Cara Memasak Ayam Goreng Bumbu Khas Minangkabau

Dwina.net - Ayam salah satu bahan makanan yang bisa diolah jadi apaaaa aja jenis masakan. Dari mulai yang paling mudah sop ayam. Kayaknya ibu-ibu udah pada pinter masak sop ayam kan. Tinggal rebus ayam sampai keluar kaldunya, masukin wortel, daun bawang/seledri, bumbu sop dan tabur bawang goreng. Eh, jangan lupa garam dan penyedapnya. Udah jadi deh.

Ada lagi nih resep masak ayam yang mudah banget ayam goreng bumbu. Ayam goreng bumbu sekarang juga banyak macamnya ya. Ada ayam goreng krispy ada ayam goreng tepung dan ada ayam goreng bumbu. 

Ibu-ibu harus tahu ayam goreng bumbu juga ada beberapa jenis. Kali ini Kita bahas tentang resep ayam bumbu khas Minangkabau yuk.

Minangkabau atau lebih populer di kenal orang dengan kota Padang memiliki ciri masakan yang berbeda. Salah satu kota di Sumatera ini memang terkenal dengan kulinernya yang punya cita rasa tersendiri. Buktikan saja, dimanapun kalian pergi pasti ada restoran padang. Padahal kalau kalian main-main ke SumBar ngga ada tuh nama restoran padang. Yang ada restoran Mandeh, Pang Jangguik, Kasih Uda dan lain-lain. Lah.... restoran padangnya dimana?

Hahahah ini yang unik dari masyarakat SumBar. Jika mereka keluar dari kotanya dan membuka restoran di kota tersebut mereka akan memberi nama tetap membawa ciri daerahnya. Semacam pengingat atau pengobat kangen gitulah. Dan secara marketing orang akan lebih mengenal SumBar lewat nama restoran ini. Makanya dimanapun kalian pergi pasti ada nama Restoran Padang.

Oke, itu sekilas tentang nama restoran padang. Lalu apa yang istimewa dari ayam goreng khas minangkabau? apa beda dengan yang lain. Yup, beda dong. Kalau sama aja ya ngga bakal diulas di sini kan. Ciri ayam goreng khas Minangkabau menggunakan kelapa sebagai pengganti bumbunya. Loh, kok kelapa? iya. Ya udah daripada bingung ini Saya kasih resepnya.

ayam goreng bumbu
pergikulinera.com

Bahan resep memasak ayam goreng:
1 ekor ayam
500 ml air. Lebih baik air kaldu ayam.
 
Resep bumbu untuk ungkep ayam.
3 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
1 potong jahe
1 sachet kaldu ayam bubuk
1 sdt garam halus.

Resep bumbu tabur ayam goreng.
1 rimpang lengkuas
1 sdt ketumbar
1/2 butir kelapa parut.

Resep memasak ayam goreng:
  1. Cuci bersih ayam. Potong seukuran ayam goreng artinya tidak terlalu kecil ya.
  2. Haluskan bumbu ungkep lalu ungkep bersama ayam sampai matang.
  3. Haluskan bumbu tabur ayam masak dengan api sedang sampai setengah kering. 
  4. Aduk-aduk bumbu tabursan jangan sampai menggumpal.
  5. Goreng bumbu taburang dengan api sedang gunakan wajan anti lengket setelah matang angkat dan tiriskan.
  6. Goreng ayam dengan api sedang.
  7. Setelah matang taburi dengan bumbu tabur tadi lalu sajikan.

Back To Top