutan yang baik dimasyarakat. Lantas siapa saja penulis Indonesia yang selalu mengangkat tema cinta dalam tiap karyanya? Berikut 8 penulis bergenre romantis. 

Bernard batubara
Pria kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat ini telah menerbitkan karya pertamanya sejak tahun 2007 dalam bentuk puisi dan cerita pendek. Karyanya terbit di majalah budaya, surat kabar local dan nasional. Selain itu ada juga yang dimuat dalam bentuk antologi bersama para penulis lainnya. Pria yang disapa Bara ini juga mendirikan kelas menulis yang bernama kopdar fiksi di Yogyakarta. Selain itu beliau juga aktif memenuhi acara penulisan kreatif di kampus dan komunitas penulis pemula. Novel Jika Aku MIlikmu yang rilis pada tahun 2015 ini adalah novelnya yang keempat sekaligus bukunya yang ke delapan.

Karya Bernard Batubara: 
Angsa-angsa ketapang
Radio galau fm
Kata hati
Milana
Cinta
Surat untuk ruth
Jatuh cinta adalah cara terbaik untuk bunuh diri
Jika aku milikmu



Christian simamora 
Tokoh pria romantic dengan nama depan selalu berawalan huruf J digambarkan adalah sosok yang pria sejati yang mampu meluluhkan hati wanita. Tidak hanya tokoh wanita dalam novel itu yang luluh, para penggemarpun dibuat termehek-mehek dan mendambakan sosok J dalam kehidupan cinta nyata. Sebenarnya kisah cinta yang dituangkan Chirstian dalam novelnya adalah kisah cinta yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti suka pada sahabat, jatuh cinta diam-diam dan benci jadi cinta. Kekuatannya adalah gaya bahasa yang asyik dan kebanyakan didukung oleh adegan-adegan dewasa yang cukup panas.

Karya Christian Simamora: 
All you can eat
Pillow talk
Good fight
Guilty pleasure
With you- Cinderella rockafella
Come on over
As seen on tv
Meet lame


Ilana Tan 
Sejak menerbitkan novel pertamanya pada tahun 2006 tidak banyak orang yang tau bagaimana sosok asli dari penulis yang karyanya selalu jadi best seller ini. Ilana Tan seolah hanya mau dikenal sebagai penulis lewat karya-karyanya. Beliau tidak pernah berminat dirinya dipublis di media cetak atau elektronik manapun. Sosoknya yang misterius justru menjadi daya tarik tersendiri dan membuat pembaca tidak sabar menanti novel dengan tema romantic yang selalu disuguhnya lewat tangan dinginnya.

Karya liana tan: 
Summer In Seoul
Autumn In Paris
Winter In Tokyo
Spring In London
Sunshine Becomes You
Autumn Once More
In A Blue Moon
Season to Remember: A Journal From 4 Seasons Tetralogy



Winna effendi 
Salah satu ciri khas winna effendi adalah kisah cinta yang diuji dengan waktu. Kesabaran dan cobaan dalam menjalani cinta jarak jauh atau cinta yang berawal sejak remaja membuat pembaca seperti tertarik dalam lingkaran waktu penantian akan akhir dari kisah cinta yang cukup menguras kesabaran dan air mata. Novel terbarunya refrain bahkan sukses membawa karyanya ke layar lebar dan menjadi best seller.

Karya Winna Effendi: 
Happily ever after
Unbelievable (glam girls series)
Tomodachi Unforgettable T
Truth or dare
Ai: cinta tak pernah lelah menanti
Melbourne-rewind
Remember when
Refrain
Girls meet boy


Windry ramadhina 
Penulis ini sudah lama malang melintang di dunia tulis menulis. Genre romance yang sederhana namun sanggup membuat banyak pembaca langsung jatuh hati. Novel terbarunya orange juga bergenre romantic. Banyak yang mengira novel ini sarat akan lakon sesualitas namun ternyata pembaca keliru. Justru di dalam novel terbarunya windry membawa pembaca menuju cinta yang sederhana namun bermakna.

Karya Windry Ramadhina:
Orange
Metropolis
Memori Montase
London angel
Everlasting love Interlude
Walking after you

Rhein fathia 
Wanita berrasi Gemini ini karyanya banyak diminati oleh penggemar novel romantic khususnya para remaja. Selain sebagai penulis Rhein juga seorang editor lepas memiliki hobi backpacker. Meskipun moody namun novel-novelnya sukses membawa emosi pembaca dalam kisah cinta yang nan romantic. Bagi anda yang ingin kenal lebih dekat denga penulis dapat mengunjungi websitenya di www.rheinfathia.com.

Karya Rhein Fathia:
Jadian 6 Bulan
Miss Right Where Are You
Jatuh Cinta Tiap Hari
Jalan Menuju Cinta-Mu
CoupL(ov)e
Seven Days
Gloomy Gift
Dansa masa lalu

Ika natassa 
Daya tarik dari novel Ika Natassa adalah beliau mampu mengangkat kehidupan seorang banker dalam tiap novelnya yang kesemuanya terbilang sukses di pasar buku nasional. Tokoh banker mampu meniupkan ruh yang kuat sehingga pembaca akan selalu teringat pada novel-novelnya meskipun sedang membaca novel lain dengan tema banker.

Hal ini sangat sulit mengingat pembentukan tokoh yang monoton dikhawatirkan dapat membuat pembaca menjadi bosan namun Ika Natassa dapat mematahkan image itu dengan menjadikan novelnya sebagai best seller dan dicintai penggemar. Untuk membuat tokoh utama di dalam novelnya seperti benar-benar hidup, Ika sengaja membuat akun twitter untuk mereka sehingga pembaca seolah-olah merasa bahwa tokoh fiksi dalam novelnya seperti hidup dan dapat berinteraksi.

Karya Ika Natassa:
A Very Yuppy Wedding
Divortiare
Antologi Rasa
Twivortiare
Autumn once more
Critical eleven
Twivortiare 2
Underground
This notebook is my bitch
Perempuan dalam cerita


Lia Indra Andriana 
Beliau adalah seorang penulis yang sudah melahirkan lebih dari 20 karya. Sebagian besar karyanya, berhubungan dengan Negeri Ginseng, Korea Selatan. Penulis yang mulai menerbitkan karyanya sejak tahun 2006 ini, bukan hanya menulis novel, tetapi juga buku non-fiksi. Bahkan salah satu novel yang ditulisnya bersama Orizuka : Oppa & I, menjadi Best Seller.

Karya Lia Indra Andriana:
My Cousin is gay
Pretend to be nice
Benang jodoh
The Secret seoul
Cinderella
Sven
Ga gi gu Gigi (non fiksi)
Marrying aids
Gokil boy/girl (non fiksi)
Dentistory (non fiksi)
SeoulMate
Khokkiri bubble
Love seoulVivor (nonfiksi)
Oppa & I
SeoulMate is you
Oppa&I Love missions
(Not) Alone in Otherland (non fiksi)
Paper romance
Good memories
Oppa & I: Love Signs

0 Komentar untuk "8 Penulis Bergenre Romantis Indonesia"
Back To Top