Tips Mudah Atasi Berat Badan Yang Berlebih

Dwina.net - Berat badan seseorang yang berlebih atau biasa disebut dengan obesitas merupakan hal yang harus segera dihindari sejak kita muda. Hal tersebut karena pada saat tua nanti, akan banyak penyakit yang bisa menyerang. Selain tidak baik untuk kesehatan, kelebihan berat juga membuat penampilan kita tidak menarik. 

Banyak faktor penyebab obesitas namun yang paling sering terjadi karena pola makan yang berlebihan. Ini logika banget kan. Banyak makan bikin gemuk. Kurangi makan maka berat badan stabil. Udah gitu aja.

Sebagai muslim kita sudah familiar dengan puasa. Ternyata pola makan saat puasa ini bisa menurunkan berat badan loh. Kenapa? karena waktu yang tepat untuk mengonsumsi banyak makanan adalah pada saat waktu shubuh atau saat pagi hari. Biar ngga bingung yuk simak Tips Mudah Atasi Berat Badan yang Berlebih

berat badan
pixabay
Lebih baik makan banyak pagi hari daripada malam
Pada waktu subuh atau pagi hari Kamu bebas mengonsumsi makanan tetapi dengan syarat tidak tidur lagi setelah mengonsumsi makanan tersebut. Karena makanan yang dikonsumsi pada saat pagi hari tersebut harus digunakan pada berbagai kegiatan. So, bebas-bebas aja untuk mengonsumsi banyak makanan sehat pada saat pagi hari.

Atur jam makan dengan waktu tidur
Lebih baik Anda mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Anda harus mengonsumsi makanan tersebut setidaknya 4 jam sebelum Anda tidur. Hal tersebut berguna supaya makanan tersebut bisa digunakan pada beberapa kegiatan sebelum Anda tidur terlelap.

Jika Anda mengonsumsi makanan pada waktu yang dekat dengan waktu tidur, maka ada beberapa makanan yang tidak terolah menjadi energi sehingga akan tertimbun menjadi lemak. Maka dari itu, lebih baik Anda makan malam lebih awal seperti pada waktu magrib atau jam 6/ jam 7. 

berat badan
rawpixel
Perhatikan jenis makanan yang akan masuk ke perut kamu
Disamping itu, Anda juga harus mengatur jenis makanan yang akan dikonsumsi. Tidak hanya mengatur makanan yang sehat saja, tetapi minuman juga harus diatur. Pantangan minuman untuk Anda yang tidak ingin berat badan Anda berlebih yaitu salah satunya minuman dengan kadar gula yang tinggi. Minuman soda merupakan salah satunya minuman dengan gula yang sangat tinggi. Anda jangan sampai meminum minuman soda ini jika ingin berat badan yang ideal.

berat badan
stevepb
Olah raga wajib!
Selain mengatur konsumsi makanan dan minuman, Anda juga bisa memulai latihan kardiovaskular. Dengan latihan tersebut, maka dapat menyediakan kadar oksigen lebih ke metabolisme tubuh Anda. Manfaat dari tips mengurangi berat badan yang berlebih satu ini bisa juga membantu proses tubuh dalam membakar kalori. 

Disamping itu, dengan melakukan latihan aerobik dapat juga mendorong tubuh Anda dalam peningkatan metabolisme tubuh. Akan lebih baik untuk Anda melakukan olahraga seperti olahraga/ latihan cardio pada durasi ideal yaitu sekitar 30 menitan atau 45 menitan. Lakukan tips mengurangi berat badan yang berlebih satu ini sekitar tiga atau empat kali tiap minggunya. Jika Anda melakukan latihan ini lebih, tentunya akan semakin baik.

Selain latihan kardiovaskular, ada tips mengurangi berat badan yang berlebih lainnya yaitu dengan mengangkat beban. Mungkin tips kali ini dirasa sepele, tetapi manfaat yang didapat cukup besar. Berolahraga dengan memakai beban akan menginduksi otot bagian perut untuk lebih bekerja keras. 

Dengan olahraga beban seperti olahraga angkat beban dada, latihan pull down, squats free weight, dumbbell rows, dan latihan beban sebagainya akan sangat cocok. Berbagai latihan tersebut bisa memaksa bagian otot-otot Anda terutama otot perut semakin bekerja. Hal tersebut dikarenakan otot inti harus stabil untuk melakukan berbagai latihan tersebut dengan benar.

Tag : kesehatan
Back To Top