Rumpi sore

Lihat gambar ukuran penuh

Mangga adalah buah  berdaging yang mempunyai bentuk, ukuran, warna, aroma dan rasa beraneka, seperti bentuknya yang berbeda-beda. Ada yang bulet penuh, biasa dipanggil mangga gedong, ada yang bulet panjang, namanya mangga harumanis dan mangga manalagi, kalo Mangga kopek bentuknya bulet pipih, sedangkan yang bentuknya lonjong namanya mangga golek. 

Walaupun bentuk, ukuran, warna, dan rasa  mangga itu macem-macem, tapi dari segi gizi semuanya hampir nggak jauh beda. Mangga yang sudah masak  mengandung air sekitar 82 persen, vitamin C 41 mg, dan energi/kalori 73 Kal per 100 gram. Berbeda ama mangga muda, mangga yang masih mentah mempunyai kandungan air lebih kurang 84 persen, vitamin C 65 mg, dan energi 66 Kal. Energi dalam mangga muda lebih rendah karena lebih banyak mengandung zat pati, dan kalo sudah masak  akan berubah menjadi gula makanya mangga yang udah masak itu  terasa manis. Tapi jangan kuatir ama gula dalam buah mangga karena kandungan gula ini didominasi oleh gula golongan sukrosa. Biasanya kandungan gula dalam mangga berkisar 7-12 persen tapi kalo mangga manis kandungan gulanya bisa mencapai 16-18 persen.


Mangga juga mengandung vitamin C yang cukup layak diperhitungkan. Karena setiap 100 gram bagian mangga masak,  memasok vitamin C sebanyak 41 mg, kalo mangga muda bisa mencapai 65 mg. Nah ketauan kan kalo mangga itu bukan cuma enak tapi memiliki zat gizi yang penting untuk tubuh. Ada lagi nih, mangga juga dapat membantu untuk mengurangi resiko terkena stroke lho, karena tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebanyak 189 mg.

Setiap apa yang Tuhan ciptakan itu semuanya tidak ada yang sia-sia kan, lalu kenapa tiba-tiba hari ini saya menceritakan tentang mangga?? itu karena buah kesukaan saya adalah mangga dan ketika saya menulis ini, saya tengah menikmati mangga muda yang sudah didinginin semaleman. Setelah sebelumnya dikasih air plus gula dan irisan cabe kecil. Rasanya...... mak nyusss 




Tag : iseng
47 Komentar untuk "Rumpi sore"

Pertamaxxxxxxxxxxxxx

jadi pengen makan,,,

@manusia hero: dirimu memang hero yah. blom ada semenit tak kibarkan udah komen duluan heheh thanks ya

manggga yang segarr apa lagi di campur kolding

Wah,heboh ma mangga toh. Tp kok pengenya duren yah?.. Msh ada mbk? Bukan mangga! Tp duren nya?

mangga muda? pertanda apakah itu? ha ha ha..guyon ya...makan mangga kok gak ngajak2 sih?

Rumpi atau ngidam mbak, xixixix

mangga muda? wah jangan-jangan nyidam..

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

demen banget ngerumpi ya si uni nih :))

ahhhh mau dong win kirimin ke dublin mangganya!!!!

dikasih irisan cabe? gimana rasanya ya?

waaa..saya jg suka bikin tuh manisan mangga yg pedes...
omong2 emang ini sdh musim mangga??..

Weh, ternyata..yang ketemu kemaren di pasar malem ki mangga...!!!

baru tau aku setelah disebutkan ciri2nya sama n=mbak dwina....

kumaha eta? irisan cabe? manisan cianjur nyak!

minum juice enak nih, apalagi dijamu oleh dwina.

malam.mampir lagi nih..mudah2an ngga bosen ya..:)

Aku suka mangga mbak..
kalo muda dibuat rujak
kalo mateng di buat jus..

tapi lebih seneng kalo pas ke Bandung
mangga atuh ketemu Aa'
he..he

hehehe...itik...itik...bisa ajah..
oiya aku meski cowok maniak juga ama manisan/rujak mangga mbak....bener2 maknyuuuus....bikin berkeringat....

itu buah memang spesial banget, di cina namanya buah dewa ya...

Berarti buat yang seneng diet lebih bagus mangga muda ya, rendah kalori dan kaya vitamin C. Kalo yang pingin gemuk makannya mangga yang mateng.

Mangga muda? Oh pliiiissssss.... Gak banget dah. Yang ada aku sakit perut. Btw gak lagi ngidam kan,. Win? Hehehehee

kaum adam yang mau belajar merayu win, makanya pada ngevote cute,hehehe

Ada cerita tentang orang jawa yang jualan mangga, di jawa mangga manalagi di sebut mangga madu. kebetulan stok mangganya tingal dikit.

Suatu hari ada orang laki2 dari medan membeli :

Pedagang : Mangga.. mangga... mangga madu manis!
Pembeli : Bu jualan mangga ya...
Pedagang : Iya pak mau beli... mangga ini manis
Pembeli : Oh.. ini mangga manalagi ya buk?
Pedagang :(sambil berfikir..?!?!?!?) bukan
mangga madu jawabnya...
Pembeli : endak saya tanya ini mangga manalagi?
Pedagang : Oh maaf sudah habis tinggal ini doang
Pembeli : saya tanya ini mangga manalagi?
Pedagang : Oh maaf sudah habis ( "dibilang habis
ngeyel oerng ini",gumamnya)
Pembeli : Gimana sih ibu ini, ditanya nggak
nyambung.
Pembeli : Bu saya mau beli mangga manalagi
ini..!!! sambil nunjuk kan jari
telunjuknya
Pedagang : Gimana sih bapak ini saya kan sudah
bilang sudah habis mangganya tinggal
ini saja
Pembeli : Ya udah lah berapa harganya?
lanjutnya
Pedagang : nah gitu dong kita nggak usah
berdebat, soalnya mangganya memang
sudah habis.. tingal ini saja, 1 kg.
Rp 5.000,-
setelah membayar pembeli pergi sambil bergumam, dasar penjual sinting, ditanya apa ini mangga manalagi jawabnya kok habis melulu. ah sebel deh hari ini. (created by nurhasim/gnet, special for follow my blogs, thank you. I'll add as my frieng in blogroll)

Mangga muda + sambel terasi enak tuh buat lalapan.. nyemmm sampe ngiler kalo mikirin mangga... he.. he...

Sedang makan mangga? Tidak sedang ngidam kan?
hehehe...... kaburrrrrrrrr

Mangga ?!? Enak tuh... jadi pengen nih... Bagi dong...

Koq km gak bilang ke aku sih Yank....
Kan ntar aku bisa ambilin km mangga tetangga....

Masak uda jadi sih? Kan kita baru sekali chatingnya, hahahaha...

Knp ni malem km gak ol??

malam malam gini enak nih makan mangga

Waah resepnya bagus neeh,, tapi setelah aku coba Eeh anaas hehe!! mungkin karena ke banyakan cabenya kali yaa??

Salam kenal Bu guru,,kapan--kapan mampir yaa??

mangga ya?

mau dong mba asinan mangganya, kayaknya enak ngeblog sambil makan yang asem-asem.

Saya baru saja sarapan jus mangga, memang rasanya enak yaa.... Saya kadang berfikir betapa sayangnya Alloh swt kepada manusia, Alloh memberikan berbagai macam tanaman dengan berbagai macam musim, mungkin supaya manusia nggak bosen, walaupun ada buah yang nggak kenal musim. Variasi ini membuat manusia terpenuhi kebutuhannya dan juga tidak bosen, ini sama lhoo dengan ibadah yang bervariasi, sehingga manusia tidak bosen dan tidak monoton. Subhanalloh...

hmmm..tentu sangat menyegarkan pula jika dinikmati sudah matang apalagi saat panas2 begini...

ngerujak nih ya, mbak aku mau dunk, tapi jangan dikais batunya aj. wkwkwk

sudah pasti dong apapun yang diciptakan-Nya ada manfaatnya. hanya kadang manusia itu aja pemalas untuk cari tau.

dirumahku banyak mangga neh.
baru berputik

datang berkunjung. melihat mangga jadi pengen rujak.

btw shoutmix dimana yah?

Wah ini buah kesenangan saya Win. Paling enak mangga harum manis, rasanya sangat manis dan harum, bijinya juga tipis banget. Dah pernah coba belum?

dwi aku suka banget sama mangga semakin tahu manfaatnya semakin suka trims infonya ya.

ass.
lagi mumet gini, makan mangga betul2 fresh banget mbak. Sy lg krg sht, kayaknya sedap banget makan mangga nii. nyari ah..go to pasar buah ah..
sy ga jadi titip hafung mbak..he..he..
mari assalamaulaikum

mangga bisa buat pup ya hehheh....

cerita yang bagus kak :)...
btw thanks dah mengerti tentang puisi aku,..
btw klo leh tau knapa kok bisa mengartikan klo memang puisi itu bahkan semuanya itu kurang lebih tentang aku dan kehidupanku???
untuk ramalannya thanks yah klo qm juga berpikir sama bahwa tak percaya kiamat akan berlangsung tahun 2012 n kiamat itu bisa kapan saja..bahkan nabi sekalipun tak pernah ada yang tau kapan kiamat itu akan datang...
salam kenal juga ya kak...tulisanmu bagus deh,..jadi banyak belajar neh sma kakak...

thanks..

Eh.. kemaren nita ngerujak mangga cengkir lho Na! Dan hari ini, bawa jus mangga buavita ke kantor. Kita lagi bermangga2 ria nih kayaknya :D

jiahhh, saya kegepet di akhir komentar huhuhu, kemarin gak ngecekin dashboard :D,,

ehm suka mangga ? saya lebih suka semangka hahaha, apakah mba dwina semanis mangga ? ya iya donk :D

jalan-jalan sore, sambil baca-baca dan ninggalkan jejak ;)

jalan-jalan malam keblog sobat, jangan bosan ya lain kesempatan ku hadir kembali :)

iiihhhh aq gak suka mangga, buah kecut2 aq gak suka ach, kecut, asam...... pokoknya gak suka....

Back To Top