Kenali Teh Lebih Jauh

Ketika pagi menjemput, dan kokok ayam menghancurkan mimpiku ada hal yang jarang sekali aku lewatkan yaitu minum teh (camellia sinensis). Setelah melakukan kewajiban menghadap Tuhan kegiatan selanjutnya adalah kedapur dan menyeduh segelas teh hangat. Tidak ada yang lebih nikmat selain memulai hari dengan secangkir teh dipagi hari.

Sebagai penggemar teh tentu aku ingin tau, apasih manfaat dari teh ini, dan mulailah diriku membongkar arsip di internet tentang khasiat dari segelas teh.

Minuman teh yang selama ini aku gemari ternyata memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Selain rasanya yang enak, ia juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:
- Menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat),
- Menurunkan resiko penyakit kanker,
- Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular,
- Mencegah serangan stroke,
- Menurunkan berat badan, serta meningkatkan stamina.

Kualitas terbaik daun teh berada pada 3 pucuk daun pertama, di mana bahan baku diambil dari 3 daun teratas, yang dipetik tepat pada waktunya, yaitu pada saat tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua dan khasiat teh berada pada komponen bioaktif yang secara optimal terkandung dalam daun teh yang muda dan utuh. Komponen dalam daun teh yang bermanfaat bagi kesehatan adalah senyawa polifenol merupakan sumber antioksidan sebagai unsur yang paling potensial dalam menangkal radikal bebas.

Menurut Prof. Dede Kusmana, seorang Guru Besar Kardiologi dan juga Ketua Tea Lover's Indonesia, bahwa dengan mengkonsumsi teh secara kontinyu justru memberikan efek yang signifikan bagi kesehatan. Senyawa katekin dan theaflavin pada minuman teh menjadi sumber antioksidan kuat yang efektif menurunkan kadar kolesterol LDL, menurunkan kadar Lpa (factor thrombosis), dan menekan proses pembekuan darah yang menjadi pemicu serangan jantung dan stroke.

Ada satu lagi nih, selain rasa yang menyegarkan,ternyata ada dua bonus keistimewaan yang bisa didapat dalam secangkir teh, yaitu sehat dan awet muda.So, Enjoy your tea moment!

Sumber:
Wikipedia Indonesia
Info Sehat www.kapanlagi.com

Tag : iseng
Back To Top