Perlombaan Perahu di Selat Baru Bengkalis

Pasirnya memang ngga putih tapi lembut banget

Seru-seruan di pantai emang asik loh apalagi bareng sama keluarga, teman atau pasangan. Selain itu bisa ngilangin stress juga, tapi tetep aja ngga bisa ngilangin beban hidup apalagi yang berkaitan dengan utang. Yup, utang mah cara ngilanginnya cuma satu, bayar. Titik. Curcol ni yee...

Yah, tapi beneran loh guys, bulan lalu saya dan keluarga liburan ke Selat Baru Bengkalis, Riau. Liburan ngga pake rencana ternyata asik juga. Karena sensasi dadakan trus diburu-buru waktu itu berasssahh banget. Jadi ya gitu deh, baju-baju asal comot aja. Padahal kita udah tau nih tempat yang dituju adalah pantai. Bukannya bawa bikini, eh malah bawa jeans. Hahahah bikini oh bikini (sok, padahal ngga punya).

Perjalanan ke Bengkalis mamakan waktu lebih kurang 6 jam pake macet-macet dikit. Trus nyampe ke wisma kami langsung bocan (bobo cantik) abis penat sih, berangkat jam 5 sore nyampenya jam 11, udah malem banget, ngga enak juga kalo masih keluyuran diluar. Mending tarik selimut :).

Besok paginya selesai sarapan, kamipun cus ke pantai Selat Baru, tempat dimana diadakannya pesta pantai sekaligus lomba perahu yang diikuti oleh hampir seluruh warga Bengkalis. Seruuuuuuu (u nya banyak tanda emang bener). Cuaca siang itu sangat mendukung sekali, ngga terlalu panas, berangin dan pasir pantainya yang lembut banget.

Eh, selain lomba perahu ada juga loh tari-tarian yang dibawakan oleh penduduk asli Bengkalis. Tarian ini melambangkan bahwa masyarakat Bengkalis sebagian besar adalah nelayan, jadi tariannya berhubungan dengan perahu. Ritual pelepasan perahu ke laut ini diikuti oleh tokoh masyarakat, pemerintah daerah dan warga sekitar. Perahu yang sudah dihias sedemikian rupa di lepaskan kelaut, harapannya semoga hasil ikan tahun ini melimpah.

Puluhan perahu yang siap membelah lautan
Dan... tibalah acara lomba perahu yang sudah ditunggu-tunggu. Puluhan perahu berjejer rapi menunggu giliran untuk meluncur dengan gemulai di lautan. Saya sendiri ngga ngerti kenapa perahu mungil-mungil ini bisa begitu landai mengikuti arus laut dan kembali pada tuannya. Yang jelas perlombaan ini sangat semarak dan kita bisa numpang nampang juga.

Nun diujung sana puluhan perahu bersahabat dengan laut
Menjelang sore matahari baru terasa benar-benar panas dan kamipun cengar-cengir menahan panas. Anakku sendiri sampe keringetan. Karena semua sudah lelah kamipun balik ke wisma, sorenya langsung balik lagi ke Pekanbaru. Wah, liburan singkat nan menyenangkan. Semoga lain waktu ada kesempatan ke Selat Baru Bengkalis lagi.
Tag : Jalan-jalan
1 Komentar untuk "Perlombaan Perahu di Selat Baru Bengkalis"

pasirnya gak putih gak apa-apa mbak yang penting bersih

Back To Top