Cara Menjaga Kesehatan Indera Penglihatan

Dwina.net - Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting fungsinya bagi tubuh kita. Mata menjadi indera penglihatan yang diberikan tuhan untuk membuat manusia bisa menikmati keindahan alam dunia. Sayang sekali jika indera penglihatan ini tidak sehat dan berkurang kesehatannya. 

Mata yang sehat akan menimbulkan berbagai penyakit mulai dari penyakit yang tidak serius sampai penyakit mata yang sudah parah seperti kebutaan atau katarak. Penyakit mata yang lainnya yaitu seperti rabun jauh, silindris dan juga rabun dekat. 

Sebelum mata Anda berkurang kesehatannya, lebih baik Anda mencegah kerusakan pada mata. Banyak sekali hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit mata, mulai dari yang sederhana sampai yang membutuhkan banyak biaya. Dengan menerapkan rutinitas sederhana, Anda bisa mencegah terjadinya penyakit mata. 

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan yaitu lamanya penggunaan indera penglihatan Anda tiap harinya. Mata merupakan salah satu organ yang harus dibatasi penggunaannya. Tidur merupakan salah satu solusi untuk mengistirahatkan berbagai organ tubuh termasuk mata. 

mata cantik

Istirahatkan mata secara teratur meski sedang saat sibuk
Mata juga butuh istirahat seperti organ tubuh yang lainnya, maka dari itu tips menjaga kesehatan mata satu ini sangat penting. Jika mata Anda tidak diistirahatkan, maka lama kelamaan kualitas penglihatan Anda akan berkurang. Seringkali mata Anda akan memerah karena tidak diistirahatkan setelah digunakan terlalu lama. 

Mata merah juga bisa disebabkan hal yang lebih khusus lainnya seperti terkena polusi dan asap. Maka dari itu, lebih baik Anda menghindari sebisa mungkin penggunaan mata pada areal yang penuh dengan asap, debu dan juga polusi. Dengan tips menjaga kesehatan mata tersebut, maka mata Anda akan lebih bersih dan sehat.

Alihkan mata dari layar HP atau TV setiap 30 menit
Ada satu hal yang menjadi faktor utama penglihatan seseorang berkurang sekarang ini. Faktor tersebut yaitu melihat layar terlalu lama dan terlalu terang. Sekarang ini, tentunya hampir semua orang melihat layar baik itu layar smartphone, layar TV, layar laptop ataupun layar komputer. Hal tersebut memang sudah tidak bisa dihindari lagi. Untuk tips menjaga kesehatan mata kali ini, Anda hanya perlu mengurangi intensitas pemakaian gadget tersebut. Dengan tips menjaga kesehatan mata tersebut, maka Anda dapat menjaga kesehatan mata Anda. 

Gunakan fitur eye protection untuk melindungi mata
Layar pada gadget dan layar lainnya mengandung sinar UV dan sinar lain yang membahayakan kesehatan mata Anda. Sekarang ini, sudah banyak gadget yang menyediakan fitur perlindungan layar. Fitur tersebut membuat pancaran layar tidak terlalu parah yaitu dengan penurunan intensitas kecerahan, kontras dan sebagainya. 

Banyak juga aplikasi yang menerapkan fitur mode eye protection tersebut. Tetapi akan lebih aman jika Anda tetap mengurangi penggunaan gadget yang berhubungan dengan mata. Dengan tips menjaga kesehatan mata ini, maka mata Anda akan lebih sehat dan tidak mudah capek.

Atur jarak antara mata dengan layar HP atau TV
Tidak hanya sering melihat layar saja, melihat suatu objek yang dekat juga bisa membuat mata Anda tidak sehat bahkan bisa saja berujung rabun. Seringkali orang-orang melihat layar TV pada jarak yang dekat terutama para anak kecil yang belum mengetahui edukasi tentang tips menjaga kesehatan mata. Maka dari itu, bagi para orang tua harus selalu mengingatkan anak-anaknya supaya tidak menonton TV, Laptop, PS dan gadget lainnya pada jarak yang terlalu dekat. Tidak hanya melihat gadget saja, seringkali orang-orang membaca buku pada jarak pandang yang dekat sembari tidur. Hal tersebut juga harus dihindari untuk dapat menjaga kesehatan mata.

So, yuk jaga kesehatan mata
Tag : kesehatan
Back To Top