Bahagia berawal dari Hati

Pernahkah kita merasa tidak bersemangat ketika kita baru saja bangun dari tidur. Padahal tidur adalah saat paling baik untuk mengistirahatkan badan setelah sehari penuh melalukan aktifitas harian yang kadang mengundang emosi dan keletihan.


Kita dapat dengan mudah menikmati hidup kalau kita meletakkan niat yang betul sebaik saja bangun dari tidur. Mungkin kedengaran sedikit aneh, tapi cobalah ketika bangun tidur terus membaca do'a bangun tidur dan tanamkan dalam hati untuk merasa bahagia dan ceria sepanjang hari. Kemudian mandi dan bersholat (bagi yang muslim) dan akhiri dengan berdo'a. Jangan lupa untuk meminta agar di beri rasa bahagia dan bersemangat dalam menjalani hidup.


Kadang kita hanya berdo'a kepada Alloh (Tuhan) dengan do'a-do'a yang lazim. Do'a lazim adalah rangkaian do'a yang membawa maksud umum seperti murah rezeki, panjang umur dan sebagainya. Dan kebanyakan dari kita menggunakan bahasa arab yang mungkin sebahagian dari kita kurang mengetahui artinya. Mengapa kita tidak mencoba untuk menggunakan bahasa yang kita fahami,dan meminta secara khusus agar diberikan jalan keluar terhadap masalah yang sedang di hadapi. Karena setiap dari kita tentu memiliki masalah yang berbeda antara satu dengan lainnya. Bukankah Sang Pencipta itu Pemilik segala apa yang ada dilangit dan bumi?.


Bahagia itu memang datangnya dari diri kita sendiri, persekitaran kita hanya mempengaruhi kira-kira 10 persen dari perasaan yang kita alami dalam hari-hari yang kita lalui. Itu artinya kita masih bisa merasa bahagia walaupun persekitaran kita tidak merangsang kearah itu. Maka itulah, bahagia di katakan berawal dari hati.


Dan berbicara mengenai bahagia, hari ini saya juga termasuk orang yang sedang merasa bahagia. Dengan begitu banyaknya award dari teman-teman blogger semua. Tapi saya mohon maaf bila ada beberapa award yang sudah saya terima hingga tidak lagi saya tampilkan disini.


Salah satunya dari temen yang seneng musik banget, joo izzy, soalnya kalau singgah kesana langsung disuguhin musik. Dan dari seorang ibu yang memiliki wajah tenang serta senyum yang manis mbak Elly. Walaupun saya sudah dapet dari mbak fanny, tapi saya tetap senang menerimanya.


Untuk merasa bahagia tidak harus memiliki rumah mewah dan semua kemewahan karena semakin kita diberi kemewahan dan limpahan harta maka akan semakin beratlah tanggung jawab kita di hadapan sang Khalik. Akhir sekali nikmatilah hidup karena usia kita tidaklah sepanjang mana untuk kita lewati dengan kesedihan dan cobalah untuk tetap bersyukur dengan apa yang sudah kita dapatkan karena bahagia itu awalnya dari hati kita sendiri.
Tag : curahan hati
44 Komentar untuk "Bahagia berawal dari Hati"

Setuju nih, kita bisa bahagia atau tidak tergantung bagaimana kita mengelola hati kita.

Kekayaan materi tidak menjamin kita bahagia.
Kaya yang hakiki adalah kaya jiwanya, jiwanya tenang dan tentram

Pondokku

Duuuhhh yang lagi bahagia... Kadang kalau hati kita sedang sedihpun, berusalah untuk bahagia, karena itu akan membuat kesedihan itu cepat berlalu.
Btw Blognya juga menggambarkan suasana ceria... ada kupu2 yang terbang mengitari blog ini.
Eh, tadi kupu2nya kejepit satu... untung gak mati. Maap ya.. hehehe

Duh jadi tambah bahagia neh. baru aja di publish udah di komentari dan nggak tanggung-tanggung yang mejeng duluan senior-senior nya blogger.. aciiikkk...

@ bang fiko.... kenapa dirimu menjepit kupu-kupukuu.....????

Bahagia berawal dari hati, sedih berakhir dalam hati.
*bingung kan? Aku juga bingun*

Bahagia memang berawal dari hati, kalo berawal dari dompet matreee donggg...
Huahahahahaha
Jokingggg dekkk jokinggg...kalo joging lari lari

Setuju banget .. harus selalu mulai hidup dengan rasa syukur dan satu hal lagi kayailah selalu ingatan dengan peristiwa-peristiwa yang menyenangkan yang pernah kita alami dan buang jauh semua ingatan-ingatan melo yang hanya akan mengundang rasa pesimis.

Balik lagi akh....
Ingat sebuah tulisan yang pernah aku posting
Judulnya : Kisah Sebuah rasa senang.

Mungkin agak sedikit konyol , ada satu pertanyaan yang secara berulang-ulang hampir setiap saat aku tanyakan kepada diriku dan seringkali juga setiap ada kesempatan pertanyaan yang sama aku ajukan kepada teman-teman, pertanyaannya adalah tentang peristiwa-peristiwa apa saja yang merupakan moment yang paling menyenangkan dan membahagiakan dalam hidup. Ada yang dengan cepat dan spontan dapat langsung menjawabnya namun tidak sedikit yang membutuhkan waktu beberapa saat dan bahkan beberapa diantaranya malah tidak bisa menjawab.
Terlepas dari seberapa spontan anda dapat menjawab pertanyaan tersebut, hal-hal yang tidak menyenangkan seringkali menjadi bagian yang lebih dominan dari pikiran kita. Sopir angkutan yang ugal-ugalan tetap mendominasi pikiran kita dari pada jasanya yang telah mengantarkan kita sampai di tujuan, kata-kata yang agak menyinggung dari seorang teman tetap lebih dominan dalam pikiran kita dari pada manisnya hubungan yang telah terjalin selama ini, bagaimana susahnya belajar tetap mendominasi pikiran kita dari pada nikmatnya rasa pada saat dinyatakan lulus.
Ketahuilah kawan, rasa senang, rasa bahagia sangat ditentukan oleh , “dengan pikiran seperti apa kita memulai hari-hari kita “, mulailah hari-hari kita dengan mengingat-ingat segala hal yang menyenangkan, merenungkannya, melihatnya. Hal-hal yang menyenangkan sama banyaknya dengan hal-hal yang tidak menyenangkan namun kenapa kita sering melupakannya pada hal kita tahu bahwa mengingat-ngingat sesuatu yang tidak menyenangkan hanya akan membuat kita tidak bahagia, mendatangkan rasa tidak nyaman dan membuat kita pesimis.
Mari kita mulai hari-hari kita dengan menjawab sebanyak mungkin pertanyaan tentang hal-hal yang menyenangkan dalam hidup dan anda semua boleh percaya jawaban paling atas dari pertanyaan tersebut dalam pikiran saya adalah bahwa saya senang jika melihat anda semua “teman-teman” saya menjalani hari-hari dengan rasa senang dan sukacita.

bahagia membuat hati kita selalu senang

Makasih ya mbak atas pencerahannya.
Apapun yg ada padamu saat ini, bersyukurlah.

Betul sekali, kebahagiaan berawal dari hati...
Manusia yang kaya hatinya akan selalu bisa bersyukur dengan segala pemberianNya...

Nice post Dwina... thanks :)

^_^
anda benar..!
dimana hatimu berada di situlah hartamu berada^^
harta bagiku adalah kebahagiaan yang tulus ^_^

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Memang,kebahagiaan tidak bisa dinilai dengan materi.Orang yang kaya materi belum tentu bahagia,tetapi orang yang kaya "hati" dan mudah bersyukur pasti bahagia.Salam kenal :-)

Iya, kadang2 aku juga membawa kupu2nya pulang, xixixi....
Hidup emang sebuah pilihan Non...

cuma berdoa aja kan mba,itu aja uangele minta ampun...terimakasih sudah mengingatkan

Hati yg bahagia adalah segalanya.....

@Dwina Kupu-kupuku, jgn semuanya, bahagia itu cm bs didapat pertama sekali kl kita menghargai, menerima diri sendiri dengan ikhlas, jujur dan fair. Itu menurut sy lho. Dan yang tau bagaimana membahagiakan diri kita adalah kita sendiri. Silahkan liat postingan awal saya di bulan maret penuh tentang cara meraih kebahagiaan (hehe, promosi lagi).

Kalau kita pandai bersyukur, maka setiap saat kita akan bahagia.... Bagi saya, orang yang cerdas bukanlah orang yang ber-IQ tinggi, tapi orang yang selalu bahagia dalam keadaan bagaimaapun!

terimakasih....

Benar sahabatku
Maka jaga hati ini agar tetap bersih :)

ass.wr.wb
salam hangat dari si kecil mbak dwina, itu putri saya. 4 hari saya off plg ke pangkuan si manis dan sama sekali ga buka blog. Bahagia sekali membaca tulisan di atas, memberikan nuansa yang berbeda ketika saya membacanya.
trims mbak

wah setuju mba, kalau banyak uang tapi hati gak tenang , pasti repot juga :)

tapi akhir2 ini saya jadi lupa baca doa kalau mau tidur, wadooohhhh ... :((

Senin pagi habis liburan, dibuka dengan artikel yang menyentuh hati
Setuju sekali, cukup itu adanya di hati, senang itu adanya di hati berarti harus dijaga hati kita yaa

Yang penting kita slalu syukuri dan nikmati apa yang diberi sama Tuhan...pasti kita akan bahagia selalu...

Dwina sahabatku...
Kemanapun kita cari, kebahagiaan itu tak kan pernah ada... apapun yg kita miliki takkan sanggup tuk menakar kebahagian itu, karena kebahagian itu bukanlah wujud apalagi sebuah nilai namun dia hanyalah sebuah rasa... dan dia ada tak jauh darimu, namun sudah ada di dalam hati nuranimu... ketuklah dia jika kamu ingin memilikinya....cara termudah tuk menggapainya pertama harus mensyukuri apa yg sdh ada di dalam genggamanmu...

pasti dwina lagi bahagia nih, bahagia datangnyadari mata lalu ke hati..

Mba.. bahagia mmg timbul dari hati.. heheh.. maaf mba. baru bisa comment skrg. sibuk bgt euy. blm lg i_net lemot pisan.. aneh.. dibayar mhl2, i_net selemot ini.. hufff :(

setujuuuuuuu
bahagia bermula dari hati
hati yang ikhlas menerima
hati yang ikhlas memberi

Melalui Hati Menjemput Ilahi
(karya Al-Ghazali)

Jadi Terhibur nih mbak sebelku, thanks ya... kadang emang kita lupa bersyukur bahwa dipagi hari kita masih diberi kesempatan untuk bangun dari tidur......

bener2 bahagia tu dari ati ga bisa di ukur ma duit...
ak suka komunikasi ma Tuhan dengan bahasa yang ak tau, justru ngerasa jauuuuuuuh lebih deket aja.. nice posting...

aku pun tetap bahagia jika berkunjung kemari

pernah tuh bangun tidur merasa gak semangat. tapi sekarang udah enggak kok.

wedew keduluan mbak fanni. gpp
kayaknya yang laen sering kesini juga ya.
oya salam kenal juga mbak, teh, buk, tante
ntar aku akan sering kemari deh

Kenapa bangun tidur malah malas...??? karena kita terlena, oleh mimpi ataupun iler yang ngalir tanpa rintangan, karena saat bangun tidur kita baru bangkit dari kepolosan seorang makhuk...!!

bener bgt mba. kdg kala dgn carea berdoalh aku mampu merasa puas dan bhagia skalipun sekelilingku menolakku. ato apapun itu. skalipun keadaan sbnrnya ingin mmbuatku tggelam mati dan hanyut.. hufff...yupsss.. i like this post...
Dgn Tuhan, aku dpt mrasa bhagia.. Maafkn,,, baru brkunjung.. bru sempat skrg. hehehhe

Pencerahan yang sangat bagus Dwi. Tidak ada apapun yg bisa bikin bahagia, bukan harta, bukan anak, bukan seseorang, tapi hatilah sumber kebahagiaan. Thanks for post it.

Tentang sms, itu buat Komputer / PC Dwi, tapi koneksi ke HP, HPnya buat modem.

aku bahagia jika blog aku rame pengunjung..hehehehe
swalayan kaleeee
kebahagiaan itu berawal dari keadaan yang membuat hati senang, bkn berawal dari hati kesenangan itu datang.karena hati hanya bisa menstimulus dari keadaan yang nyata.

smua org mrs kdg sdih & senang Tinggal bagaimana cara kita menikmatinya !!

setujuuuuuu..... bahagia itu pasti dimulai dari hati.... jika hati tenang maka bahagia akan didapat.

ya seenggaknya syukurilah apapun yg terjadi, hehehehehe

hiks...
bener sekali say... daku pernah tuh, bangun pagi gak jelas kenapa moodnya jelek...banget.

tanpa alasan yang jelas...bad mood gitu deh...

mungkin dengan lebih bersyukur dan mengingat Allah, hal-hal tersebut jadi terlupakan yaaaa....

artikel yang sangat mencerahkan sekali,thanks

ya, benar dari hati sekaligus pikiran

Back To Top