Manfaat Luar Biasa dari Warna Warni Bunga Krisan



Bunga Krisan atau bernama latin Chrysanthemum morifolium memang sudah sering dijumpai. Bunga yang berasal dari Jepang dan Tiongkok ini memiliki bentuk kelopak bunga yang berlapis-lapis dengan warna beraneka ragam. Tembat tumbuh yang sesuai untuk bunga ini adalah dataran tinggi dan berhawa sejuk.
Bunga yang sering disebut Seruni ini juga tidak mudah layu dan tidak memiliki keharuman yang tajam seperti melati. Biasanya digunakan sebagai tanaman hias dan dekorasi pesta. Bentuk bunganya yang beraneka ragam, memang menjadi pilihan yang tepat untuk mempercantik ruangan.

Namun manfaat bunga krisan tidak sampai disitu. Ternyata bunga ini juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah dengan jenis bunga lainnya di Indonesia. Tidak hanya memperindah tampilan ruangan, krisan bahkan bisa menjadi pengusir serangga dan berkhasiat medis. Seperti apa manfaatnya? Berikut ulasannya

  • Bunga krisan untuk pengusir serangga
Didalam bunga krisan terdapat zat yang disebut PIRETRIN yaitu zat yang dapat mengendalikan serangga seperti nyamuk, kutu ternak dan lalat namun kurang efektif untuk membunuh kecoa dan semut. Senyawa piretrin ini dapat bekerja dengan baik jika sudah berbentuk cairan atau bubuk. Cara mengolahnya yaitu: kumpulkan bunga, daun dan batang krisan sebanyak 250gram kemudian jemur hingga kering selama 1-2 hari di cuaca panas. Setelah itu hancurkan bunga kering ini hingga menjadi bubuk kemudian campur dengan air. Perbandingannya adalah 20 gram bubuk bunga dengan 10 liter air. 

Masukkan larutan bunga krisan kedalam botol kemudian semprotkan pada ruangan atau tempat-tempat yang banyak serangga seperti nyamuk. Dalam hitungan 30 menit nyamuk akan sempoyongan kemudian pingsan. Penyemprotan dapat diulang 10 menit setelah  pertama akan mampu membuat nyamuk benar-benar mati. Penelitian ini dilakukan pada ruangan yang berisi nyamuk aides aygepti. Hasilnya nyamuk benar-benar mati dalam waktu lebih kurang 30 menit.

Senyawa piretrin ini juga memiliki efek samping yang ringan bagi manusia. Jika kulit terkena cairan piretrin yang terjadi adalah rasa gatal, iritasi kulit dan alergi ringan. Kondisi ini dapat hilang dengan cara membasuh kulit dengan air bersih selama 2 menit. Jika tertelan daya racun piretrin juga tergolong sangat rendah karena tidak langsung bereaksi pada saluran pernafasan dan pencernaan manusia. Jika sudah sampai ke lambung maka racun ini akan cepat dinetralisir oleh lambung. Oleh sebab itu penggunaan bunga krisan dianggap sebagai pembasmi serangga yang ramah lingkungan. Karena berefek buruk bagi serangga namun tidak menyebabkan keracunan pada manusia.

  • Manfaat teh bunga krisan bagi kesehatan: 
Ekstrak bunga krisan biasanya diproduksi oleh pabrik teh. Manfaat teh bunga krisan salah satunya untuk meredakan flu dan sakit kepala ringan. Teh bunga krisan berwarna kuning keemasan karena kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan vitamin B yang terdapat pada bunga chrysant membantu metabolism lemak, folacin yang diperlukan oleh system saraf dan saluran pencernaan. Bunga krisan tidak mengandung kafein sehingga tidak menimbulkan gejala seperti jantung berdebar, mual dan lemas. Minumlah teh bunga krisan secara teratur untuk mendapatkan manfaat vitamin C, B, kalsium, magnesium dan mineral yang terdapat didalamnya. 
  • Manfaat bunga krisan sebagai pengobatan terhadap beberapa penyakit kulit seperti:
1. Pembengkakan sudut mata

2. Jerawat
3. Bisul.
Cara pengolahannya yaitu: ambil dua tangkai bunga chrysant cuci bersih lalu di tumbuk hingga halus. Setelah itu peras sari pati airnya. Kemudian gunakan kain kassa untuk mengompres bagian-bagian tubuh yang sakit tadi selama 5 menit sampai benar-benar sembuh.

  •  Manfaat bunga krisan sebagai pengobatan penyakit dalam seperti:
1. Pereda batuk brochitis
2. Difteri
3. Sakit tenggorokan:
Gunakan 15 – 30 gram bubuk bunga krisan kemudian rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 300 cc. Tunggu hingga hangat kuku lalu minum 3 kali sehari dengan ukuran 100 cc dalam sekali minum. Bubuk bunga krisan dapat dibeli di toko-toko penjualan bahan herbal. Untuk difteri gunakan campuran 1 buah mengkudu yang diiris tipis ketika merebus teh. 

  • Manfaat bunga krisan untuk mengatasi masalah kewanitaan seperti: 
1. Keputihan
2. Bau tidak sedap
3. Gatal pada daerah kewanitaan
Ambil 10 gr herba krisan, 10 gr sambiloto, 10 gr daun jambu biji semua bahan ini dalam keadaaan benar-benar kering. Kemudian rebus bersama 600 cc air hingga menjadi 300 cc. Gunakan untuk mencuci daerah kewanitaan dan sebagai air tambahan untuk mandi. Selain itu jaga selalu kebersihan daerah kewanitaan dengan baik agar bakteri penyebab keputihan tidak hidup didalamnya.

  • Manfaat daun krisan untuk lelaki
Daun krisan dapat mengatasi rasa gatal pada buah zakar:
Caranya ambil 100 – 200 gr daun bunga krisan kemudian rebus dengan air secukupnya. Gunakan handuk untuk mengopres buah zakar yang gatal selagi air rebusan masih hangat secara teratur sampai rasa gatal benar-benar hilang.
Tag : Tanaman
1 Komentar untuk "Manfaat Luar Biasa dari Warna Warni Bunga Krisan"

selain cantik juga bermanfaat ya bunganya

Back To Top