Moms, Begini Cara Membuat Bubur Kacang Hijau di Rumah

bubur

Dwina.net - Salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah memasak. Kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas penting bagi ibu-ibu yang mengurusi rumah dan keluarga. para ibu biasanya bertugas untuk meyediakan berbagai hidangan kepada sang ayah dan para anak-anaknya sebagai bekal untuk beraktivitas sepanjang hari. Selain ragam menu makanan berat yang disajikan, para ibu-ibu juga biasa mengeksplor kemampuan memasaknya dengan membuat berbagai makanan ringan yang enak untuk dinikmati. Salah satu makanan ringan yang sering di cari “emak-emak” ini adalah cara membuat bubur kacang hijau

Jenis makanan yang termasuk makanan ringan ini merupakan masakan yang berbahan dasar kacang hijau. Teksturnya hampir mirip seperti minuman jus. Dengan porsi yang sedang, ternyata makanan ringan ini memiliki banyak kandungan karbohidrat yang mengenyangkan. Nah jika Anda moms ingin membuat olahan makanan ini, kami akan berikan beberapa step/cara yang biasa dilakukan untuk membuat bubur kacang hijau ini.  Tentunya cara ini dapat Anda praktekkan dengan mudah di rumah lho moms. Check this out.

1. Siapkan Alat dan Bahan
Pertama-tama, yang harus Anda siapkan untuk membuat bubur kacang hijau ini adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat yang digunakan yakni panci untuk tempat memasak bubur serta seperagkat alat masak lain seperti kompor dan gas. Sementara bahan yang digunakan dalam proses masak makanan ini adalah kacang hijau, air, gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan. Untuk takaran bahan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk bahan santan ditambahkan pula tepung maizena serta air mineral secukupnya.

2. Proses Membersihkan Kacang Hijau
Setelah alat dan bahan telah siap di meja dapur, langkah selanjutnya adalah memulai memasaknya. Namun sebelum itu Anda harus membersihkan terlebih dahulu kacang hijau. Setelah selesai lalu kacang hijau direndam dalam air bersih selama satu jam, lantas direbus hingga kondisi matang dan empuk. Ada cara yang mudah agar kacang hijau matang optimal. Yakni dengan cara mengatur api pada kompor, Usahakan api tidak dalam keadaan membara dengan artian kompor berapi sedang.

3. Mencampur Bahan
Selanjutnya rebus gula merah dan gula pasir dengan air, aduk hingga merata. Proses ini berlangsung hingga campuran gula larut seutuhnya.Setelah gula merah dan gula pasir dalam keadaan larut, maka campuran gula itu Anda tuangkan ke dalam air rebusan kacang hijau. Gunakan pula saringan agar hasil padatan gula tidak masuk dalam air rebusan kacang hijau. Lalu aduk hingga campuran gula dan kacang hijau menyatu.

4. Masukkan Daun Pandan dan Santan
Jika campuran gula dan kacang hijau sudah menyatu, selanjutnya yakni mencampurkan bahan daun pandan dan santan ke dalam campuran bahan tadi. Daun pandan yang dimasukkan akan memberikan kesan aroma dan rasa yang khas dan wangi yang menarik. Sementara santan yang dimasukkan dalam campuran bahan tersebut memberikan rasa kelapa yang manis dan legit. Sehingga rasa kacang hijau semakin keluar dan menambah kemanisan bubur kacang hijau. dalam pemasakan masakan ini, tunggu hingga air dalam campuran bahan tersebut mendidih agar matang sempurna.

5. Penyajian Bubur Kacang Hijau
Bubur kacang hijau yang sudah matang siap untuk disantap. Langkah selanjutnya yakni dengan menyajikannya ke dalam mangkok yang telah disiapkan. Agar terlihat menarik, pada bagian atasnya ditambahi daun pandan yang diiris. Tujuannya yakni agar menambah harum yang wangi pada makanan.

Itu dia moms cara mudah untuk memasak bubur kacang hijau di rumah Anda. Selamat mencoba!


Back To Top