Bagaimana Cara Mengolah Nasi Yang Enak?


Nasi, wow.. jadi laper nggak yah? Kalau iya, kita berhenti dulu ya. Ambil piring, tangkupkan nasi dan sambel terasi sip. Nasi memang menjadi makanan pokok hampir seluruh rakyat di Indonesia dan juga negara-negara lain khususnya wilayah Asia. Nasi sendiri terdiri dari beberapa jenis tergantung dari berasnya. Ada nasi putih, nasih merah dan nasi hitam. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengolah nasi agar lebih pulen, enak dan sehat.

1. Ketahui jenis beras yang akan dimasak

Belakangan ini banyak pemberitaan yang menyebutkan kalau beras kita sudah dioplos dengan besar plastik. Wah kudu diperhatikan kalau begitu ya. Cek beras yang akan dimasak terutama saat pencucian. Nasi yang asli jika dicuci airnya akan keruh dan berwarna seperti air susu. Jika beras direndam dalam waktu 5-10 menit saja, maka nasi akan terlihat mengembang ini menandakan air meresap dengan baik pada beras. Nasi yang asli memerlukan 2-3 kali mencucian agar terlihat bersih. Berbeda dengan besar plastik yang mempunyai air sangat jernih sehingga terlihat cepat bersih.

2. Pelajari ukuran air dalam pemasakan nasi

Beda beras beda banyaknya air yang diperlukan untuk memasaknya. Untuk mengetahuinya cek dulu ketika memasak pertama kali. Ukuran umum yang digunakan untuk memberi air biasanya 2 ruas jari namun bisa jadi ketika kita membeli, kita mendapat beras yang sudah lama, jadi memerlukan air yang lebih banyak dalam pemasakannya.

3. Nasi untuk digoreng

Untuk membuat nasi goreng, gunakan beras yang tidak terlalu pulen agar nasi yang dihasilkan tidak menggumpal dan lengket. Nasi yang sudah diinapkan semalaman lebih baik untuk digoreng dari pada nasi yang baru dimasak karena masih terlalu lembut, untuk menetralkannya gunakan minyak goreng untuk mengaroni.

4. Gunakan daging matang

Masih untuk nasi goreng, jika ingin menambahkan daging mentah pada nasi goreng pastikan daging matang terlebih dahulu baru masukkan nasi. Namun akan lebih baik jika daging dimasak berasingan agar nasi tidak berbau amis.

5. Penambahan terasi pada nasi goreng

Lembutkan terasi mentah bersama bumbu halus karena setelah ditumis aroma terasi akan lebih menguar, dianjurkan untuk tidak membakar terasi ini akan menyebabkan aroma terasi hilang akibat dibakar.

6. Masukkan daun jeruk purut atau serai untuk menambah aroma pada nasi

Dengan memasukkan satu lembar daun jeruk purut atau satu batang serai akan membuat nasi lebih beraroma ketika dimakan dan tentunya akan menambah selera kamu ya.  Selamat mencoba ;)



1 Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengolah Nasi Yang Enak?"

wahh baru tahu looh ttg penambahan daun jeruk perut atau serai, klo pandan siihh iyah udah tahu.. tapi rasanya gmana tuh Mbak wangi serai kan lumayan tajam :D

Back To Top